Macam-macam Jaringan Komputer - LENGKAP


Macam-macam jaringan komputer. Setelah sebelumnya kita membahas Pengertian dan Manfaat Jaringan Komputer, saat ini kita akan membahas jenis-jenis dari jaringan komputer. terdapat empat pembagian jenis jaringan komputer berikut diantaranya :

1. Berdasarkan Jangkauan Geografis 

Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauan Geografis dapat kita lihat pada kehidupan sehari-hari karena jenis jaringa ini sangat sering kita jumpai. terdapat tiga jenis dalam pembagian jaringan berdasarkan jangkauan geografis :
a. LAN
Image result for computer network images lan
LAN merupakah singkatan dari LOCAL AREA NETWORK, merupakan jaringan yang jangkauan terkecil atau mencakup wilayah kecil saja, dapat kita lihat contohnya di kantor, warnet, atau sebuah sekolah.

Jaringan LAN umumnya menggunakan teknologi ethernet atau kabel yang saling terhubung, namun terdapat juga teknologi nirkabel pada LAN seperti Wi-Fi untuk jaringan LAN, untuk jangkauan dari jaringan jenis LAN mulai dari 1-10 km.

b. MAN
MAN merupakan singkatan dari METROPOLITAN AREA NETWORK, merupakan jenis jaringan komputer yang menjangkau suatu wilayah atau kota dengan kecepatan transfer data yang cukup tinggi.

Jaringan MAN dapat pula diartikan gabungan dari beberpa jaringan LAN. jaringan ini dapat menjangkau mulai dari 10-50 km.

c. WAN
Related imageWAN atau WIDE AREA NETWORK merupakan jenis jaringan yang luas mencakup suatu daerah atau geografis yang luas, contoh jangkauan dari jaringan ini adalah antar negara atau bisa juga antar benua.
WAN umumnya digunakan untuk menghubungkan dan mempermudah komunikasi pengguna antar negara yang memiliki wilayah yang cukup jauh. Jaringan WAN sendiri dapat menjangakau jarak 100-1000 km.

2. Berdasarkan Media Transmisi Data 

Image result for computer network images  Wired Network


Jaringan Komputer berdasarkan media trasmisinya terbagi atas dua jenis :
a. Jaringan Kabel atau Wired Network
Jenis jaringan dengan kabel umumnya untuk mengubungkan satu computer dengan computer lainnya dibutuhkan media berupa kabel jaringan. Kabel jaringan ini umunya disebut UTP/STP dan juga terdapat kabel jaringan Fiber Optik, kabel pada jaringan berfungsi untuk mengirimkan data dalam bentuk sinyal elektrik antar computer yang terhubung dalam suatu jaringan.


b. Jaringan Nirkabel atau Wireless Network
Merupakan jenis jaringan computer yang mengirimkan datanya tanpa kabel atau dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. 
Gelombang elektromagnetik pada jaringan ini akan bekerja menjangkau perangkat yang terhubung dengan nya untuk mengirimkan data dengan lebih mudah.

3. Berdasarkan Hubungan dan Peranan tiap Komputer dalam memproses data

Image result for computer network images  Jaringan Peer-to-peera. Jaringan Peer-to-peer
Pada jaringan ini semua perangkat computer memiliki kedudukan atau memiliki peranan yang sama, yaitu setiap komputer dapat menerima dan mengirimkan suatu data

b. Jaringan Client-Server

Sedangkan pada jaringan komputer jenis Client-server berbeda dengan jaringan peer to peer yang setiap computer dapat mengirim dan menerima data. Pada jaringan client-server yang dapat mengirimakn data hanya komputer server dan komputer client hanya dapat menerima data.

4. Berdasarkan Distribusi Sumber data atau informasi

Image result for computer network images  Jaringan Distributed Network
a. Jaringan terdistribusi (Distributed Network)
Merupakan jenis jaringan computer yang memiliki atau terdiri dari beberapa computer inti atau host/server. Komputer inti (server) ini berfungsi sebagai pusat layanan data yang disediakan komputer server untuk dapat diakses atau digunakan oleh komputer lain(workstation).


b. Jaringan terpusat (Centralized network)
Jenis jaringan komputer terpusat merupakan jenis jaringan komputer yang memiliki sebuah komputer server dan komputer klien yang menerima layanan data dari komputer server.

Post a Comment

0 Comments