5 Pekerjaan Paruh Waktu Terbaik 2018


Halo Sobat Lautan, kali ini Lautan akan bagi-bagi informasi menarik tentang lima pekerjaan paruh waktu yang terbaik ditahun 2018. 
Langsung saja, ini dia lima pekerjaan paruh waktu terbaik tersebut, simak dengan baik ya.


Freelance Writer



Penulis Lepas, kalau dalam bahasa Indonesianya. Ya, dapatkan dikatakan seseorang yang bekerja sendiri dan tidak memiliki kesepakatan tertulis dengan suatu perusahaan. Artinya penulis, dapat menulis dimanapun mereka mau. 
DiKantor, Rumah, Tempat Kursus, Cafe, atau bahkan ditaman sekalipun.


Freelance Writer dapat bekerja dengan banyak klien, dan sering kali berbeda untuk tiap waktu. Ya, Writing Everywhere and any time.
Anda dapat menjadi seorang penulis dengan menawarkan diri pada situs-situs tertentu. Apabila belum menemukannya, anda bisa mencari jaringan pekerjaan tersebut, disitus yang sudah terkenal, LinkedIn. Semua orang bisa menulis, namun menulis sesuai SEO atau kebutuhan client adalah tantangan tersendiri

Freelance Graphic Designer


Tidak melulu soal editing foto, Anda juga bisa berkreasi dengan melakukan banyak promosi jasa pembuatan logo, editing audio dan video
Bahkan akan juga bisa menghasilkan karakter seperti kartun untuk digunakan oleh animator, animator terkenal. Ini adalah pilihan terbaik kedua setelah freelancer writer. Mungkin anda bisa membuat anda sendiri layaknya tahi lalats dan komik-komik yang ada di IG dan Line lainnya ( Jangan kebanyakan baca komik ya ;v)




Freelance Fotographer


Berada pada urutan ketiga, ada fotografer
Apakah anda punya kamera bagus dengan resolusi dan sensor fokus yang mumpuni ?
Jika iya, anda bisa melamar sebagai juru foto untuk acara-acara tertentu. Apalagi acara sakral layaknya pernikahan.
Bahkan anda bisa membuat diri anda sendiri sebagai "Ambassador" yang mempromosikan daerah-daerah wisata, atau kata lain travel blogger. Apakah fotografer harus punya kamera ? Tidak juga, bisa dengan modal dengkul, kalau katanya Bob Sadino.
Bisnis itu hanya modal dengkul, bahkan ketika anda tidak punya dengkul, pinjam dengkul orang lain
"Minjem", ikuti kompetisi foto dan menangkan. Uangnya bisa ditabung untuk beli kamera kedepannya. Ya, tidak memang semudah itu, apalagi tidak dicoba..

FreeLance Animator


Ahli dalam aplikasi animasi layaknya, Adobe Animate, Swish Max, AutoDesk, Animator DV, Anime Studio Pro, Adobe Ilustrator & Premiere atau bahkan Blender.
Mengapa tidak menawarkan diri sebagai freelance animator ?
Berikut ini adalah 5 tips sederhana agar anda bisa menjadi seorang freelancer yang efisien.
  1. Menggunakan 2 monitor
  2. Disable UI element
  3. Gunakan video referensi 
  4. Gunakan "Cloud" untuk bekerja sama dengan client anda
  5. Membuat daftar menu yang ingin anda kerjakan
Yang jelas bikinlah animasi yang penuh makna dan akan dikenang selalu ya

Web Designer and Web Developer



Anda dapat membaca lebih tentang perbedaan diantara keduanya diSini. Seperti yang anda ketahui bersama bahwa bisnis web sedang melambung saat ini. 
Sebut saja cabangnya dibidang E-Commerce, layaknya TokoPedia, BukaLapak, dan baru-baru ini shopee. 


Akhir kata dari Lautan, Ngebait dikit yak ;v

Apabila kamu memiliki bakat terpendam, maka gunakanlah sebaik-baik mungkin, jangan hanya dipendam. Taukah kamu, sebelum Ahmad Zacky, pendiri BukaLapak terkenal, ia bekerja sebagai Freelancer lo, dan kisahnya juga pernah diragukan orang tuanya sendiri. Tapi lihat beliau sekarang. 
Apakah ada yang meragukan ? Orang, kebanyakan itu akan berhenti ragu, kalau kita itu udah sukses, kalau belum, ia akan terus meragukan dirimu

Jangan jadi orang kebanyakan, ketika mereka diragukan, mereka memilih untuk mengubur impian mereka, dan menjadi apa yang orang lain inginkan, meskipun itu tak sesuai dengan hati. Jangan ikut ragu, hanya karena orang lain meragukan kemampuan dirimu.

Buktikan dengan usaha, belajar, belajar, belajar, jangan dengan perkataan saja
karena orang lain tidak akan bisa yakin dengan sekedar perkataan, begitu juga dengan diri kita sendiri. Penghasilan bukanlah ukuran produktivitas seseorang, tapi meluangkan waktu belajarlah yang buatmu jadi produktif. Keep Spirit

Post a Comment

4 Comments

  1. nice artikel gan. kuncinya yakin pada kemampuan diri sendiri dan terus berjuang,,

    ReplyDelete
  2. zaman sekarang kalau punya skill ga perlu capek-capek banting tulang, tinggal duduk didepan laptop aja beres, bisa dari rumah pula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali.. tinggal kemauan memanfaatkan sesuatu yang sudah ada

      Delete