Pengertian Simplex, Half Duplex, dan Full Duplex- Lengkap


Hallo sobat lautan, kali lautan akan memberikan review mengenai pelajaran TKJ, yaitu arus komunikasi data. Dalam teori komputer, kita akan mengenal 3 jenis arus komunikasi data, yaitu simplex, half duplex, dan full duplex. Ketiga arus komunikasi data tersebut memiliki perbedaan yang sangat signifikan satu sama lain.Hal itu sudah tergambar pada gambar diatas, Untuk memahaminya, silahkan simak ulasan dibawah ini.

Simplex

Contoh Komunikasi Simplex
Komunikasi Simplex, adalah jenis komunikasi yang tidak bisa digunakan didalam tranmisi jaringan, why? umumnya, komunikasi pada jaringan membutuhkan 2 arah.
Pada komunikasi jenis ini, hanya terdapat 1 perangkat yang hanya bertugas untuk mengirim data/informasi dan yang perangkat yang lain hanya bisa menerima data/informasi tanpa bisa meresponnya. Contoh nyata dari implementasi komunikasi jenis ini adalah siaran televisi. Pernahkah anda menonton Tv sambil berkomunikasi dengan pembawa acara ??
Tentu tidak pernah bukan ;v

Half-Duplex

Contoh Komunikasi Half-Duplex
Half-Duplex, adalah komunikasi yang memiliki setidaknya 2 perangkat, yang memilki fungsi ganda, yaitu sebagai penerima sekaligus pengirim. Namun, perlu digaris bawah, komunikasi hanya bisa menggunakan 1 jalur dalam waktu yang bergantian. Artinya ketika perangkat A sedang mencoba untuk mengirimkan data/informasi, maka perangkat B harus bersiap sebagai penerima, dan tidak bisa melakukan pengiriman data/informasi. Contoh dari jenis komunikasi ini adalah permainan telepon kaleng bagi anak-anak jaman old.Penggunaan walkie-talkie juga termasuk didalam komunikasi ini
Jadi kangen ya :)

Full-Duplex

Contoh Komunikasi Full-Diplex
Inilah komunikasi saat ini kita gunakan. Melihat gambar diatas, pasti anda sudah memahaminya bukan ?, ya benar sekali, komunikasi Full-Duplex adalah komunikasi yang melibatkan 2 perangkat atau lebih, yang memiliki fungsi ganda, baik sebagai penerima ataupun pengirim, dan dapat memakai jalur yang sama secara bersamaan. 
Contohnya adalah komunikasi melalui smartphone, video call dengan si do'i.

Post a Comment

0 Comments