Berlatar Belakang Fisika Namun Jadi Ahli Teknologi


Hallo Sobat Lautan, berjumpa lagi dengan artikel terbaru, Berlatar Belakang Fisika Namun Jadi Ahli Teknologi.Yups langsung saja, simak dengan baik ulasan dibawah ini, pasti bikin kamu tercengang :v

Fisika dan Teknologi, adalah dua hal yang sebenarnya, dapat dikatakan berseberangan akan tetapi memiliki hubungan yang cukup atau bahkan sangat erat. Tak Jarang, kita menemukan seorang yang dulunya berkecimpung didunia rumus-rumus alam, berkenaan dengan ruang lingkup dan waktu, energi dan gaya, yaitu fisika menjadi seseorang yang "tiba-tiba" ahli dibidang IT, akrab dengan biner 0 dan 1, sistem analog dan digital, serta jago dalam bahasa pemrograman, pengembangan aplikasi dan web.  
Apabila anda membaca tentang pengertian fisika di situs Wikipedia,fisika adalah ilmu yang berkontribusi besar dalam pengembangan teknologi dari sisi pemikiran teoritis. 
Lalu siapa-siapa saja sih, Mereka-mereka yang dulunya berkecimpung di dunia Fisika lalu berpindah menuju teknologi, dan bahkan menjadi ahli ?

Tim Berners Lee (Pencipta WWW)

Timothy John Berners-Lee
Siapa yang tidak tau dengan beliau, namany sering kita jumpai dalam soal ketika kita sedang membahas website, internet, jaringan komputer, protokol jaringan dan ilmu-ilmu lain yang terkait didalamnya. Timothy John Berners-Lee atau yang biasa di ketahui dengan Tim Berners Lee adalah pencipta WWW (World Wide Web) sekaligus pendiri dari badan website dunia yang terkenal, W3C (World Wide Web Consortium) di Massachusets Institute of Technology, semacam ITBnya Amerika, kata dosennya Lautan. 
Salah satu kontribusinya yang paling kentara dalam dunia website adalah dengan tidak mematenkan WWW. Beliau juga telah diberi gelar kehormatan KBE oleh Ratu Elizabeth II, tahun 2004 silam.
Sebelum memiliki nama yang terkenal seperti sekarang ini, seorang Tim, pernah bekerja di CERN, Laboratorium Fisika Partikel Eropa di Jenewa, Swiss. Perlu di ketahui CERN adalah dewan yang didirikan untuk mendiskusikan pembangunan fasilitas penelitian fisika nuklir di Eropa.

Dennis Ritchie (Pencipta Bahasa C)

Dennis Ritchie
Untuk anda yang berkecimpung dalam dunia pemrograman, pasti takkan asing lagi dengan bahasa pemrograman C yang diciptakan oleh Dennis Ritchie bersama dengan temannnya Brian Kerninghan. Karya mereka berdua telah dibukukan dengan judul The C Programming Language. Tidak hanya bahasa pemrograman C, Dennis MacAlistair Ricthie juga dikenal sebagai Creator dari Steve Jobs, Linus Torvalds, Bill Gates, berkat karya sistem operasinya. Yaps, benar sekali, sistem operasi pertama kali di dunia, UNIX.

Dalam perjalanan karirnya semasa hidup, beliau telah banyak mendapatkan penghargaan, seperti Turing Award tahun 1983, IEEE Richard W. Hamming Medal tahun 1990, National Medal of Technology tahun 1992, hingga Japan Prize pada tahun 2011. 

Beliau juga telah meraih pendidikan sarjananya dari Harvard, bidang fisika dan matematika terapan. Beliau meninggal pada tanggal 12 Oktober 2011, usia 70 tahun, satu mingggu berselang kematian Steve Jobs.

Edsgar Wybe Dijkstra  (Pencipta Algoritma Dijkstra)

 
Edsgar Wybe Dijkstra

Mungkin nama Dijkstra kurang populer di telinga kita, dibandingkan dengan sosok yang sudah kita bahas, Tim Berners Lee dan juga Dennis Ritchie. Namun, sejenak apabila anda mempelajari tentang sistem operasi atau mencoba merenungkan kembali, nama Djisktra akan sering ditemukan. Ya benar, beliaulah yang menciptakan Shortest path-algorithm atau yang biasa dikenal dengan Algoritme Dijkstra. Dijkstra sendiri adalah putra dari seorang kimiawan dan ibu seorang matematikawan, (kebayang gak ya kehidupan mereka :) ) 

Entah sebuah pilihan dari Dijkstra atau bukan, karier perjalanannya seolah-olah mengikuti jejak orang tuanya, Djikstra sempat belajar dan mendapatkan gelar dibidang matematika dan fisika teori di Universitas Leiden. Tidak hanya itu, beliau juga mendapatkan gelar Ph.D dari Universitas Amsterdam.

Sama seperti Dennis Ricthie, beliau mendapatkan Turing Award tahun 1972, dan gelar Professor kehormatan dari Universitas Texas.


Ingin Bacaan yang menarik lainnya ??
Coba klik >> Sejarah Unik dan Perkembangan Teknologi Browser Terbaru 2018 

Ingin berbelanja online barang seputar Gadget ?? di Shopee Toko Gadget Lover Tempatnya
 
 Shopee
Jangan lupa untuk Follow Ig Lautan di sini

Post a Comment

0 Comments