Mengenal Lebih Dekat Sekuritas komputer

Sesuai dengan namanya, sekuritas komputer, adalah metode untuk pengamanan komputer dari serangan-serangan yang dapat membahayakan sistem dalam komputer. Komponen dasar dalam sistem keamanan komputer terdiri atas 3 bagian, yaitu C I A, atau Confidentiality, Intergrity, dan Availability. 3 bagian ini sering digambarkan dalam bentuk segitiga. Sebenarnya ada 5 komponen yang terdapat dalam keamanan komputer. Namun 2 yang lain bersifat opsional, yaitu non repudation dan authentication.


Lantas apakah yang di maksud dengan C I A, dalam keamanan jaringan ? Berikut ini adalah penjelasan ringkas mengenai ketiga komponen tersebut.

Confidentiality

Confidentiality atau kerahasiaan yang dimaksud, adalah ketika sistem tersebut mampu menyembunyikan sumber informasi atau daya yang digunakan. Tentu saja, hal ini berkaitan dengan hak privasi atau hak cipta. Seperti penggunaan komputer dalam bidang-bidang yang sensitif (bukan untuk pemakaian umum) layaknya instansi pemerintahan, militer, atau sipil. Kerahasiaan juga merupakan bagian penting dari industri bisnis, untuk menjaga desain ekslusif mereka agar tak mudah di jiplak oleh pesaing-saingnya. Sebenarnya kita juga telah menerapkan komponen keamanan ini dalam kehidupan sehari-sehari, seperti penggunaan screen lock dengan tipe pattern, pin, password

Integrity

Intergritas adalah komponen keamanan yang mengacu pada kepercayaan terhadap sumber data. Integritas mencakupi 2 bagian, yaitu integritas data dan integritas asal. Artinya sumber informasi yang dijadikan pedoman haruslah memiliki keakuratan dan kredibelitas yang tepat. Dalam integritas sendiri, terdapat 2 mekanisme, pencegahan dan deteksi. 


Mekanisme pencegahan meliputi usaha penjagaan integritas data dengan memblokir segala upaya yang tidak sah, untuk merubah data, sedangkan mekanisme deteksi terfokus pada masalah analisa kejadian dalam sistem, dan apabila sistem tersebut mengalami keganjalan, mekanisme tersebutlah yang akan melaporkan bahwa integritas data tak dapat lagi dipercaya.

Availability


Artinya ketersediaan. Ketersediaan atas apa ?, ketersediaan yang dimaksud mengacu pada kemampuan untuk menggunakan informasi atau sumber daya yang diinginkan, dengan kata lain data ada ketika dibutuhkan. Aspek ketersediaan yang relevan dapat memungkinkan seseorang untuk mengatur hak akses atau layanan untuk membuatnya tidak tersedia. Perancangan sistem ini biasanya melibatkan 3 model statistik yaitu, analisis pola, penggunaan yang diharapkan, penjaminan ketersediaan.

2 opsional terakhir yaitu, non repudation dan authentication, hanyalah tambahan atau penyebaran atau perluasan konsep dari 3 komponen utama keamanan.  

Non repudation merupakan aspek yang diperlukan agar seseorang tak bisa menyangkal mereka telah melakukan sesuatu, seperti tranksaksi. Komponen ini, sering kita digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti sms banking, internet banking, yang memperlihatkan alur tranksaksi kita, ataupun cetak resi pembayaran pada mesin ATM.
Sedangkan authentication berkaitan dengan proses validasi terhadap user credentials. Contoh yang paling mudah sering dijumpai adalah penggunaan user name dan password, tentu saja sudah diperkuat dengan data encryption 

https://www.facebook.com/LautanIT/
Pelajari selengkapnya tentang perintah-perintah dasar Linux di >> sini <<  
Pelajari selengkapnya tentang pemrograman web di >> sini <<

Post a Comment

1 Comments