Hargai Hak Cipta, Google Hapus Fitur View Image

Bagi anda seorang yang berkecimpung dalam dunia internet, pasti tidak akan asing lagi dengan fitur view image tepat di samping fitur visit ketika hendak menggunakan menggunakan Google Images untuk mencari gambar yang diinginkan. Namun, 16 Februari kemarin, kita tidak dapat lagi menggunakan fitur tersebut. Google selaku pemilik, telah menghapusnya. 



Dengan fitur view image tepat di samping visit, kita tidak perlu mengunjugi situs untuk melihat gambar.
Lantas apa sih ruginya tidak ada fitur View Image
Toh, kita masih bisa men-download gambar yang diinginkan dengan klik kanan, view image, lalu save ke penyimpanan perangkat yang kita miliki. Meskipun membingungkan para netizen, langkah yang di ambil oleh Google ini adalah bentuk konsekuensi gugatan Getty Images terhadap pelanggaran hak cipta oleh Google yang diajukan sejak awal tahun 2016. Selain itu Google sudah memperlihatkan tentang informasi hak cipta dan memperbaiki atribusi foto. Google juga telah menghilangkan fitur search by images. Kita juga tidak bisa lagi, mencari 1 gambar untuk banyak ukuran, Semisal kita mencari gambar kucing lucu, di Google Images, maka yang tampil hanyalah ukuran asli. Biasanya kita akan menemukannya di samping nama situs. Jika klik, maka akan muncul berbagai macam ukuran dari kemungkinan gambar tersebut.


Dengan hilangnya fitur view image dan fitur-fitur yang lain, diharapkan kesadaran aktif pengguna internet untuk selalu memperhatikan konten dan dan menghargai hak cipta suatu gambar.

Post a Comment

0 Comments