Pengertian dan Perbedaan Unicast, Multicast dan Broadcat

Unicast, Broadcast dan Multicast adalah ketiga jenis model komunikasi di LAN(Local Area Network). Ketiga istillah ini sering dijumpai ketika kita sedang mempelajari cara kerja dalam perangkat-perangkat dalam jaringan komputer. Berikut ini adalah penjelasan ringkas mengenai ketiga jenis model komunikasi ini..

Pengertian Komunikasi Unicast

Unicast adalah jenis komunikasi LAN dari 1 perangkat menuju 1 perangkat lain, dengan 1 jenis data pula.  Kita dapat menggambarkan komunikasi Unicast seperti dibawah ini. 

Unicast-Lautan-it

Implementasi nyata dari komunikasi Unicast terdapat dalam walkie talkie pada jaman dulu. Apabila seseorang ingin melakukan komunikasi, maka seseorang yang berada ditempat lain, harus menunggu yang lain sampai menyelesaikan pesan. Barulah yang menerima tersebut mengirimkan pesan kembali pada pengirim yang pertama. Jenis data yang dikirimkan pun hanya 1 jenis, yaitu data suara.

Pengertian Komunikasi Broadcast

Apabila unicast hanya melibatkan 2 perangkat saja, 1 sebagai pengirim dan 1 sebagai penerima, maka broadcast adalah sistem yang (masih 1 perangkat sebagai pengirim) melibatkan banyak perangkat sebagai penerima dari 1 jenis data. contoh nyata implementasi daripada jenis komunikasi ini terdapat dalam cara kerja swicth maupun hub

Broadcast-Lautan-it

Pengertian Komunikasi Multicast

Pengertian komunikasi multicast hampir sama dengan komunikasi broadcast. Perbedaan signifikan antara 2 komunikasi tersebut terdapat pada data yang dikirimkan. Bila unicast dan broadcast hanya bisa mengirimkan 1 jenis data yang sama, maka multicast dapat mengirimkan 2 atau bahkan lebih jenis data. Kita dapat menggambarkan multicast seperti dibawah ini...

Multicast-Lautan-it


Post a Comment

1 Comments

  1. ini ternyata multicast. kalau komunikasi 2 arah namanya apa min?

    Salam

    Pongery.com

    ReplyDelete