Sejarah Unik dan Perkembangan Teknologi Browser Terbaru-2018

Sebutkan nama browser yang kamu ketahui ? 
Mungkin jawaban anda tidak akan jauh-jauh daripada Chrome, Mozilla, Opera, UC Browser, Internet Explorer, Opera Mini,  Safari, Compas, dan lain-lain. Mungkin sebagian anda paling banyak menggunakan Chrome sebagai mesin pencari di internet. Tak bisa di pungkiri, Chrome adalah browser yang paling banyak digunakan bersama dengan Mozilla.

Bagi anda yang berkecimpung di dunia IT,  tidak akan asing lagi dengan teknologi browser pertama di dunia, yaitu Mosaic yang berubah nama menjadi Netscape Navigator.  Sebenarnya membahas tentang teknologi browser, sangat erat hubungannya dengan sejarah internet, www yang diciptakan oleh Tim Berners Lee, tahun 1991 dan juga perkembangan bahasa pemrograman web. Anda bisa membaca lebih lanjut tentang perkembangan internet, di sini

Ingin belajar koding website ? Coba klik di sini www.kodingwebsite.com 

Membahas tentang browser war, perkembangan browser, bukanlah sesuatu yang sangat membosankan, bahkan sangat menarik dan menambah wawasan kita sebagai orang-orang yang passion nya di bidang jaringan website. Berikut adalah ulasan singkat mengenai sejarah dan perkembangan teknologi browser, dengan menempatkan beberapa poin-poin penting, diantaranya;

Web Browser Pertama Kali dan Hal Unik di Dalamnya


Seperti yang telah di singgung sebelumnya, Netscape Navigator adalah browser pertama didunia. Sebelumnya Netscape Navigator, bernama Mosaic Netscape 0.9 yang dirilis akhir tahun 1994. Tidak hanya nama produk, nama perusahaan yang semula bernama Mosaic Communications berubah nama menjadi Netscape Communications

Perubahan nama ini di tujukan untuk menghindari masalah merk dagang dengan NCSA (National Center for Supercomputing Applications).

Yang unik dari proyek pertama kali dari perusahaan yang didirikan oleh Marc Andreessen ini adalah, mereka menamakan codename untuk menyebut Mosaic Netscape mereka dengan "Mozilla", singkatan daripada "Mosaic Killer". Yang secara jelas mengambarkan bahwa browser Mosaic Netscape akan membunuh NCSA Mosaic dan menjadi web browser yang paling populer didunia. Marc Andreessen sendiri, bekerja sebagai pemimpin proyek di NCSA Mosaic, sebelum mendirikan perusahaannya sendiri.

Hm.. apakah ini, sebagai ungkapan kekesalannya saat bekerja di proyek NCSA Mosaic ?
Bahasa yang di pergunakan dalam web browser ini adalah bahasa pemrograman JavaScript selain tentu saja HTML dan CSS.

Brendan Eich

Mungkin anda mengira bahwa pencipta, bahasa pemograman ini adalah Marc Andreessen, tidak salah 100%. JavaScript sendiri hasil penyempurnaan bahasa LiveScript yang di rilis untuk penggunaan Netscape Navigator 2.0, tahun 1995. Sebelum berubah, nama dari LiveScript menuju JavaScript, Mocha adalah nama asli dari JavaScript. Mocha adalah protipe yang diciptakan oleh Brendan Eich, programmer yang bekerja di MicroUnity Systems Engineering, saat itu.

Perang Dunia Browser dan Kebingungan Para Programmer

Hanya Ilustrasi Ketatnya Perang Browser Saat Itu
Layaknya perang terbesar teknologi lain, seperti di bidang sistem operasi, ada Windows dengan Linux,  Smartphone ada Samsung dengan Iphone,  di lintas per ojekkan, ada Gojek dengan Uber, dan lain-lain. Nah pada perang web browser yang pertama ini, ada 2 kubu besar, yaitu Netscape Navigator yang menjadi wakil dari Netscape Communications dan Internet Explorer yang menjadi wakil dari Microsoft.

Perang ini dimulai pada tahun 1995. Senjata yang digunakan kedua perusahaan ini berfokus pada bahasa pemrograman. Bila saat itu, Netscape Navigator menggunakan JavaScript, Internet Explorer menggunakan JScript.

Tentu saja, selalu ada dampak negatif dari sebuah peperangan, bila pada peperangan nyata terjadi pertumpahan darah, lain hal dengan browser war. Pihak yang paling dirugikan saat itu adalah para programmer.

 
Bingung belajar Koding web ? coba di sini

Mengapa ? karena saat itu, standar HTML belumlah di ciptakan, dan masih berpaku pada versi 1.0, programmer harus membuat 2 kode program, agar bisa di jalan di kedua browser. Terbayang kan ? apa jadinya bila standar HTML hanya sampai pada versi 1, dan tidak sampai versi 5, atau HTML 5. Di tambah web browser yang baru terus bermunculan.

Ya kali, bila ada 5 browser, harus buat 5 program atau script berbeda, agar bisa tampil di 5 browser.Tak jarang, saat itu programmer hanya memiliih salah satu dari kedua web browser tersebut.

Era peperangan ini berlangsung sampai tahun 2002, dengan keluar sebagai pemenang saat itu, Internet Explorer. 96% pasar web browser di miliki oleh Microsoft.

Bangkitnya Netscape di Perang Dunia Kedua

Netscape mulai bangkit
Setelah mengalami kekalahan dari rivalnya, Netscape membuat gebrakan yang luar biasa, dengan menciptakan produk terbarunya yang bernama Mozilla Firefox. Dengan cepat Firefox menjadi web browser kedua terbanyak digunakan setelah IE.

Awalnya, nama Phoenix lah yang ingin di gunakan sebagai web browser, namun karena nama Phoenix adalah trademark daripada perusahaan Phoenix Technologies. Nama ini urung di gunakan.

Dengan fiturnya yang mampu men-support, tabbed browsing, session restore, dan spell-checker, hampir 30% pasar web browser di kuasai oleh Firefox.

Hadirnya Chrome dan Perkembangan Persaingan Browser

Munculnya Google Chrome
Harapan Netscape untuk menjadikan Firefox, web browser nomor 1 di dunia, menjadi pupus, dengan kedatangan Chrome, tahun 2008. Di dukung dengan promosi atau iklan dimana-dimana, serta mantabnya algoritma yang digunakan Google untuk produknya ini, menjadi chrome, web browser menjadi browser yang paling banyak digunakan hingga saat ini.



Berikut adalah data statistik persaingan web browser di dunia terbaru, diambil dari situs statcounter. (Situs statistik dunia yang terkenal).

Periode Januari 2017 - Desember 2017

Begitulah alkisah dari teknologi browser, temukan berbagai sejarah menarik lainnya hanya di Lautan-it.com, di jamin enak membacanya. Salam hangat admin :)

Post a Comment

0 Comments