Proses Pembuatan dan Cara Kerja Fiber Optic

Hallo Sobat Lautan, kembali hadir pada artikel terbaru kami. Masih membahas tentang kabel dalam jaringan komputer, kali ini kita akan membahas tentang "Proses Pembuatan dan Cara Kerja Fiber Optic". Langsung saja, simak ulasan dibawah ini;

Seperti yang anda ketahui bahwa Fiber Optic adalah kabel yang memiliki kecepatan transmisi yang luar biasa. Fiber Optic sendiri terbuat dari serat kaca-kaca dan dibentuk sedemikian rupa sehingga memiliki diamater hanya sebesar rambut manusia. Dibuat demikian karena, agar dapat mentramisikan sinyal cahaya yang bersumber dari laser atau LED.

Yang menjadi pertanyaan, mengapa cahaya didalam kabel tersebut tidak keluar?

Cahaya tidak keluar dikarenakan, indeks bias dari kaca lebih besar daripada indeks bias dari udara, serta laser/LED memiliki spektrum yang sangat sempit. Pada prinsipnya, fiber optic memantulkan dan membiaskan sejumlah cahaya yang merambat didalamnya. Effisiensi dari fiber optic ditentukan oleh kemurnian dari bahan penyusunnya, yaitu dari gelas atau kaca yang digunakan.


" Semakin murni bahan kaca, semakin sedikit cahaya yang diserap oleh Fiber Optic  "

Karena fiber optic memanfaatkan cahaya sebagai media tranmisinya, maka fiber optic memiliki banyak kelebihan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari fiber optic.
  • Bandwidth yang lebih besar dengan kecepatan transmisi Gbps
  • Tingkat keamanan yang tinggi
  • Berukuran kecil dan ringan, memudahkan proses penempatan dan hemat ruangan
  • Kebal terhadap gangguan elektromagnetik dan gangguan gelombang radio
Mungkin anda akan bertanya-tanya bagaiamana proses pembuatan daripada fiber optic dan bagaiamana cara kerjanya ? Untuk dapat mengetahui jawabannnya, silahkan lihat video dibawah ini. Selamat menyaksikan.

Post a Comment

0 Comments