Komponen-Komponen Yang Ada Pada Motherboard - Lengkap


Hallo Sobat Lautan, kembali hadir bersama kami, dengan artikel terbaru yang bertajuk "Komponen-komponen Yang Ada Pada Motherboard - Lengkap". 
Disini kita akan membahas secara rinci bagian-bagian dari Motherboard beserta dengan fungsinya. Jadi baca dengan baik-baik ya :).
 
Apa itu Motherboard ?
Bila diartikan, motherboard adalah ibu papan. "Ibu papan" ?? Ya, agak janggal ya, bila mengartikanya demikian. Ibu papan yang dimaksud, adalah sebuah papan yang mampu menjadi tempat bernaungnya, "anak-anak komponen komputer" , seperti CPU, slot RAM, PCI, USB, dan lain-lain. Motherboard-lah yang berperan penting didalam proses kontrol komponen-komponen tersebut.
 
Dari pengertian sederhana tadi, dapat diketahui bahwa motherboard memiliki berbagai macam fungsi, seperti media yang menampung komponen-komponen pada komputer, pengaturan kode BIOS pada Read Only Memory, dan memungkinkan adanya perangkat peripheral atau tambahan seperti printer, keyboard, dan mouse
Berikut ini adalah beberapa komponen-komponen yang ada didalam motherboard
 

CPU Socket


Dari namanya, kita akan mudah mengetahui, bahwa socket ini berfungsi untuk tempat CPU yang akan diletakkan kedalam sistem motherboard
Berada diantaranya akan ada heatsink fun yang berguna untuk mendinginkan prosessor saat akan bekerja, Secara fisik, area socket dikelilngi oleh 4 lubang, yang gunanya sebagai penyangga heatsink fun tadi.

SLOT Memory


Biasanya, letak slot ini berada didekat socket CPU. dengan bentuk yang panjang pula, menyesuaikan bentuk daripada RAM, yang memang panjang. 
Setiap tipe dari RAM, mulai dari DDR1, DDR2, DDR3 dan DDR4 memiliki jenis slot yang berbeda satu sama lain.

SLOT IDE dan SATA


Gambar diatas adalah bentuk daripada SLOT IDE. Apa itu IDE ? IDE adalah kependekkan dari pada Integrated Development Enviroment, dengan fungsi menfasilitasi utilitas yang diperlukan dalam membangun perangkat lunak. 


Secara kasat mata, bentuk fisik daripada SLOT SATA, berbeda jauh dengan SLOT IDE. Namun pada dasarnya, fungsi kedua slot itu sama saja. Bisa digunakan untuk penghubung ke Hardissk atau CD-ROM. SLOT IDE dan SATA dapat digunaka menggunakan kabel SATA dan kabel ATA (IDE). Baca disini lebih lanjut untuk mengetahui perbedaan kabel SATA dan kabel ATA 

SLOT AGP dan PCI Express x16 dan PCI Exprees x1



AGP dan PCI, Accelerated Graphics Port dan Peripheral Component Interconnect adalah slot yang digunakan untuk memasang kartu VGA (Virtual Graphic Adapter). 
Perbedaannya keduanya, adalah SLOT PCI, lebih banyak dipakai, karena merupakan seri baru, sedangkan AGP adalah seri lama. PCI sendiri terdiri dari 2 bagian Express x16 untuk VGA Card dan PCI Express x1 untuk peripheral.
Baca disini lebih lanjut untuk mengetahui, Macam-Macam Kartu Dalam Jaringan - Lengkap 

CHIPSET BIOS 


BIOS adalah singkatan daripada Basic Input Output Sistem, dengan fungsi utamanya digunakan untuk mengontrol perangkat-perangkat yang terpasang pada komputer, entah itu memakai slot embedded atau slot peripheral

CMOS


Complementary Metal Oxide Semiconductor adalah perangkat didalam motherboard yang bersifat permanen, dapat bertindak sebagai RAM dengan ukuran yang sangat kecil, berguna untuk menyimpan data-data yang berukuran kecil, antisipasi kehilangan data, dengan kemampuan menyimpan data saat komputer tiba-tiba mengalami lost-connection resource, dan menyimpan data informasi dasar, seperti program diagnostic, konfigurasi, setting-an tanggal, dan lain-lain. Anda bisa lebih lanjut disini Pengertian Lengkap Mengenai CMOS Secara Rinci
 

POWER CONNECTOR


Konektor yang dimiliki biasanya berjumlah sekitar 20-24, dengan fungsi utamanya adalah penghubung motherboard dengan power supply, agar mendapatkan sumber listrik

I/O Ports


Digunakan untuk menyambungkan komponen peripheral, Seperti yang dapat dilihat pada gambar diatas, port-port tersebut, dapat menambahkan perangkat seperti kabel internet dengan portnya ethernet ports, mouse dengan USB port. Dan lain-lain.

FRONT PANEL CONNECTORS


Konektor Front Panel, terdiri dari setidaknya 5 bagian. Seperti yang bisa dilihat pada gambar diatas, Masing-masing memiliki fungsi yang berbeda, Tiap Motherboard memiliki letak tersendiri untuk front panel connectors ini.







Post a Comment

2 Comments

  1. thanks infonya gan, kemaren ane coba bongkar2 sendiri tapi masih belum ngerti juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk :v..Tetep di coba n jangan mudah nyerah

      Delete