Mengenal Lebih Dekat AI Tech dan Penerapannya

Beberapa tahun belakangan perkembangan teknologi selalu identik dengan 2 tren besar, yaitu mobile applications, dan juga web appliactions. Apabila anda membaca artikel kami yang sebelumnya inilah akibat bila teknologi lebih maju ketimbang penggunanya, maka anda akan menemukan sebuah fakta, bahwa AI, (Artificial Intelegence) teknologi yang dibuat untuk menyerupai atau bahkan melebihi kemampuan kepintaran yang dimiliki oleh manusia. Sebenarnya AI bukanlah teknologi baru, AI merupakan kelanjutan dari proyek lama Project Tango.

AI telah hidup dan berkembang dalam kehidupan sehari-hari kita. Contoh sederhananya, Google Assistant yang dapat di temui pada smartphone Pixel, Siri pada Apple, dan Cortana pada Windows. Kita juga dapat menyebut microsoft excel atau software sejenis kedalam AI. Namun demikian, semua softawre tersebut hanya termasuk dalam Weak AI. atau AI yang terbatas pada tugas-tugas tertentu. Mungkin anda pernah mendengar tentang robot Erika, robot yang di setting sedemikian rupa, untuk bisa membawakan acara. 


Direktur Intelligent Robotics Laboratory, Osaka University, sekaligus yang merancang robot canggih Erika, Hiroshi Ishiguro, mengatakan, 
Kami akan mengganti salah satu penyiar dengan android, katanya.
Proyek Erika sendiri telah berjalan sejak tahun 2014, dan kabarnya akan memulai debutnya di dunia per-Televisian pada bulan April mendatang. Penasaran sama sosok Erika ? Lihat dan simaklah video di bawa ini..


Bisa di bilang, robot Erika termasuk kedalam AI model tinggi atau strong AI. Sebenarnya kita dapat menemukan beberapa contoh lagi penerapan AI. Berikut ini, 3 contoh penerapan AI di masa kini.


Speech Recognition

Speech Recogmition
Google Assistant, Siri dan Cortana adalah contoh daripada speech recognition. Inti daripada speech recognition adalah mengubah data frekuensi dari suara manusia menjadi format yang bisa di pahami oleh komputer, digital / berbasis bilangan biner, 0 dan 1. 
Bukan tidak mungkin, kedepannya kita dapat mematikan laptop hanya dengan menggunakan perintah suara "shutdown".  Mungkin kita akan terbayang sosok Jarvis dalam film Marvel, Iron Man

Robotic Intelligence

Film I Robot, di Bintangi Oleh Will Smith

Berbicara tentang AI, maka akan selalu erat hubungannya dengan robot.  Kita akan sering menjumpai sosok robot pintar yang meniru tingkah laku dari manusia, seperti di film-film. Sebut saja diantaranya, I Robot (2004), WALL-E (2008), Real Steel (2011), Big Hero 6(2014), Chappie (2015). Di kehidupan nyata, kita telah menemukannya pada sosok Erika.

Management Decision System

Decision Management

Sistem cerdas yang mampu mengelola kepentingan manajemen yang kompleks dan berkesinambungan sehingga mampu mendukung perusahaan dalam menentukan sebuah keputusan dalam bisnis. Sering diterapkan pada berbagai macam aplikasi perusahaan.

Post a Comment

2 Comments