Cara Blokir Aplikasi Bermasalah Menggunakan Firewall dan RegEdit

Firewall yang berarti dinding api, berguna untuk pengamanan dengan cara packet filtering, dan hanya packet-packet yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada firewall. Ketika packet lolos uji, packet kemudian akan diarahkan menuju port 25 atau port 80. Dengan firewall, kita juga dapat mengatur jenis aplikasi yang bermasalah untuk tidak dapat di jalankan. Caranya pun cukup mudah, hanya dengan menggunakan default application, Windows Firewall (Sistem Windows). Berikut adalah penjelasan sederhananya ;


  • Setelah itu klik Advanced.

  • Setelah Advanced diklik, akan muncul pop up jendela Windows Firewall with Advanced Security. Pilih Inbound Rules, untuk memasukan sebuah peraturan baru. Klik berturut New Rule, pada bagian kiri jendela.



  • Tepat pada bagian RuleType, pilih tipe program dan selanjutnya cari lokasi program yang ingin di block. Semisal admin, ingin memblokir aplikasi 7-Zip.
   
  • Pilih bagian Block the Connection, lalu pilih Next. Gunakan peraturan default, lalu next. Beri nama dan dekripsi untuk memudahkan anda mengingat program apa yang di block, finish.
Pemblokiran terhadap aplikasi tertentu, juga kadang di perlukan, apabila aplikasi yang dimaksud memiliki pengaruh atau virus yang membahayakan bagi komputer anda. Baca di sini >> Basmi Permanen Virus Shorcut di FlashDisk dengan CMD. Virus juga termasuk kedalam salah satu penyebab dari BOSD. Baca di sini >> Penyebab Laptop Yang Sering Blue Screen . Cara Mengatasi Blue Screen dengan Virtual Memory . Selain dengan menggunakan Windows Firewall, kita juga dapat mengatasi aplikasi yang bermasalah dengan CMD. 
  • Tekan tombol Windows + R, lalu masukan syntax ini HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\Current\Version\Policies\Explorer
  • Klik kanan, pada Reg Edit, pilih New > DWORD (32-bit) Value. Setelah klik kanan pada value yang baru dibuat, modify. Isi value datanya dengan nilai 1.
  • Klik kanan, pada folder Explorer > New > Key. Berikan nama Block. Lalu masuk kedalam folder block. Klik kanan > New > Pilih New String. Ganti nama menjadi 1. Klik kanan kembali pada value tersebut, isikan nama aplikasi yang ingin di block semisal DOSBox, lalu ok.
  • Lakukan pengujian, apabila gagal, maka restart ulang komputer anda. Apabila aplikasi masih buka di buka, lakukan uji coba ulang, atau block dengan menggunakan firewall.
Ingin belajar pemrograman website lebih mendalam ???????????, silahkan kunjungi link >> www.mahasiswacoding.com. Salam hangat Admin :).

Post a Comment

0 Comments