Pengertian dan Contoh dari Secure Shell

Secure Shell atau yang biasa disingkat dengan SSH, adalah sistem keamanan yang paling umum digunakan dalam keamanan jaringan. Lantas apakah pengertian yang lebih daripada SSH ?

Bila kita mencari dari berbagai referensi kita akan mendapatkan SSH sebagai protokol kriptografi untuk komunikasi data yang aman, login antarmuka dengan menggunakan beberapa baris perintah, termasuk didalamnya perintah eksekusi jarak jauh, dan layanan jaringan antara dua jaringan komputer. Agar mudah dipahami, kita dapat menyebut SSH sebagai sistem keamanan jaringan yang mampu memperlambat / mempersulit kerja daripada hacker ataupun intruder untuk merusak data dalam jaringan.

Cara kerja dari SSH sendiri cukup simpel, melibatkan proses encryption otomatis sesaat sebelum paket data dikirimkan. Ketika paket data telah sampai pada komputer tujuan, maka SSH akan otomatis melakukan decrypts. Dengan demikian pengguna dapat bekerja dengan tenang, karena secara tidak sadar komunikasi data yang dilakukan diantara kedua perangkat tersebut telah aman oleh SSH. Sebagai tambahan SSH menggunakan secure encryption algorithm, dan cukup efektif untuk mengatasai mission-critical application permasalahan utama perusahaan.

Intruder / Penyusup
SSH sendiri memiliki client/server architecture. Perhatikan gambar dibawah ini untuk memahaminya lebih mudah

Client Server Architecture
Dari gambar diatas dapat di jelaskan bahwa setiap clients yang hendak ingin melakukan komunikasi data, terlebih dahulu meminta pada SSH server, dengan berbagai perintah, seperti “Please log me in”, “Please send me a file” atau “Please execute this command”. 

Arsitektur ini menggambarkan dengan baik pengertian SSH seperti yang sudah disinggung sebelumnya.Semua komunikasi yang melibatkan client dan server tersebut telah diamankan oleh enkripsi dan terlindungi dari perubahan yang tidak memiliki akses yang sah.

Sistem seperti Microsoft Windows sendiri telah menanamkan SSH clients dan servers, dengan format yang gratis maupun untuk kepentingan komersial. Kita juga dapat menemukan SSH, di sistem operasi lain, seperti PalmOS, Commodore Amiga, dan berbagai macam platforms. Kebanyakan sistem operasi tersebut terinspirasi dari proyek r-commands dari sistem operasi pertama di dunia, yaitu Unix


Dengan SSH, kita dapat melindungi authentication, encryption, dan data integrity. 

Perlindungan SSH
Berikut ini adalah 2 manfaat besar yang bisa diperoleh dari pada SSH

1. Melindungi authentication data, encryption data, dan data integrity
2. Mendukung untuk memenuhi komponen keamanan C I A

SSH sendiri sering diterapkan pada website, tepat untuk menambahkan keamanan pada halaman web mereka, contoh seperti lautan-it, yang awalnya memakai protokol standar http beralih menuju https

Contoh SSH dalam Website
referensi : ssh the secure shell the definitive guide, Daniel J.Barret dkk.

Post a Comment

2 Comments