15 Penjelasan Aplikasi Pembuat Font Terbaik.


Halo Sobat Lautan. semoga sehat selalu ya.
Kali ini kita akan membahas bagian daripada ilmu teknologi multimedia. Yaitu, teks. Seperti yang kita tau sebelumnya, teks adalah bagian penting daripada teknologi multimedia dan juga menjadi dasar dalam teknologi tersebut. 

Teks didalam teknologi multimedia, selain juga dapat digunakan sebagai petunjuk bagi user dalam menjalankan, juga dapat diremix, sehingga menampilkan nilai seni tersendiri. 
Mungkin anda akan lebih paham bila Lautan menyebutkan tipografi. Tipografi adalah ilmu tentang mempelajari seni dan desain huruf, termasuk simbol didalam aplikasi untuk media komunikasi visual dalam penataan layout, bentuk, dan ukuran
Untuk dapat memunculkan nilai seni atau tipografi didalam teks, diperlukan beberapa aplikasi tersendiri. Berikut ini, adalah beberapa dari aplikasi yang dapat digunakan untuk proses editing teks, atau seni tipografi ;

1. FontsStruct


FontsStruct adalah aplikasi font editor gratis yang dapat memungkinkan anda melakukan proses penyesuaian font melalui peramban web yang anda miliki. Ektensi dari hasil editing melalui aplikasi ini sendiri adalah .ttf

2. FontForge


Sama halnya seperti FontForge, aplikasi ini bersifat gratis dan dapat dijalankan diberbagai platform OS, layaknya Windows, Linux, dan Macintosh. Aplikasi juga dapat memungkinkan anda melakukan penformatan dengan berbagai ektensi seperti .ttf, PostScript (.ps), OpenType (.otf), dan lain sebagainya.

3. Font Constructor



Apabila anda pengguna OS Macintosh, mungkin saja anda mengalami sedikit masalah untuk mencari aplikasi editing font yang kompatibel. Font Constructor bisa menjadi jawaban anda

4. Font Grapher


Font Grapher, aplikasi yang memang dirancang khusus untuk tipografi, dan anda dapat melakukan penyesuaian dengan font yang sudah ada

5. gbdfed Bitmap Font Editor


Nama yang cukup panjang untuk aplikasi. Aplikasi ini mendukung font BDF dan jenis-jenis font lain yang terkenal. Dirancang khusus untuk dapat bekerja didalam platform Linux. Tetapi kita dapat menjalankannya di OS Windows, setelah menginstall GTK+.

6. Bit Fonter


Banyaknya dari Creative Professional, Web Designer, yang menggunakan aplikasi ini untuk pekerjaan mereka. Aplikasi ini diklaim memiliki kemampuan modifikasi dari aplikasi biasa.

7. ScanFont


Aplikasi ini memungkinkan anda untuk scan font Anda dan gambar bitmap. Dan juga dapat memungkinkan kita merubahnya menjadi bentuk True Type. 

8. BitFontMaker


Memungkinkan anda untuk membangun font sederhana dengan bentuk geometris. Bersifat online, file dapat disimpan dan di download.

9. Raster Font Editor



Raster Font Editor, aplikasi yang memungkinkan anda untuk editing font berbagai format file, dan apikasi dapat berjalan dengan baik dengan format font resource(.*fnt) yang dibuat oleh tools lain.

10. FontLab


FontLab menawarkan anda berbagai jenis fitur, seperti desain yang sangat professional, typo graphs, dan graphic designs.

11. Type Light


Type Light adalah aplikasi font maker yang bersifat gratis untuk Windows. Mudah digunakan  memiliki tampilan muka atau (interface) yang user freindly. Kita dapat mengedit berbagai font atau mengedit font-font yang sudah ada. Memiliki berbagai jenis variasi tool seperti Line, Rectangle, Pen, dan banyak lagi. Kita dapat menyimpan hasil editing kedalam format OTF dan TTF.

12. BirdFont


Kita dapat menggambar berbagai macam bentuk vektor dan meng ekspornya menjadi TTF, SVG Fonts. Kita juga dapat menggunakan berbagai tools seperti line, freehand, canvas, path dan banyak lainnya.

13. TTFEdit


Kita dapat mengedit berbagai font yang ada di Library kita, dengan menggunakan template-template yang telah disediakan oleh aplikasi ini

14. Fony


Berukuran kecil, dan sangat cocok untuk pembuatan Bitmap Font. Fony mendukung format seperti FON dan FNT. Dan dapat dijalankan juga ketika berada di penyimpanan sementara seperti FlashDrive

15. DoubleType


Gratis untuk Windows, menggunakan 2 metode penulisan yang dapat anda gunakan untuk membuat font kedalam format TTF.

Itulah beberapa aplikasi untuk membuat font. Tertarik untuk membuat font anda sendiri?

Post a Comment

3 Comments

  1. good bro....
    lanjutkan karya tulismu :-)

    ReplyDelete
  2. Terimakasih Gan atas infonya, sangat membantu buat yang doyan typography... sukses selalu

    ReplyDelete