Mengenal Mobile Parenting

Perkembangan teknologi informasi tidak hanya dapat di rasakan oleh mereka yang berada dalam tahap dewasa, namun juga bagi mereka yang masih dalam tahap, mengenal dunia( anak-anak ). Pada tahun 2015 ,Google Official Blog mengatakan ;
" Ketika kami menjadi anak-anak, jika kita menginginkan untuk belajar lebih tentang gorilla atau bagaimana cara membuat pertemanan bracelets, orang tua kita menyarankan kita untuk menggunakan ensiklopedia atau menyuruh kita ke perpustakaan, ketika kita ingin melihat kartun, kita bangun lebih cepat pada sabtu pagi. Hari ini, anak-anak telah memiliki yang lebih baik ".
Kemudahan memperoleh informasi juga di barengi, dengan besarnya dampak negatif yang timbul. Di antaranya adalah, pornografi, cyberbullying, over gaming, dll. Oleh karena itu di perlukan sistem mobile parenting. Mobile parenting, adalah sistem yang di kendalikan dan organisir oleh orang tua, untuk memantau aktivitas anak dalam penggunaan gadget dan bahkan lebih.
Dengan memanfaatkan konsep mobile parenting, banyak developer yang terinspirasi mengembangkan prototipe aplikasi untuk men-support kegiatan tersebut. Di antaranya

BipBip


BipBip adalah nama dari smartwatch yang di produksi oleh PT Devond Technologi, Surabaya, Jawa Timur. September 2015, BipBip resmi merilis varian smartwatch untuk anak-anak. Terdapat fitur SOS/Calling, yang memungkinkan anak, untuk dapat langsung menghubungi orang tua dengan mendaftarkan tiga nomor telepon di dalamnya. Selain SOS, juga terdapat fitur Tracker, untuk memberikan informasi keberadaan anak pada orang tua, melalui aplikasi yang terhubung BipBip.

KAKATU


Kakatu berbentuk Android Launcher, sehingga sulit untuk di ganggu oleh anak-anak. Kakatu sendiri di dirikan oleh Robi Tanzil Ganefi. Kakatu termasuk dalam kategori mobile parenting pertama di Indonesia. Di dalamnya terdapat berbagai fitur, di antaranya adalah Riwayat Aktivitas Anak. Dengan fitur ini orang tua dapat dengan mudah melihat aplikasi yang sudah di akses oleh anaknya.

Screen Time Parental Control


Dari namanya, kita akan segera mengetahui, bahwa aplikasi ini menyediakan fitur batas waktu penggunaan pada anak saat mengakses smartphone. Tidak hanya itu, kita juga dapat melihat riwayat akses sang anak, dan mengatur penggunaan aplikasi yang di izinkan.

Post a Comment

0 Comments