Perbedaan Hub dan Switch Lengkap Dengan Video



Hallo Sobat Lautan, kembali hadir pada artikel terbaru kami yang bertajuk "Perbedaan Hub dengan Switch". Hub dan Switch adalah dua perangkat yang sebenarnya berbeda namun sering kali disebut sama.
Bagi anda, yang mungkin masih duduk di bangku SMK jurusan TKJ, pastinya. akan sering menjumpai persoalan "Apa bedanya Hub dengan Switch". Silahkan simak perbedaannya di bawah ini. 

Kemampuan Memproses Sinyal

Switch memiliki kemampuan memproses sinyal yang lebih kompleks atau pintar dibandingkan hub. Swicth memiliki area kerja daripada OSI Layer yang kedua, yaitu Data Link Switch, dengan kemampuan tersebut, Switch dapat mengirimkan paket data pada yang memerlukan saja, dikarena Switch dapat memperhatikan MAC Address pada semua perangkat yang berada dalam sistem. Berbeda dengan hub yang hanya mengirim atau menerima sinyal, namun tak dapat mengatur jalannya aliran data.


Tingkat Pada OSI Layer

Merujuk pada penjelasan diatas, dapat kita ketahui bahwa Switch bekerja pada layer ke 2 OSI, yaitu Data Link, sedangkan hub bekerja pada layer ke 1 OSI, yaitu physical. 

Manageable

Hub tidak bisa diatur atau disetting sedemikian rupa, dengan kata lain, kita harus menerima default dari settingan hub tersebut. Berbeda jauh dengan perangkat switch yang memiliki 3 label, yaitu managed, unmanaged, dan unmanaged.

Kecepatan dan Kestabilan Transfer Data

Swicth memang memiliki kemampuan yang lebih mumpuni. Semisal anda menyetel sebuah sistem jaringan komputer, dan anda menggunakan switch, dengan bandwidth sekitar 10mb dan menyebarkannya ke 5 komputer atau desktop, swicth akan mem-broadcast kuota yang sama pada setiap komputer atau desktop tersebut. Berbeda dengan hub yang hanya membagikan kuota tersebut, menjadi 2mb ke setiap komputer atau desktop.

Untuk dapat memahami perbedaan diantara keduanya, silahkan simak video di bawah ini!!
 

Post a Comment

0 Comments