TC 39. Team 7-nya Naruto dalam Dunia Pemrograman

Naruto ? Siapa yang tidak mengenal serial kartun Jepang yang satu ini. Berlatar belakang sebagai seorang ninja yang ingin menjadi Hokage serta menghapus kebencian didalam dunia ninja untuk menghindari peperangan dan mencapai kedamaian. 
Tentunya anda tidak asing lagi dengan Team 7, yang beranggotakan Hataki Kakashi, Uzumaki Naruto, Uchiha Sasuke, dan Haruno Sakura. Dalam perjalanan kisahnya, terdapat berbagai rintangan yang dihadapi, mulai dengan berhadapan dengan pembunuh Zabuza Momochi, ujian Chunin yang batal akibat serangan Orochimaru, keinginan balas dendam yang tak tertahankan dari Sasuke kepada kakaknya Uchiha Itachi, perpecahan Team 7, perang menghadapi Akatsuki dan Uchiha Madara, dan kembali bersatunya Sasuke dalam Team 7, dalam perang shinobi ke-empat. 

Uppssss, jangan salah, admin tidak akan membahas tentang Team 7 Naruto. Kali ini kita akan membahas TC39, Team 7-nya Naruto Dalam Dunia Pemrograman. Seperti halnya Team 7, TC39 juga sempat mengalami perpecahan selama 10 tahun, sebelum akhirnya, mereka menyelesaikan proyek ECMAScript 7 yang sekarang menjadi standar untuk JavaScript.

Asal Mula Terbentuk TC39.


Awal terbentuknya, Technical Commite 39, bertujuan untuk membuat standar ECMAScript untuk pengembangan JavaScript agar lebih mudah dipahami, terutama untuk penggunaan di sisi Client-Side Programming. 
Mereka yang tergabung didalamnya adalah mereka yang ahli-ahli koding dunia, berasal dari perusahaan-perusahaan terkenal, seperti Netscape, Sun, Microsoft, Borland, NOMBAS, dan lain-lain. Beda banget, sama Naruto ya, dipersatukan ketika memasuki akademi Ninja.

Standar ECMAScript, juga di latar war browser yang pertama, baca di sini, "Sejarah Unik dan Perkembangan Teknologi Browser-2018" , melihat kesuksesan, JavaScript sebagai bahasa pemrograman web, Microsoft membuat bahasa pemrogramannya sendiri untuk Internet Explorer versi 3.0 dan diberi nama dengan JScript.  
Namun, karena masih kurangnya JScript dipasaran, Microsoft mengembangkan lagi bahasa pemrogramannya dan dinamai dengan VBScript. Melihat pesaingnya, Netscape Communications juga terus mengembangkan JavaScript kedalam Netscape Navigatornya.

Karena persaingan ini, programmer dibuat bingung. Masing-masing browser saat itu sedang sama-sama naik daun dan memiliki bahasa pemrograman yang berbeda. Tak ayal, banyak programmer yang hanya membuat script agar tampil pada salah satu browser, Netscape Navigator atau Internet Explorer.

Standar Pertama EcmaScript


Pada bulan Juni 1997, Ecma meresmikan ECMA-262 standard yang berisikan aturan dan panduan yang harus diikuti oleh programmer. Karena, yang pertama tidak lah selalu cocok, satu tahun berselang, Juni 1998, dibuatlah standar baru, dengan nama ECMAScript2. Tak banyak yang berubah dari fitur yang ada pada standar yang kedua, masih banyak merujuk pada standar yang pertama.

EcmaScript 3 dan Awal Perseturuan.


Kembali mengingat serial kartun Naruto, awal mula mereka berseteru adalah kuatnya keinginan balas dendam, Sasuke kepada Itachi. Naruto  yang tidak ingin ditinggalkan temannya, berusaha menghalanginya bersama dengan tim yang beranggotakan Nara Shikamaru dan kawan-kawan. Namun, usaha tersebut gagal, dan mereka tak pernah akur lagi, selama 3 atau 4 tahun lebih, sebelum kembali bersatu, dalam perang shinobi keempat.

Beralih ke TC39, tahun 1999, EcmaScript versi 3 diluncurkan dan sudah mampu diimplementasikan pada semua jenis web browser saat itu. Dengan fitur regular expression, adanya fungsi string (concat, match, replace, slice, split), do-while, try/catch exception handling, debugging yang lebih baik, dan lain-lain. Sama halnya dengan Naruto, perselisihan sempat terjadi, bahkan berlangsung sampai tahun 2009, atau sekitar 10 tahun lamanya. Perselihan di mulai, ketika EcmaScript 4 diluncurkan. Saat itu, anggota tim berbeda pendapat mengenai fitur-fitur apa saja yang diingginkan. Dampak dari perseturuan ini, adalah kemenangan Internet Explorer pada war browser yang pertama dan kebuntuan pada badan tertinggi dalam dunia website, W3C ( World Wide Web Consortium ).

TC39 Kembali Akur dan Comeback dengan EcmaScript 5


Seperti halnya Sasuke yang kembali pada perang dunia shinobi keempat untuk mengalahkan Uchiha Madara, TC39 sepakat untuk melupakan EcmaScript 4, dan lanjut pada EcmaScript 5. Di rilis pada Desember 2009, dan hadir dengan beberapa fitur baru, dengan strict mode, accesors, dan JSON
Dengan perkembangan teknologi yang semakin menuntut kesempurnaan, EcmaScript juga telah mencapai versi 7, dan bahkan kabarnya akan merilis EcmaScript ke 8.

Anda bisa melihat video di bawah ini, untuk mengetahui sejarah JavaScript dan TC39


Mungkin anda akan bertanya-tanya, kaya mana sih biar bisa masuk dalam TC39 ? sama admin juga :v... 
Tapi yang jelas harus pintar koding dan sudah terbukti di perusahaan terkenal dunia.

Post a Comment

0 Comments