Asal Mula Hacker dan Anonymous

Hacker berasal dari bahasa inggris, yang artinya peretas. Hacker adalah orang yang mempelajari, menganalisa, memanipulasi, dan menerobos sistem komputer. Teknologi meretas komputer berawal, pertama kali di Massachusetts Institute of Technology (MIT).
Tepat pada Laboratorium Kecerdasan Artisifial, para anggota organisasi Tech Model Railroad Club, memunculkan terminologi peretasan. Pada mulanya hacker tidak mendapatkan stigma yang negatif. Namun pada tahun 1983, kelompok kriminal dengan nama The 414s berhasil di ciduk oleh FBI.
Kisah ini sempat menjadi viral oleh masyarakat dunia dan di ceritakan dalam bentuk film dokumenter dengan judul The 414s : The Original Teenage Hacker dan di tayangkan dalam kompetisi Festival Film Sundance, tahun 2015.

Kelompok kriminal tersebut berhasil di tangkap di Milwaukee, Amerika Serikat. 414 sendiri adalah kode area lokal mereka. Dari data yang di peroleh, 414 berhasil membobol 60 buah komputer, dari komputer milik Pusat Kanker Memorial Sloan-Kettering hingga komputer milik Laboratorium Nasional Los Alamos. Satu dari pelaku tersebut mendapatkan kekebalan hukum karena testimoninya, sedangkan 5 pelaku lainnya mendapatkan hukuman masa percobaan. Seiring dengan perkembangan istillah hacker mulai akrab dengan sebutan Anonymous. 
Istiilah Annonymous mulai tenar pada tahun 2010. Saat itu sekelompos hactvis yang mengaku berhasil meretas sistem Playstation Network, meski masih di ragukan.
Annonymous adalah sekelompok aktivis yang di bentuk pada tahun 2003. Komunitas ini biasanya menggunakan topeng Guy Fawkes yang di kenal dengan V for Vendetta. Berikut adalah slogan yang terkenal dari kelompok mereka ;



Post a Comment

1 Comments