Ilmu Tentang IoT

Beberapa waktu lalu, tepatnya Minggu, 26 November 2017, Universitas Ahmad Dahlan, Yogykarta mengadakan seminar bertemakan IoT (Internet Of Things) dengan mengundang pemateri dari pada Novan Hartadi, ST, M.Sc, Research and Bussiness Development General Manager, PT Gamatechno Indonesia, dan Juga Andri Febriansyah, M.T, Enterprise CRM PT. Telkom Regional Yogyakarta.

Pak Andri menjelaskan, bahwa terdapat perbedaan antara Internet dengan internet. Perbedaan kedua terletak pada huruf i. Internet dengan awalan huruf i kapital mempunyai makna merujuk pada interconnected network yang skalanya sangat besar (dunia), sedangkan internet dengan awalan huruf i kecil, melambangkan interconnected dalam skala yang kecil. Mengenai pemahaman beliau tentang IoT, IoT merupakan konsep menghubungkan perangkat-perangkat apapun, baik  ke Internet atau antar perangkat saja.

Perangkat-perangkat tersebut dapat berubah benda yang dekat dengan keseharian kita. Benda tersebut di tanamkan mikrokontroller atau mikrokomputer, dengan berbagai modul sensor untuk menangkap jenis data yang di perlukan. Dalam praktik yang sesungguhnya, perangkat tersebut tidaklah harus terhubung ke internet.

Beliau juga menjelaskan bahwa standarisasi IoT, masih belum di dapat di realisasikan, karena luasnya konsep pemikiran mengenai IoT. Namun, jika proses standarisasi dapat di lakukan, maka harusla melibatkan 4 komponen, yaitu ;
  1. Platform
  2. Konektivitas
  3. Bisnis Model
  4. Aplikasi
Beliau juga menjelaskan bahwa, generasi millenium haruslah bisa berkembang dengan memanfaatkan ketersediaan yang ada, seperti internet
" Anak jaman sekarang, kalo buka hp, kerjaanya chatingan, buka cari informasi, buka google ketika ada tugas " katanya sambil tertawa.
Di mulai dari pemanfaatan aplikasi browser untuk pencarian data yang berkesinambungan dalam proyek yang akan di rancang.
IOT dalam Industri
Pengembangan IOT juga dilakukan oleh PT Gamatechno, melalui berbagai macam studi kasus. Sebelum memaparkan studi kasus tersebut, beliau menjelaskan tentang ekosistem IOT
Beliau juga menjelaskan tentang komponen-komponen yang harus ada pada IoT, yaitu;
  1. Sensors
  2. Connectivity
  3. People and Process
PT Gamatecho juga menyediakan modul pembelajaran IoT yaitu Node MCU ESP8266, yang telah mendukung konektivitas WiFi menggunakan standar protokol MQTT.
Studi kasus yang dilakukan oleh PT Gamatechno sendiri meliputi TransJakarta, dengan mengumpulkan data berupa jalur yang dilewati, tingkat kepadatan koridor, jumlah bus yang aktif, jumlah penumpang, dan lain-lain.
Foto Seminar

Post a Comment

0 Comments