Alasan Programmer Doyan Sekali Ngopi..


Halo Sobat Lautan, semoga sehat selalu ya. 
Kali ini, kita akan membahas yang unik-unik ya. Kita akan membahas 2 hal yang berbeda, namun memiliki hubungan yang sangat erat, seperti kamu dan aku :D. Ya, hubungan antara programmer dengan kopi. 

Apa hubungan mereka ? 
Apakah suami dengan istri, kakak dengan adik, atau kamu dengan dia, atau hanya sebatas friendzone ?. 
Bila anda seseorang yang suka membaca seputar sejarah IT, pastinya anda tau bahasa apa yang logo dan namanya terinspirasi oleh minuman yang menjadi salah satu ciri khas dari bangsa kita tercinta, Indonesia. Ya, bahasa pemrograman Java. 
Bahasa yang diciptakan oleh James Gosling, dan diberi nama demikian karena kebiasaan Om Gosling yang suka ngopi bersamaan dengan karyawan lainnya dikantor. Orang-orang bule terbiasa untuk menyebut orang-orang yang suka kopi, dengan Java.


Jadi kalau ada orang ngopi, "Gua Lagi Java Nih". Ya, mungkin. bisa jadi 

Karena sebutan itu mudah dikenali, maka om James memutuskan untuk mengganti bahasa pemrograman yang ia buat dari awal Oak menjadi Java. Anda dapat membaca ulang kisah tentang sejarah bahasa Java disini

Selain lekat dengan nilai sejarah salah satu bahasa pemrograman yang ada didunia, kopi dapat bersinergi dengan programmer, sehingga menghilangkan efek kantuk saat koding berlangsung. Percaya atau tidak, programmer lebih banyak untuk memilih ngopi ketimbang ngeteh
Meskipun sebenarnya, kadar kafein daripada kopi lebih rendah dibandingkan yang ada pada Teh. 


Tak jarang, banyak media-media informasi memasukan ngopi dalam daftar kebiasan buruk yang dilakukan banyak programmer didunia.
Seperti pada tulisan yang dimuat di situs Medium.com dengan tajuk artikel "7 Kebiasaan Buruk Seorang Programmer"

Yang pasti sesuatu yang dikomsumsi berlebihan, akan berakibat buruk. Sudah jadi nasehat umum bukan ? 
Ada sekelumit cerita unik tentang hubungan programmer dengan kopi. Salah satu nya cerita dari Simone Margaritelli. Bukan sekedar minum saja, ia bahkan sampai meng-hack mesin pembuat kopi miliknya sendiri, dengan menggunakan Command Line. Ia menyebut dirinya sebagai pecinta kopi sejati yang butuh asupan kopi yang luar biasa. Karena tidak mau terganggu aktivitas sedang ngodingnya, maka ia dengan cerdik membuat client konsol otomatis untuknya


Margaritelli coba untuk me-reverse aplikasi android dan memahami proses komunikasi protokolnya. Sebagai tambahan, mesin pembuat kopinya sudah suport IoT dan dibeli dari produk pabrikan orang terkaya didunia saat ini, Jeff Bezos, Amazon.
Dengan demikian, ia mampu membuat mesin pembuat kopi yang dapat diajak kompromi. Berikut ini adalah kode programmnya

Sumber: Evilsocket.net
Sebenarnya, apa sih yang membuat programmer, lebih suka ngopi ? 

Entah, kebanyakan dari mereka tau atau tidak, dari penelitian yang dikutip dari situs Dailymail, secangkir kopi setiap hari, dapat menjadi resep untuk umur panjang. Bahkan ditambah lagi dengan penelitian, terhadap pertanyaan rahasia umur panjang hingga angka 100 tahun. Jawaban yang terungkap adalah minum secangkir kopi setiap hari. 
Dikatakan pula, kopi mampu membantu elastisitas pembuluh darah, sehingga mencegah penyakit jantung. 

So, Woy Udah Pada Ngopi Belum, Diam-Diam Bae !

Post a Comment

0 Comments