Sejarah Perkembangan Komputer Generasi 1-5 - Beserta Ciri-Cirinya

Loading...

Hallo Sobat Lautan, semoga sehat selalu ya, apalagi buat kamu, iya kamu :3
Kembali hadir dengan artikel terbaru kami, bertemakan tentang sejarah komputer, yang bertajuk, "Sejarah Perkembangan Komputer Generasi 1-5 Komputer -Beserta Ciri-Cirnya ".

Secara umum sejarah perkembangan komputer, terbagi kedalam 5 generasi. Penggunaan komputer pada generasi pertama, lebih ditujukan untuk keperluan perang, dengan salah satu pemeran utamanya adalah ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer), yang dibuat oleh 2 pakar komputer saat itu, Mauchy dan Echert.  
Pada generasi kelima, perkembangan komputer, lebih kepada AI (Artificial Intelligence). Anda dapat membaca lebih lanjut tentang AI disini. >> Mengenal Lebih Dekat AI Tech dan Penerapannya 

Sejarah Komputer Generasi Pertama


Perlu diketahui, sebelum ENIAC, muncul sebagai pemeran utama, jauh sebelumnya, telah ada nama Charles Babbage, ia menciptakan mesin penghitung atau dengan nama Difference Engine no.1. Penemuannya tersebut, menjadi trend terpopuler dalam sejarah komputer. Charles Babbage, juga dikenal dengan julukan Bapak Komputer Dunia. 

Penemuan pertama inilah yang menjadi inspirasi dibuatnya ENIAC. Proyek ENIAC, dikerjakan pertama kali oleh Dr. John W.Mauchy dan John Presper Eckert di Moore School of Eletrical Engineering (University Of Pennsylvania)
Proyek ini berlangsung 4 tahun, dari tahun 1942-1946. Komputer generasi pertama, sangat berbeda jauh dengan yang sekarang ini. Komputer ini membutuhkan ruang yang besar, sekitar 500m2. 

ENIAC membutuhkan sekitar 18.000 tabung vakum dengan ukuran yang sangat besar 1800 kaki persegi dan beratnya mencapai 30 ton, 75.000 relay dan saklar, serta 10.000 kapasitor dan menggunakan 70.000 resistor. 
Membutuhkan daya listrik sebesar 140 kilowatt, berat mesin, lebih dari 30 ton. 
Untuk melakukan input pada komputer, dibutuhkan punched card dan pita kertas. Sedangkan Ouput yang dihasilkan berupa sebuah print-out

Berikut ini adalah ciri-ciri komputer pada generasi pertama ;
  1. Ukuran komputer yang sangat besar, membutuhkan ruangan yang besar pula
  2. Setiap operasi hanya dapat dijalankan dengan instruksi operasi tertentu atau spesifik
  3. Menggunakan bahasa mesin (Machine Language)
  4. Memiliki penyimpanan data pada silinder magnetik, dengan 2 bagian, simpanan Luar Magnetik Tape dan Magnetik Disk
  5. Daya yang dibutuhkan besar, namun daya (tampung) penyimpanan kecil 
  6. Berbasis pada tabung vakum. dan prosesnya juga lamban

Sejarah Komputer Generasi Kedua


Bila pada generasi pertama, komputer berbasis pada tabung vakum yang digunakan, maka perkembangan komputer generasi kedua lebih kepada pengembangan transistor.

Bentuk daripada transistor sendiri lebih kecil dan menghasilkan panas lebih sedikit, bila dibandingkan tabung vakum. 

Biaya yang diperlukan pun, lebih murah. Perlu diketahui, untuk membangun komputer generasi pertama, diperlukan biaya sebesar saju juta dollar Amerika.

Bila pada generasi pertama ada, ENIAC sebagai pemeran utama, generasi kedua diwakili oleh produk IBM, (International Business Machine), yaitu LARC. Namun kegunaannya lebih ditujukan untuk pemenuhan kebutuhan komputasi bisnis. Saat itu, hanya ada dua LARC yang terpasang dan digunakan, satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California dan yang lainnya di US Navy Research dan Development Center di Washington D.C.

