Tips Membuat PowerPoint Agar Jadi Menarik


PowerPoint termasuk kedalam jenis media authoring, media yang dapat digunakan penulis untuk proses editing gambar, video, atau animasi. Namun melihat kemampuan editing Powerpoint sangat terbatas, kegunaannya hanya terfokus pada media dokumentasi. Tentu saja kita, tidak asing lagi dengan media dokumentasi yang paling banyak di gunakan ini.

Dari asal katanya, PowerPoint, dapat diartikan sebagai kekuatan dari point. Dengan point tersebut, penyaji dapat dengan mudah menyampaikan informasi yang hendak di sampaikan. Namun ada kalanya, PowerPoint berubah menjadi 'PowerText'.

Dan hal itu tentu saja, menjadikan presentasi terasa membosankan dan kaku. Penyaji hanya akan membaca seluruh teks yang ada pada slide power point, tanpa adanya interaksi dengan audiens. Berikut adalah contoh gambar PowerText.



Sebagai seorang penyaji yang baik haruslah memperhatikan beberapa aspek penting dalam proses pembuatan media dokumentasi, terutama terkait power point.

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat presentasi menjadi menarik ;

Mempunyai titik fokus yang jelas


Tentu pembaca akan lebih fokus pada gambar yang bertandakan Good. Alasannya mudah, pada saat melihat gambar ini, kopi menjadi obyek yang dominan dan untuk tetap menjaga fokus audien, tempatkan teks berada di dekat kopi atau di tengah slide. 
Usahakan teks hanya menggunakan beberapa kata, namun dapat merepresentasikan isi dari apa yang akan di sampaikan. Tips ini sangat berguna untuk bagian intro dari presentasi.

Meminimalkan Teks, Memaksimalkan Gambar


Dengan memaksimalkan gambar, fokus audien akan lebih terjaga. Cobalah lihat pada gambar yang bertandakan Bad. Fokus audien menjadi terpecahkan dengan adanya teks yang begitu panjang. Teknik ini sering di gunakan untuk menampilkan qoute dari orang-orang yang terkenal. Kalau gambar di atas, salah satu pemeran di film The Matrix, Keanu Reeves. 11-12lah sama admin :v.

Penggunaan Warna Yang Tepat


Pada gambar bertuliskan Bad, peletakkan obyek, optimasi gambar, pengurangan teks dapat dikatakan dalam kategori baik. Namun kesalahan memilih warna teks menjadikan audien sulit untuk membacanya. Warna kuning memiliki gradasi warna yang hampir sama dengan warna putih dan hijau, sedangkan warna hitam sangatlah kontras atau berlawanan. Tidak harus warna hitam, juga bisa menggunakan warna yang berlawanan atau terang. 

Pemberian transisi yang sesuai dan animasi yang tidak lebay


Yang dimaksud dengan transisi yang sesuai adalah, ketika transisi tersebut tidak membuat buyar konsentrasi audien terhadap konten yang dimunculkan sebelumnnya. Artinya, transisi, di maksudkan hanya sebagai pembuang efek jenuh pada audien

Sedangkan animasi yang tidak lebay, adalah animasi yang tidak berlebihan, setidaknya 1 konten dalam slide yang berupa gambar atau shape di muncul dengan sekali efek entrace dan exit.

Namun hal itu tidaklah mutlak harus, karena sebagian besar presentator dapat membuat 1 konten dalam slide memiliki banyak animasi. Tentu saja alur kejadiannya harus jelas.

Bahkan diantaranya hanya menggunakan 1 slide untuk sekali presentasi.

Minta pendapat orang lain yang ahli


Inilah tips terakhir untuk membuat powerpoint anda menjadi menarik, dan tidak menjadi power text

Post a Comment

1 Comments

  1. OK Gan bermanfaat sekali tipsnya. Ntar kalo sempet ane dapat praktekin.

    ReplyDelete