Cara Merawat Laptop Agar Awet

Merawat Laptop adalah bagian terpenting yang tak boleh di abaikan. Kebersihan laptop merupakan salah satu alasan mengapa laptop awet dan tidak cepat rusak. Tentu saja akan banyak hal yang terjadi, apabila laptop tidak di rawat dengan baik, seperti sering ngeblank, ngelag atau lemot, not respond, bunyi kipas ( ngiiiiink ) yang kuat, dan banyak lagi. 
Merawat laptop bisa di lakukan dari kedua sisi, yaitu sisi software dan juga hardware.
Berikut ini adalah beberapa cara merawat laptop agar awet dari kedua sisi komputer.

 Memperhatikan kebersihan monitor dan keyboard

Sebenarnya, kita dapat membersihkan monitor hanya dengan menggunakan tisu ataupun kanebo. Tetapi, akan lebih afdal menggunakan cairan pembersih. Di percaya dengan cairan tersebut, mampu menjadikan tampilan monitor lebih kinclong dan bebas debu untuk waktu yang lama. Selain itu, juga terdapat sapu kecil yang berguna untuk membersihkan keyboard. Bisa jadi, tombol keyboard yang low respon atau bahkan tak berfungsi, akibat jarang di bersihkan.  Ikuti tautan  di bawah ini, apabila anda berniat membelinya secara online
LCD-Screen-Cleaning-kit , cleaning-screen-kit.
Baca di sini untuk Penyebab Laptop Sering Blue Screen

Membersihkan fan internal Laptop

Cara ini tidak dapat di lakukan oleh sembarang orang. Admin tidak menyarankan anda untuk buru-buru membongkar laptop lalu membersihkan fan internal laptop, apalagi jika anda tidak memiiliki cukup pengalaman dalam bongkar-pasang laptop. Mungkin 2 bulan sekali, laptop anda dapat di bersihkan ke tempat service yang terpercaya.

Tidak digunakan sambil di charge dalam waktu yang lama

"Itu Laptop atau Komputer ". Mungkin ejekkan ini yang sering anda dengar, apabila melihat teman anda, yang laptopnya tak bisa on tanpa aliran listrik. Tak perlu di jelaskan lagi, salah satu sebabnya, karena seringnya penggunaan laptop sambil di chage dalam jangka waktu yang lama. Selain dapat merusak baterai menjadi "kembung", adaptor yang di gunakan mengalami malfunction. Bahkan dalam beberapa kasus, bisa berpengaruh pada motherboard lo. Apabila benar-benar lagi butuh laptop sambil di charega, cukup lakukan sampai icon batterai terisi setengahnya.

Gunakan Antivirus yang sesuai

Mengenali antivirus yang sesuai dengan laptop, termasuk dalam langkah-langkah terbaik merawat laptop dari sisi software.  Admin sendiri menggunakan avast antivirus, selain memberikan perlindungan virus yang sangat baik, juga tidak memberatkan komputer.

Optimalisasi dan defrag disk

 
Ada banyak aplikasi  yang sering digunakan untuk men-defrag disk di antaranya auslogic boot speed, tuneup utility, disk defragmenter, dan lain-lain. Namun, kita dapat melakukannya tanpa aplikasi. Cukup dengan membuka windows explorer, pilih disk yang ingin di defrag, klik kanan, lalu pilih tab Tools, klik tombol Optimise, tunggu hingga proses selesai.

Post a Comment

0 Comments