Tipe-Tipe Hacker dan Penjelasan Lengkapnya


Hacker, dalam bahasa Indonesia berarti peretas. Seseorang disebut hacker,apabila memiliki kemampuan yang mumpuni dalam meretas jaringan komputer, semisal mempelajari, menganalisis, memodifikasi, dan tentunya menerobos dalam jaringan komputer, baik untuk kepentingan pribadi ataupun kepentingan orang banyak.  Pada mulanya, istillah hacker tidak identik dengan kata negatif, justru hacker adalah julukan bagi mereka yang memiliki pengetahuan terhadap jaringan komputer diatas rata-rata. Dan kemampuan ini dikembangkan pertama kali di Lab. di MIT (Massachusetts Institute of Technology) oleh sekelompok organisasi mahasiswa

Hacker, berkonotasi negatif semenjak peristiwa bersejarah, kelompok kriminal "The 414s" yang ditangkap oleh FBI. Mungkin anda sudah mengetahui, bahwa istillah "hacker yang jahat" sebenarnya adalah cracker. Lantas apakah tipe-tipe hacker, hanya terbagi dalam 2 kelompok saja, yaitu baik dan jahat ?. Secara makna, memang demikian, namun para pakar-pakar IT, telah merumuskan beberapa tipe-tipe hacker, yang tentu saja lebih detail dibandingkan apa yang kita ketahui secara umum. 

Black Hat

Apakah yang dimaksud dengan Black Hat ? Apakah hacker tersebut memakai topi hitam setiap melancarkan aksinya ? Tidak demikian. Topi hitam sangat lekat hubungannya dengan pelaku tindak kriminal yang suka memakai topi hitam, untuk menyamarkan identitas dikeramaian, tak jarang topi hitam sering digunakan oleh thief. Terlepas dari hubungan itu semua, black hat adalah seorang hacker yang memiliki kemampuan mumpuni dalam menerobos sebuah jaringan komputer yang memiliki keamanan, dan bertujuan untuk melalukan penyerangan. 

White Hat

Warna putih, identik dengan kebaikan. Dari sini, kita dapat mengambarkan secara gamblang, bahwa White Hat adalah hacker yang baik, atau hacker yang menerobos sebuah jaringan untuk mencari kelemahannya, sekaligus mencarikan solusi untuk kelemahan tersebut. Jadi Black Hat bertujuan untuk offensive, sedang White Hat bertujuan untuk defense, seperti Manchester United (Park The Bus) -_-. 

Gray Hat

Bila ada seseorang yang mengatakan kepada anda, bahwa mereka belum mengetahui sesuatu, kebanyakan akan menggunakan warna abu-abu sebagai isyarat. "Masih abu-abu ni, tolong dijelaskan lagi". Nah, dalam hacker, tipe ini belum bisa diketahui secara pasti tujuannnya, apakah defense atau offensive, kecuali kita sudah merasakan dampak dari hasil peretasannya. 

Suicide Hacker


Apakah hackers bergabung dengan Suicide Squad untuk meretas sebuah jaringan komputer ? tidak demikian. Seorang hacker di sebut Suicide Hacker apabila memiliki kemampuan yang mumpunin dalam peretasan dan tidak khawatir terhadap dampak apa yang akan diterima oleh di hacker sendiri. Seperti Suicide Squad yang tidak khawatir untuk terhadap apa yang mereka lakukan, meskipun di leher mereka dipasang bom nano, yang akan meledak bila mereka memberontak. 

Spy Hacker


Dari gambar diatas, kita akan mendapatkan bayangan, bahwa Spy Hacker adalah hacker yang disewa perusahaan atau organisasi, guna mematai-mati aktivitas pesaingnya. Seperti Spy Kids saja ya. Hacker jenis ini, juga bisa tergolong gray hacker, tergantung daripada tujuan perusahaan tempat hacker bernaung.

Script Kiddies


Kita dapat menyebutnya hacker tingkat "Bocah"Hacker jenis ini mengandalkan dan sangat bergantung pada tools yang digunakan. Kebanyakan kurang memiliki kemampuan ataupun pengetahuan yang mumpuni dibidang JARKOM dan SO

Cyber Terrorits


Inilah tingkatan hacker yang paling jahat. Mempunyai kemampuan melebihi kemampuan hacker biasanya, yang pergerakkannya dapat merugikan bukan hanya organisasi / negara , bahkan juga mengancam PBB. Perlu diingat, bahwa teroris, tidak lekat dengan agama tertentu ataupun selalu bermotif keagamaan. Apabila di cari pengertiannya di Wikipedia, kita akan mendapati teroris sebagai pelaku-pelaku yang tidak tergabung dalam angkatan bersenjata yang resmi.  Apapun itu, teroris adalah mereka-mereka yang salah kaprah dalam memahami arah dan tujuan hidup.

State-Sponsored Hacker


Dari pengertiannya saja, kita dapat mengetahui bahwa, hacker-hacker ini dilatih untuk kepentingan negara.  Yups, jika anda ingin menjadi seorang hacker, maka anda harus merubah ketahanan sistem yang ada dalam diri anda, karena lebih mudah "meretas orang" ketimbang meretas sebuah sistem. 

Belajar Pemrogramann Website ?? Coba di www.mahasiswacoding.com

Post a Comment

0 Comments