Port-Port Yang Ada Dalam Komputer Dan Laptop Lengkap


Halo Sobat Lautan, setelah sebelumnya kita mempelajari "Komponen-komponen yang ada pada Motherboard" kita akan menemukan I/O ports sebagai bagian daripada 
I/O, Input Output ports berguna untuk menyambungkan perangkat-perangkat tambahan, Peripheral Component, yang diperlukan oleh user layaknya sebuah printer, projector, mouse, keyboard, flashdrive dan lain-lain.

Berikut ini adalah 8 port yang ada pada komputer maupun laptop, beberapa diantaranya mungkin sudah akrab ditelinga anda, seperti USB dan HDMI.

1. Port USB 

Ya, pastinya anda tidak asing lagi dengan port yang satu ini. Bahkan teknologi port USB (Universal Seri Bus) terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Terdiri atas tiga bagian terbarukan, yaitu USB type A, USB type B, USB type C. 
Contoh saja, dengan menggunakan USB type C, kita tak perlu khawatir terkait peletakan posisi port, bolak-balik pun bisa, dan USB ini adalah USB  paling kecil diantara ketiga jenis tersebut. Anda dapat membaca lebih lanjut mengenai perbedaan USB yang dibagi dalam 3 jenis ini Perbedaan USB type A, B, dan C.  


Pada komputer, kita akan menemukannya tepat di bagian PC ataupun belakangnya. Bila pada laptop, umumnya ditemukan disisi kiri dan kanan laptop.
Yang anti mainstream,terdapat di area belakang laptop.

2. Port HDMI 

HDMI (High Definition Multimedia Interface), tergolong masih baru, dan dapat dikatakan HDMI adalah keberhasilan dari proyek pengembangan port Graphic.


Laptop generasi terbaru, biasanya sudah menyediakan port ini didalam perangkatnya. 
Apa yang terjadi bila laptop anda termasuk generasi lama ? Biasa anda akan membutuhkan Converter VGA to HDMI, dengan harga reratanya sekitar Rp.100.000. Saat ini HDMI telah memiliki sekurangnya tiga versi, yaitu 1.1, 1.2, dan 1.3. 
Berikut ulasan singkatnya mengenai kemampuan yang dimiliki
  • HDMI 1.1, system support Audio DVD
  • HDMI 1.2, system support One Bit Formatting, seperti Super Audio CS DSD
  • HDMI 1.3, single bandwidth sampai 3.40 MHz, kedalaman warna 10bit, 12bit dan 16bit, new mini connector support, new HD Lossless Format Audio.

3. Port Audio


Dari namanya anda akan mengetahui bahwa fungsi utama, dari port ini adalah. 
Port ini terdapat langsung pada audio card. Komputer biasanya hanya mendukung output untuk stereo saja. Pada dasar, port audio terdiri atas 3 jenis, yaitu;
  • Line in (biru), untuk penghubung ke tape recorder
  • Mic (merah). untuk penghubung ke Mic
  • Line Out (hijau), untuk penghubung suara menjadi keluar, speaker, earphone, maupun headset

4. Port VGA 


Penghubung antara perangkat output seperti monitor maupun proyektor. 
Umumnya berwarna biru dengan 15 lubang, terdiri dari 3 baris, dengan 5 lubang tiap barisnya, dengan konektor DE 15.

5. Port Serial 


Umum digunakan untuk keyboard, mouse dan juga Programmable Logic Controller, dengan jenis konektor RS 232C, dan jumlah pin 9 hingga 25 pin. Namun pengunaannya saat ini telah berkurang, seiring berkembangnya teknologi USB. Sekilas bentuknya hampir sama dengan port VGA.

6. Port Parallel


Penggunaan daripada port parallel lebih banyak ditujukan untuk kepentingan printer parallel, maupun untuk media penyimpanan, seperti halnya harddisk eksternal. Dengan konektor DB-25 dan jumlah pin juga 25. Sama nasib dengan serial, penggunaannya sudah sangat jarang ditemukan karena majunya teknologi USB.

7. Port Power Source


Sepertinya, tanpa perlu penjelasan panjang, pastinya anda mengetahui bahwa sebuah perangkat komputer dan laptop memerlukan aliran listrik, untuk itu port ini berfungsi. sebagai penghubung menuju arus listrik tersebut.

8. Port LAN/Ethernet


Sering disebut juga sebagai port ethernet, dan didapatkan pada Lan Card dikomputer. Sebenarnya, ketujuh bahasan port ini, berkaitan erat dengan bahasan Kartu-kartu yang ada pada motherboard. Karena setiap kartu memiliki portnya khusus, Seperti VGA Card, punya konektor VGA, Audio Card, punya konektor audio, dan lain-lain. 
Baca disini untuk mengetahui Macam-Macam Kartu Pada Komputer, lengkap dengan cara memasangnya

Post a Comment

0 Comments