The History Of BuKaLapak - 2018

Loading...


Hallo Sobat Lautan, kembali hadir pada artikel terbaru kami dari kategori sejarah teknologi yang bertajuk "The History Of BukaLapak"

BukaLapak merupakan salah satu pasar (online marketplace) terkemuka di Indonesia dan dijalankan oleh PT.Bukalapak. BukaLapak sendiri dirikan oleh seorang yang bernama Achmad Zaky pada awal tahun 2010 sebagai divisi agensi digital bernama Suitmedia yang berbasis di kota metropolitan, Jakarta. Apabila kita berbicara  tentang sejarah BukaLapak , maka akan sangat kental dengan sosok CEO (Chief Executive Office) dari BukaLapak sendiri, yakni Achmad Zaky memiliki banyak kisah unik. 

Pria kelahiran Sragen, 24 Agustus 1986, ini memang dikenal dengan kesukaannya utak-atik komputer, terkhusus dibagian software. Proyek sampingan yang Achmad Zaky lakukan disamping perkuliahan adalah merancang program software yang dibutuhkan oleh banyak perusahaan-perusahaan besar.

Awalnya saya mulai bisnis membuat program software yang sering dibutuhkan perusahaan-perusahaan besar", katanya diSurabaya, dari sumber (dokumentasi online tempo.co)

Seperti orang-orang kebanyakan, Zaky juga sempat mendapatkan pertentangan dari orang tua, karena apa yang dilakukan Zaky ini tidak akan menjamin masa depan anaknya. Mereka meminta Zaky bekerja diperusahaan dan mendapatkan gaji tetap. Lulus dari ITB, awal tahun 2009, ia lalu melamar untuk posisi management consulting, 3 kali, namun hasilnya semuanya ditolak.

Setelah gagal berkali-kali Zaky, lantas menemukan sebuah formula, sebuah gagasan yang terinspirasi dari kehidupan komsumtif orang banyak, serta rasa kekesalannya dengan aktivitas warganet yang hanya fokus bermain di sosial media. 
Tak butuh waktu lama baginya, awal 2010, sebanyak 10.000 pelaku UKM bergabung. Zaky sendiri mengaku tak butuh modal besar untuk membangun perusahaan layanan online tersebut, hanya bermodal biaya hidup, dan dari hasil proyek membuat program pesanan klien. 
Seperti halnya perusahaan besar lainnya, BukaLapak sempat ditolak oleh para pedagang, meski begitu, Zaky tak mudah menyerah. " Tekad Kami sudah bulat untuk kembangkan kultur teknologi digital di Indonesia" sumber Tempo.co, 

Takeshi Ebihara, Salah satu investor BukaLapak
Setahun mencari investor, akhirnya BukaLapak mendapatkan dana segar dari Batavia Incubator, perusahaan tersebut dibawah pimpinan Takeshi Ebihara, Japanese Incubator, dan Corfina Group. Kembali mendapatkan dana berlimpa, BukaLapak pada tahun 2012, mendapatkan investasi dari Gree Ventures yang dipimpin oleh Kuan Hsu. 2 Seolah ingin menunjukkan eksistensinya pada dunia, pada tahun 2014, Zaky meluncurkan BukaLapak versi mobile applications. Zaky bercerita sejak pertama kali dimunculkan, aplikasi tersebut telah diunduh lebih dari 10 juta kali.

Dulu kami sering tidur dikantor kecil kami, Akhir pekan pun dipakai buat mengembangkan BukaLapak. Malah awal-awal tidak traffic sama sekali, dan sekarang, hanya dalam empat tahun, kami sudah bisa hasilkan revenue bersih mencapai Rp. 20 Miliiar per bulan.
BukaLapak, sebuah perusahaan yang bukan hanya fokus mencari keuntungan, namun juga untuk sharing ilmu dan membantu perkembangan ekonomi di Indonesia.

BukaLapak dan Bhayangkari Kerja Sama Pembinaan Bisnis Online
Baru-baru ini, tepatnya pada tanggal 23 Maret 2018, BukaLapak bersama Bhayangkari bekerja sama memberikan pembinaan tentang bisnis online kepada warga Bhayangkari. Bhayangkari sendiri merupakan organisasi persatuan istri anggota Polri. Kerja sama ini bertempat di Wisma Bhayangkari, JakSel ,dan dilakukan diwakilkan oleh Muhammad Fajrin Rasyid selaku Co-Founder dan CFO BukaLapak, dan Ibu Tri Tito Karnavian selaku ketua Umum Bhayangkari. Ups, jangan pernah lupakan juga,BukaLapak merupakan salah satu sponsor dari kompetisi sepakbola Liga Gojek 1

Post a Comment

0 Comments