5 Sebab Mengapa IPv6 diperlukan


Hallo sobat lautan, berjumpa lagi di artikel terbaru, kali ini lautan akan membahas tuntas tentang lima hal/sebab mengapa IPv6 diperlukan dalam dunia jaringan internet. Langsung saja, tanpa basa-basi, simak ulasan singkat dibawah ini.
  •  Jumlah IP Address yang banyak
Pasti anda bertanya-tanya, bukankah IPv4 sudah banyak ? Bukankah IPv4 memiliki rentang yang mencapai 32 bit, yang artinya dapat menyediakan sekitar 4.294.967.296 ?. 
Pada kenyataannya, jumlah ip address sebanyak itu belumlah mencukupi kebutuhan dunia akan IP address. Sangat berbeda jauh dari IPv4, IPv6 memiliki rentang 128 bit atau dapat dikatakan mampu menyediakan 3.4 x 1038.
  • Autoconfiguration
Seperti halnya model DHCP pada IPv4, komputer yang memiliki koneksi kedalam IPv6 akan mendapatkan IP address secara langsung dari router
  • Security
IPv6 memiliki protokol keamanan, protokol IPSec. Dengan protokol tersebut semua aplikasi yang membutuhkan keamanan semacam tranksaksi e-banking dapat bekerja lebih optimal lagi. Tentunya anda sudah mengetahui, bahwa IPsec adalah protokol keamanan yang mumpuni di banding PPTP dan L2TP.
  • Quality of Service
Selain memiliki protokol keamanan yang baik, IPv6 juga memiliki protokol QoS yang sangat terintegrasi dengan baik, tentu saja ini sangat membantu meningkatkan kualitas aplkiasi atau layanan yang rentan terhadap delay seperti VoIP dan Streaming Video
  • Otomatisasi Berbagai Setting
Pengalamatan pada IPv4 pada dasarnya statis terhadap host, dan fungsi DHCP pada IPv4 hanya bertindak sebagai subfungsi atau fungsi tambahan saja. Berbeda dengan IPv6 yang memiliki fungsi automatication setting sebagai niali default.

Post a Comment

0 Comments