Mengenal Cloud Computing Untuk Perkembangan Bisnis

Cloud Computing adalah teknologi yang sekarang ini, sedang mengalami kemajuan pesat dan merupakan salah satu teknologi mutakhir sebagai pendorong produksi bisnis dalam suatu perusahaan. Sebenarnya, kita akan mendapatkan berbagai macam defenisi daripada Cloud Computing. Bila kita berbicara pengertian tentang cloud dalam sisi bisnis, maka cloud computing akan mencakup tentang services yang terbuka dan memiliki konsep sharing resources. Dari 2 hal tersebut dapat diklarifisasikan bahwa cloud computing mempunyai 2 terminologi, yaitu ;
  •  Open Business
Artinya cloud computing dapat dipakai oleh lebih dari 1 pengguna atau client dalam satu waktu, dengan akses tertentu yang sebelumnya sudah diberikan pengaturan jaringan. Tentu saja hal ini berkaitan dengan pengetahuan mengenai intranet, extranet, maupun internet.
  • Sharing Resources


Dengan konsep berbagi sumber data/sumber daya yang mencakupi kebutuhan orang dengan jumlah terbatas, maka strategi yang akan digunakan dalam bisnis juga akan terpaku kepada penggunaan untuk jumlah user yang banyak dalam satu waktu yang sama. Dengan kata lain, Cloud Computing cara tepat untuk membantu DSS (Decision Support System).
Insfraktuktur yang terdapat dalam cloud sendiri, mencakupi kemampuan komputer untuk pemrosesan data dengan menggunakan tool tertentu. Konsep yang digunakan untuk kemampuan pemrosesan data tersebut, adalah data center. Data Center adalah terminologi yang menjadikan resource dengan jumlah yang banyak, dapat digunakan secara bersama-sama dalam satu kesatuan dengan proses reliable, dan juga scalable network. Contoh perusahaan yang berhasil menerapkan cloud computing, adalah Amazon (AWS), Microsoft (AZURE), dan Google (GCP). 
Lantas apa saja keuntungan cloud computing dalam dunia bisnis ? 3 diantaranya adalah;
  • Peningkatan kualitas ERP (Enterprise Resource Planning).   
  • Cara tepat untuk DSS(Decision Support System)
  • Menaikkan Value CRM (Costumer Realitionship Management) 
Agar cloud computing dapat memberikan hasil yang sedemikian rupa, maka cloud computing itu sendiri haruslah memiliki beberapa karakteristik dasar.

On-Demand Self-Services


Layanan berbasis cloud yang selalu ada saat dibutuhkan oleh client dengan mekanisme swalayan yang tidak ribet.

Broad Network Access

Artinya cloud computing bersifat mobile frendly, dan selalu kompatibel dengan segala jenis software maupun hardware yang digunakan.

Resource Polling


Pada dasar resource polling, merupakan pengembangan dari data center.

Rapid Elastiscity

Seperti sebuah balon yang diisi dengan udara, apabila balon tersebut dipinta untuk menjadi besar, maka ia akan dipompa hingga mencapai ukuran yang diinginkan. Apabila ukuran dari balon tersebut terlalu besar, maka rentan mengalami sebuah ledakkan. Maka si pemompa dapat menurunkan kapasitas dari dalam balon, dengan mencopot selang tersebut, agar udara dapat keluar, hingga balon mencapai ukuran yang relatif aman.

Measured Service

Bentuk services yang terpaku pada pengukuran yang tepat dan akurat. Hal ini berhubungan dengan proses pembayaran.

Ingin belajar Koding Website ??? coba klik di sini

Post a Comment

1 Comments