Sejarah dan Perkembangan Terbaru Java - 2018


Hallo Sobat Lautan, semoga sehat selalu ya, kembali hadir pada artikel terbaru kami yang bertajuk, Sejarah dan Perkembangan Terbaru Java-2018.

Tidak seperti artikel Sejarah kebanyakan, artikel ini akan dikemas dengan hal-hal unik dan disertai dengan perkembangan terbaru Java, dijamin tidak bikin cepat bosan, kecuali sobatnya saja yang tidak hobi membaca ^_^

Dari nama dan logo yang pada gambar diatas, mungkin anda dapat mengetahui dengan cepat, bahwa bahasa pemrogramaman ini, memiliki kaitan erat dengan Kopi Jawa.  
Apakah benar demikian ? Simak saja ulasan dibawah ini

James Gosling dan Java

James Gosling
James A.Gosling O.C, Ph,D, lahir pada tahun 1955, tepatnya pada tanggal 19 Mei, Calgary, Alberta, Kanada, dan sekarang, tengah menanjak umur yang ke 63. James dikenal sebagai seorang ahli dalam pengembangan perangkat lunak, dan juga disebut bapak pemrograman Java. Karir perjalanan yang dimiliki oleh James, dipenuhi goresan tinta emas. Pada tahun 1977, James telah memperoleh gelar B.Sc dalam ilmu komputer dari Universitas Calgary. Tahun 1983, James juga memperoleh gelar Ph.D dalam ilmu komputer dari Universitas Carniege Mellon.

James kecil, telah akrab dengan perangkat keras komputer. Saat usia 14 tahun, James selalu menghabiskan waktunya di laboratorium komputer di Universitas Calgary, universitas yang bakal ia masuki setelah lulus dari SMA. Usia 12 tahun, James kecil berhasil membuat permainan tic tac toe dengan memanfaatkan komponen suku cadang telepon dan televisi. Ya, berbeda jauh dengan kita ketika umur 12 tahun, masih banyak mainan sama kucing :v

Tahun 1984, Gosling bekerja untuk Sun Microsystems (sudah menjadi dari Oracle), dari sinilah bahasa Java mulai diciptakan dari proyek yang bernama The Green Project. Bahasa Java sendiri, banyak mengadopsi sintaks dari C dan C++, namun dengan sintaks model yang mengarah pada objek, atau beroreintasi objek. Salah satu kelebihan Java adalah kompatibel di seluruh platform sistem operasi.
 

Oak dan Kopi Yang Jadi Inspirasi

 
Java adalah Sebutan Orang Luar Untuk Orang Yang Suka Ngopi
Seperti sudah menjadi kebiasaan bagi para pakar IT, mereka kerap membuat logo produk mereka dengan sesuatu yang disukai ataupun dengan hal-hal yang berbekas didalam kehidupan pribadi mereka. Seperti halnya Linus Torlvads yang mematenkan Pinguin, sebagai logonya (Dulu Linus sempat digigit oleh seekor pinguin bernama TUX, akibat gigitan tersebut, ia demam selama 3 hari), Steve Jobs yang menggunakan Apple sebagai logonya (Apel adalah buah kesukaan Jobs). Lalu bagaimana dengan logo kopi di Java ?

Yaps, tepat sekali, kopi adalah minuman kesukaan daripada James Gosling. Sebelumnya, bahasa pemrograman yang diciptakan Green Project ini bernama Oak, dikarenakan terdapat pohon Oak yang tumbuh didekat kantor James. 

Yang menarik dan sering dicari oleh orang-orang adalah, kopi jawa apa sih yang diminum oleh James ? Dari hasil penelusuran yang Lautan, belum dapat dipastikan kopi jenis apa yang diminum oleh James, yang jelas kopi itu, adalah kopi murni
Sebutan Java, selain berarti Jawa, juga memiliki makna secangkir kopi. Tahun 1823, orang Amerika-lah yang pertama kali mempopulerkan istillah "secangkir kopi" menjadi "secangkir java", karena trendnya kopi dari Jawa saat itu. >> Baca aja sejarah dan perkembangan kopi Jawa didunia.

Dengan fakta-fakta yang didapat, masihkah anda berpikir bahwa James, pergi ke Indonesia langsung, lalu membeli kopi ke Indonesia, dan tiba-tiba menamainya produknya dengan Java ?

Samakah JavaScript Dengan Java ?

Java tidak sama dengan JavaScript
Pertanyaan paling mainstream, paling sering no dua, mengenai bahasa pemrograman yang diciptakan James adalah, "Samakah Java dengan JavaScript" ? 

Keduanya merupakan bahasa pemrograman yang berbeda satu sama lain. Penamaan yang diberikan Netscape Communications, pada bahasa pemrograman yang berorientasi ke Website, JavaScript, adalah bagian dari strategi pasar bisnis "numpang tenar" dari bahasa pemrograman Java. Netscape mendapatkan izin resmi dari Sun Microsystems, selaku yang pertama mematenkan nama Java.

Perkembangan di Tahun 2018 

Android menggunakan bahasa Java sebagai programnya
Bahasa Java adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling terkenal dan tertua di kalangan para programmer. Apabila anda mencari di Google dengan keyword "Bahasa Java di tahun 2018", anda akan menemukan fakta, bahwa bahasa Java, adalah bahasa pemrograman yang selalu masuk dalam daftar, bahasa pemrograman yang wajib dipelajari bersamaan dengan bahasa Python dan PHP.
Memang saat ini, Java sedang bersaing dengan bahasa pemrograman Python. Berikut ini adalah hasil beberapa analisis perkembangan bahasa pemrograman dari berbagai sumber;

Sumber : codingdojo
Sumber : tiobe.com
Analisis diatas pastinya memiliki sistem dan variabel penilaian yang berbeda-berbeda. Hasil dari Survey pemilu aja bisa beda-beda :v. Meskipun begitu, bahasa Java tetap bisa menjadi referensi bagi anda yang hendak memilih bahasa pemrograman yang akan dipelajari.

Jangan lupa follow ig kami @lautanitcom

Post a Comment

1 Comments