Subscribe
for our all latest news and updates



Home » » Laptop Kok DiKasih Minum ? Begini Ngatasin Dan Rawat Laptop Yang Bener

Laptop Kok DiKasih Minum ? Begini Ngatasin Dan Rawat Laptop Yang Bener


Halo Sobat Lautan, semoga sehat selalu ya, 

Kali ini, kita akan membagikan tips sederhana dan banyak dicari apalagi sudah kalau kejadian (ya fakta yang berbicara sih), yaitu cara terbaik saat laptop kena air. 
Seperti diketahui, laptop termasuk kedalam barang eletkronik, namanya aja udah eletronik, mengandung unsur listrik, dan apabila terkena air, pastinya konslet. 

Disinggung pada awal paragraf, banyak orang yang pastinya pernah mengalami hal ini, dan kebanyakan laptop akan mati seketika, atau mati sementara kemudian hidup lagi. 
Tak jarang, banyak dari kita-kita nih, ketika laptop kena air, hanya pakai cara matikan langsung kipaskan dengan kipas angin volume yang kencang sekali. 


Ya, memang hal tersebut akan mempercepat proses pengeringan dari cairan yang tampak, tapi bagaimana dengan cairan yang tidak tampak ?
Plus, apabila kamu menyalakan kipas dalam volume atau kecepatan tinggi. Kamu bisa membawakan debu kedalam laptop yang kamu punya. 


Hiiii.. Jorok, bukan. 
Oleh karena itu, beberapa ahli komputer, menyarankan anda untuk menggunakan kipas angin khusus untuk laptop. Ya, harganya beragam, tetapi kecepatan yang dihasilkan sesuai dengan kecepatan pendingin yang sebenarnya dibutuhkan laptop

Laptop kok dikasih air?

Kopi Dan Programmer 2 Hal Yang Seolah Tak Terpisahkan
Bukan dikasih, tapi tidak sengaja. 
Contoh saja seperti para programmer, yang selalu bekerja dengan minuman seperti Soda, Kopi, atau bahkan susu hangat. Kerusakan yang paling sering terjadi akibat ketumpahan air, adalah keyboard jadi tidak merespon, alias rusak. 

Ya, mencegah lebih dari pada mengobati bukan ? 

Berikut ini, adalah langkah-langkah sederhana yang harus kamu lakukan segera, bila kejadian duluan

1. Segera matikan laptop, dan cabut baterai laptop

Biasa baterai laptop terpasang dibagian belakang laptop. Untuk melepasnya, anda tinggal melepaskan kunci penyangga baterainya saja. 
Langkah ini, diambil agar tidak ada lagi aliran listrik saat air berada dalam laptop


2.  Buka laptop selebar mungkin, dan hadapkan kebawah. 

Seperti menyerupai bentuk piramida gitu. Diamkan selama beberapa menit, lalu tiriskan, salah maksudnya, sambil dikipas dengan kecepatan yang sedang-sedang saja


3. Setelah menunggu cukup lama, bersihkan cairan yang tampak pada permukaan laptop.

Bersihkan dengan kain yang memiliki daya serap tinggi, bahkan boleh saja menggunakan handuk, tisu, dan cotton bud untuk mengjangkau sela-sela keyboard.


4. Bongkar Perangkat

Apabila anda memiliki peralatan teknis yang memadai dan skill yang cukup, lebih tepatnya keberanian, bongkar komponen-komponen yang kemungkinan akan rusak, seperti keyboard, RAM, dan beberapa perangkat lainnya. Anda bisa manfaatin youtube, untuk cara membongkarnya


5. Pengasingan Laptop

Apabila langkah ketiga sudah dilakukan,  maka yang seharusnya dilakukan oleh kamu adalah pengasingan laptop. 
Pengasingan ? Laptopnya jangan digunakan dulu untuk 1 hari. Berikan waktu rehat pada laptop, karena pastinya laptop terkejut karena baru pertama kali minum dalam hidupnya.

6. Hubungi Service Center Terdekat

Apabila kerusakan sudah melanda laptop anda, seperti adanya beberapa tombol keyboard yang tidak berfungsi, jangan kompromi. 
Hubungi service center terdekat, Karena bisa jadi, cairan membandel masih ada tersimpan didalam laptop. Apabila dibiarkan, bukan hanya keseluruhan tombol keyboard saja yang bisa rusak, tapi juga prosessor lo.

Sebagaimana pelengkap, ada tips tambahan tentang bagaimana cara merawat laptop yang baik biar awet, yang dulu Lautan tulis

1. Gunakan Cairan Pembersih Dan Kain.

Sebenarnya, kita dapat membersihkan monitor hanya dengan menggunakan tisu ataupun kanebo. Tetapi, akan lebih afdal menggunakan cairan pembersih. 
Di percaya dengan cairan tersebut, mampu menjadikan tampilan monitor lebih kinclong dan bebas debu untuk waktu yang lama. 
Selain itu, juga terdapat sapu kecil yang berguna untuk membersihkan keyboard. Bisa jadi, tombol keyboard yang low respon atau bahkan tak berfungsi, akibat jarang di bersihkan.  Ikuti tautan  di bawah ini, apabila anda berniat membelinya secara online

2. Membersihkan fan internal

Cara ini tidak dapat di lakukan oleh sembarang orang. 
Lautan tidak menyarankan anda untuk buru-buru membongkar laptop lalu membersihkan fan internal laptop, apalagi jika anda tidak memiiliki cukup pengalaman dalam bongkar-pasang laptop. 
Mungkin 2 bulan sekali, laptop anda dapat di bersihkan ke tempat service yang terpercaya.

3. Gunakan Antivirus yang sesuai

Mengenali antivirus yang sesuai dengan laptop, termasuk dalam langkah-langkah terbaik merawat laptop dari sisi software.  
Lautan sendiri menggunakan avast antivirus, selain memberikan perlindungan virus yang sangat baik, juga tidak memberatkan komputer.

4. Optimalisasi dan defrag disk 

Ada banyak aplikasi  yang sering digunakan untuk men-defrag disk di antaranya auslogic boot speed, tuneup utility, disk defragmenter, dan lain-lain. 
Namun, kita dapat melakukannya tanpa aplikasi. Cukup dengan membuka windows explorer, pilih disk yang ingin di defrag, klik kanan, lalu pilih tab Tools, klik tombol Optimise, tunggu hingga proses selesai. 

Thanks for reading & sharing LAUTAN-IT

Previous
« Prev Post

2 Comments:

ISA Hacktiv8

ISA Hacktiv8
Selengkapnya Disini