Cara Mudah Mengetahui Sebuah Web Phising


Sebelum kita mengetahui tentang cara mengetahui apakah sebuah website tertentu adalah web phising atau bukan, alangkah baiknya kita mengetahui, apa itu pengertian web phising.
Mungkin di antara pembaca, akan berpikir bahwa kata phising, adalah plesetan dari kata fishing yang artinya memancing. 

APA YANG DI PANCING ?

Bila fishing adalah kegiatan memancing ikan agar masuk kedalam jaring / perangkap, maka phising adalah kegiatan memancing pengguna teknologi agar menggunakan sistem yang kita rancang sedemikian rupa, untuk dapat merekam data-data yang di inputkan. Jadi dari apa yang lautan-it pahami, phising tidaklah selalu identik dengan sebuah website
Bila pada kegiatan fishing, kita dapat memakai berbagai jenis perangkat, demikian juga dengan phising.

Fishing
Kita dapat menggunakan media lain layaknya aplikasi atau perangkat keras, seperti halnya memasang aplikasi keylogger atau hardware USB Keylogger pada laptop yang akan digunakan oleh orang lain. Apabila kita mengaitkannya dengan website, maka media yang digunakan hanya terbatas pada website.

Phising
Bila pada kegiatan memancing, kita akan menggunakan cacing atau tiruannya, maka web phising juga demikian. Pelaku akan membuat semirip mungkin website dengan aslinya, agar website tersebut dikunjungi oleh pengguna internet. Lalu kenapa ? phising selalu identik dengan website ?

Mari berlogika sejenak, pengguna internet, layaknya ikan di laut, ratusan bahkan jutaan (bukan iklan Tanggo) :v, air di gambarkan seperti internet, penggambaran tersebut bukan berdasarkan pemikiran abal-abal semata. Karena di jaman millenium, internet ibarat sebuah kebutuhan, bukan lagi sandang, tapi primer

Pertanyaan sederhana saja, bisakah anda 3 hari tanpa koneksi internet ?

Kebanyakan orang-orang yang berkecimpung didalam internet akan mengakses yang namanya website untuk mencari informasi yang digunakan. Apabila anda membaca artikel lautan-it yang sebelumnya (Inilah Akibatnya Bila Teknologi Lebih Maju Ketimbang Penggunanya), anda akan mendapatkan sebuah fakta, bahwa teknologi website, lebih populer dan user-frendly untuk pengguna, semisal tidak perlu lagi menggunakan space memory. Dengan fakta tersebut, phising kerap dikaitkan dengan website.

Mengetahui diri kita, pengguna Internet, layaknya ikan di lautan, bukan lautan-it :v, maka kita termasuk orang-orang yang memiliki resiko untuk terpancing. Maka adanya baiknya kita mengetahui cara-cara menjadi ikan yang pintar di internet.

Smart Fish
Berikut adalah langkah-langkahnya;

Mengetahui Domain Asli Website

Kita dapat mengetahuinya dari informasi orang-orang terkait langsung dengannya, atau yang sudah berpengalaman dalam website tersebut. Semisal bertanya kepada karyawan terpercaya suatu perusahaan (salah satu cara sederhananya saja). Contoh seperti dibawah ini..

 

Website Aman biasanya memiliki URL https

 

Sebuah website yang memiliki url https, akan dilambangkan dengan icon gembok berwarna hijau. Kita akan mendapatkan informasi lebih website dengan meng-klik icon tersebut, (menggunakan browser Firefox). Lalu klik detail. 


 

Berhati-hati dengan modus login atau promo berhadiah

Web phising, biasanya akan menempatkan banyak form untuk login dengan nama-nama label yang tidak wajar dengan website aslinya



Itu adalah beberapa langkah-langkah sederhana mengenali sebuah web phising. 

Anda dapat melihat suatu informasi dari website di whois
Lautan-it memperingatkan sobat sekalian, untuk selalu berhati-hati dan jeli dalam dunia internet. Tentu saja artikel ini dibuat untuk meningkatkan kesadaran kita sebagai "ikan-ikan" agar tak mudah terpancing.

Post a Comment

0 Comments