Mengenal Sosok Visual Effect Designer di Balik Film Cast Away & Spiderman

Pernah menonton film Cast Away ?
film yang dibintangi oleh Tom Hanks dan Zemeckis yang terkenal tahun 2000an. Film yang bergenrekan drama tersebut mampu mengcampur adukkan hati para penonton. Dari film ini pulalah, Tom Hanks dinominasikan sebagai Best Actor in a leading Role pada 73rd Academy Awards dan di anugrahi penghargaan Best Performance by an Actor in a Motion Picture pada 58th Golden Globe Awards.

Atau film yang bergenre action, seperti Spiderman, di produksi tahun 2002, di bintangi oleh Tobey Maguire, dengan sosoknya MJ-nya, Kristen Dunst.

Atau film Hollywood lainnya, seperti " Mission to Mars ", " Fantasia 2000", dan " The Fifth Element ". 

Terdapat sosok-sosok penting dibalik kesuksesan film tersebut, di antaranya Eric Hanson, Visual Effect Designer, yang mengkhususkan diri dalam penciptaan lingkungan digital.
Selain bekerja sebagai Visual effect designer, beliau juga bekerja sebagai seorang animator.

Dia juga telah menulis empat DVD pendidikan di lingkungan digital untuk lokal karya Gnomon, telah menerbitkan dua buku tentang teknik maya.

Berikut ini adalah beberapa dari sekian banyak pengalaman kerja beliau, diantaranya :

CEO, dari xRex Studio ( November 2006 - saat ini ), 

Studio produksi, pencitraan kreatif dan efek visual yang mengeksplorasi dan menerapkan teknologi VR ( Virtual Reality ), CGI ( Computer Graphic Image ), dan fotografi komputasi

Visual Effect Supervisor, Visura Imaging ( September 2005 - July 2006 )

Kontraktor untuk 50 shots, " The Real For Flight", sebuah dari dokumenter HD National Park Service di Wright Brothers untuk Aperture Films

Senior Producer, The Gnomon Workshop ( Agustus 2004 - Agustus 2005)

Bertanggung jawab untuk  mengawasi dan mengembangkan jajaran baru judul pendidikan DVD yang mencakup berbagai aspek visual.  

Digital Supervisor, Walt Disney Feature Animation ( April 1997 - Maret 1999 )

Memimpin Visual Development Artist untuk segmen "Interstisial" dari "Fantasia 2000". Pengembang konsep dan desian digital dan live-action orkestra. Bekerja sama dengan Sutradara Don Hahn.  

Selain itu, Ia juga menjabat sebagai assosiate proffesor di USC School of Sinematic, di Amerika Serikat.
Saat ini, beliau sedang fokus menjalankan program bernama SAE ,untuk pengerjaan teknis pada desain efek visual yang di kerjakan. Beliau juga berencana akan mengunjugi Candi Borobudur, untuk proyek animasi.

Saya bulan ini( Februari ) berencana akan ke Borobudur untuk proyek animasi. Secara pribadi saya suka melakukannya untuk melihat perbedaan budaya di seluruh dunia. Ada sesuatu yang magis, ini yang saya terpesona, ungkap beliau
Berikut video tanggapan beliau, mengenai industri animasi di Indonesia.

 

Post a Comment

0 Comments