Namun, seiring perkembangannya waktu, komputer berbasis transistor ini mulai diminati. Terbukti pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua dalam memproses informasi keuangan bisnis mereka. Produk yang terkenal saat itu, salah satu nya adalah IBM 1401. Anda juga akan menemukan nama UNIVAC
Berikut ini adalah ciri-ciri komputer generasi kedua ;
  1. Ukuran yang lebih kecil dibandingkan generasi pertama
  2. Kebutuhan daya listirk yang jauh lebih hemat, ketimbang generasi pertama
  3. Proses operasi yang jauh lebih cepat, real-time dan real-sharing
  4. Sudah mengenal bahasa pemrograman tingkat tinggi COBOL dan FORTRAN


Sejarah Komputer Generasi Ketiga


Latar belakang daripada pengembangan komputer pada generasi ketiga, tidak lain dan tidak bukan adalah permintaan pasar dan kebutuhan manusia. 
Menginginkan komputer dengan ukuran yang lebih kecil, tidak cepat panas,serta tidak perlu memerlukan lagii ruangan yang besar. 
Beranjak dari sana, seorang pakar, bernama Jack Billy, mencoba melakukan terobosan dengan hasil penelitiannya yang bernama IC atau Integrated Circuit, chip yang berukuran kecil tetapi mampu menyimpan banyak komponen komputer menjadi satu bagian. Komputer pada generasi ini, menjadi komputer generasi pertama yang mampu menjadikan pengguna berinteraksi dengan komputer, dengan perantara keyboard dan monitor menggunakan interface daripada sistem operasi. 
Tentu saja, hal ini lebih maju lebih generasi kedua dan pertama, pemeran utama komputer generasi ini, masih dikuasai keluaran IBM
Berikut ini adalah ciri-cirinya ;
  1. Daya listrik yang diperlukan lebih sedikit
  2. Harga yang semakin murah, dengan kapasitas memori yang semakin besar
  3. Menggunakan Terminal Visual Display dan dapat mengeluarkan suara
  4. Multiprocessing dan Multitasking 
  5. Lebih cepat 10.000 kali lipat dibandingkan generasi sebelumnya
  6. Mampu berintekasi dengan komputer yang lain

Sejarah Komputer Generasi Keempat


Komputer geneasi keempat, menggunakan konsep "Microprosessor" sebagai penelitian utama. Microprosessor pertama kali didunia adalah Intel 4004. 
Ditahun 1971,IBM meluncurkan produk khusus, komputer untuk rumahan (Personal Computer), dan beberapa tahun berikutnya, 1984, Macintosh memperkenal Apple sebagai produk unggulannya. Salah satu kemajuan dalam teknologi ini adalah GUI, (Graphical User Interface). Berikut ini adalah ciri-ciri daripada komputer generasi keempat.
  1. Menggunakan LSI (Large Scale Integration) 
  2. Dikembangkan dengan Microprosessor
  3. Contohnya terdapat pada : AT, IBM PS/2, IBM PC/386, IBM 370, Apple II, dan lain-lain 

Sejarah Komputer Generasi Kelima


Seperti yang telah disinggung sebelumnya, inilah komputer yang sering kita temukan sekarang ini dan akan terus mengalami perkembang yang pesat. 
Pengembangannya, banyak dilakukan oleh vendor-vendor elektronik, Generasi kelima sering juga disebut generasi komputer masa depan. 
Salah satu proses pengembangan dilakukan oleh Josephson Junction, dengan konsepnya, yaitu teknologi yang mampu menggantikan peran chip, dan mampu memproses triliyunan pengoperasi perdetik, sementara teknologi chip hanya bisa memproses milliaran operasi perdetik.

Post a Comment

0 Comments