Sejarah Game Pertama Kali Di Dunia



Hallo Sobat Lautan, kembali hadir pada artikel terbaru kami yang bertajuk "Sejarah Game Pertama Kali Di Dunia".

Sebelum mengulas lebih dalam tentang Game pertama kali didunia, Lautan ingin bertanya kepada anda-anda sekalian, kira-kira game apa yang pertama kali muncul di dunia?
Mario Bros ? Tetris ? Contra:Evolution ? Digimon Heroes ? Street Fighter ? Final Fight ? Cadillacs and Dinosaurs ? Time Crisis ? Pacman ? Legend of Zelda ? Final Fantasy ? atau Space Impact, Bounce Classic, Snakes ?. Wwkwwk :v. Semua tebakan anda, salah total.

Apabila kita berbicara tentang game pertama kali didunia, sudah barang tentu, grafis yang dimiliki tidaklah semenarik game yang telah kita sebutkan diatas. Sejarah daripada game sendiri dapat diklarifisasikan dengan 7 generasi. Tenang saja kita akan membahasnya dengan unik dan singkat namun padat

Tic Tac Toe dan Generasi Pertama


Tic Tac Toe, siapa sih yang tak kenal dengan permainan legendaris ini ? permainan yang sering kita mainkan disaat jam istirahat pada masa putih abu abu. 
Tidak hanya populer di Indonesia, Tic Tac Toe juga populer di Eropa. Terbukti, permainan ini sampai diangkat menjadi game komputer grafis pertama kali didunia. Alexander Shafto Douglas adalah sosok yang berada dibalik game ini, dan ia menyelesaikan game tersebut saat kuliah di University of Cambridge.  
Game inilah yang menjadi pelopor utama untuk game-game lain di generasi pertama. Sebut saja Tennis For Two, SpaceWar, Chase, Computer Space, Magnavox Odyssey, Elepong.

Magnavox Odyssey, home video game pertama didunia
Apabila anda membaca lebih lanjut tentang game pada generasi pertama, pastinya anda akan menemukan sosok Ralph Baer, yang mendapat julukan "Bapak Video Game". Persaingan game digenerasi pertama ini lebih didominasi oleh 2 perusahaan besar, yaitu Magnavox dan Atari.

Generasi Kedua, Generasi Game Konsol

 
Atari 2600 game konsol yang hit tahun 80-an
Generasi Kedua, generasinya game konsol. 1976, Fairchild mencoba peruntungannya dengan menciptakan VES (Video Entertaiment System), mesin konsol yang menggunakan kaset magnetik yang disebut cartridge. Konsep inilah yang ikuti oleh beberapa perusahaan lain, seperti Magnavox, Atari, dan RCA. Sayangnya konsep yang dikembangkan pada generasi kedua ini (rentang waktu 1976-1983), mengalami banyak kegagalan. Diantara buktinya adalah bangkrutnya sang pelopor Fairchild dan RCA. Meskipun demikian, wajah dari game-game konsol terselamatkan dengan nge-hits nya Atari 2600. Pada era inilah kita mengenal game-game seperti, Space Invader, Asteroid, Missile Command, Pacman, serta Donkey Kong.

Negeri Matahari Terbit Kuasai Game Generasi Ketiga

Perkembangan Logo Nintendo Dari tahun ke tahun
Nintendo Entertaiment System (NES) asal Famicom (jepang), seperti menjadi tanda-tanda kebangkitan game konsol dipasaran. Konsol ini mampu menampilkan gambar dan animasi resolusi tinggi untuk pertama kalinya. Nintendo memiliki chip pengaman pada catridge game mereka, sehingga seluruh game yang akan dirilis haruslah seijin developer Nintendo. Tidak hanya Famicom, SEGA Enterprise Tokyo juga merilis konsol game pertamanya yang bernama "SG-1000".
Pada generasi ini, kita akan mengenal game-game seperti Dragon's Liar, Zaxxon, Congo Bongo, Space Harrier, Duck Hunt, Tetris, Metroid, Legend of Zelda hingga Final Fantasy. 

Game Generasi Keempat Game 16bit

Vectorman buatan Sega, game keren dan hit di tahun 90an.
Seperti melanjutkan generasi sebelumnya, Jepang tetap menjadi aktor utama dalam penyediaan game. SEGA, hadir dengan merilis SEGA Genesis 16-bit di U.S dan di Jepang sendiri terkenal dengan nama SEGA "MegaDrive". Pada generasi inilah banyak gamers yang merasakan dimanjakan, karena kualitas grafis yang semakin membaik

Game Berbasis CD di Generasi Kelima

Crash Bandicoot Temasuk Game di generasi kelima, telah hadir PS4 dengan judul N-Sane Trilogy

Pada 1990-1994, Sega dan Nintendo tetap bersaing dipapan atas, dibayang-bayangi oleh "kakak tertua" Atari dan kehadiran "anak bawang", Sony. Dari Era inilah, kekuasaan game dari Sega dan Nintendo berpindah menuju Sony. Sony merupakan pelopor utama dari konsol berbasis CD, dengan produk utama yang meraih sukses besar adalah Playstation 1.

Berkuasanya Sony di Generasi Ke-Enam

Kaset-Kaset Ps2 Jaman Dulu
Keberhasilan Playstation1, menjadikan Sony semakin "ganas" dalam persaingan game konsol. Hal itu terbukti dengan tumbangnya Nintendo dan Sega. Seolah tidak puas, Sony terus melancarkan produk terbaru yang bernama Playstation2 yang berbasis DVD. Hahaha, Lautan, jadi ingat semasa kecil, saat kaset yang lo pasang macet, miringiiin :v !!!


Hahahaha :V, satu lagi yang Lautan ingat adalah ketika kalah main Winning Eleven, yang selalu disalahin pasti stick. Stick-nya gak enak :v, tapi kalau udah menang diem-diem ngeselin ;v.


Generasi Ketujuh Pertarung Xbox 360 dan Playstation 3

Penjualan PS3 tahun 2006 mengalami kemunduran yang signifikan
Generasi menjadI tanda berakhirnya era kepopuleran Sony. Produk mereka Playstation 3, kalah cepat dengan pesaingnya dari Microsoft, Xbox 360 yang memanfaatkan media HD-DVD. Bahkan, tidak hanya kalah oleh Xbox, PS3, juga kalah oleh Nintendo WII.

Sebagai penutup, lihatlah video dibawah ini, dijamin bikin, nostalgilaak

.

Ingin berbelanja barang online ?? Coba disini!!
https://shopee.co.id/bambu_runcing 
Jangan lupa untuk Follow Ig kami di sini

Post a Comment

0 Comments