Pelajari Lebih Dalam Tentang Apa Itu Teknologi Multimedia ?


Halo Sobat Lautan, semoga sehat selalu ya dan selalu berkah hidupnya.
Kali ini, kita akan membahas tentang Apa Sih Itu Teknologi Multimedia ?. 
Sebenarnya, kita telah menyinggungnya sedikit pada artikel yang berjudul :
Apa Itu Pengembangan Sistem Informasi. Ya, anda benar, teknologi multimedia, sangat erat hubungannya dengan Pengembangan Sistem Informasi. Teknologi mutimedia, salah satu cabang ilmu dari PSI.

Pengertian

Multimedia, terdiri dari 2 kata, yakni kata Multi dan Media. 
Kata multi memiliki makna banyak, sedangkan media berarti alat. Dapat juga dikatakan, multimedia adalah alat yang digunakan untuk merepresentasikan atau menjelaskan sesuatu, media pengantar informasi, seperti halnya bentuk massal dari komunikasi (Koran, majalah, atau Tv). 

Dalam proses perjalanan ilmu ini, terdapat satu pedoman, yakni multimedia memiliki 5 elemen penting. Yaitu teks untuk memberikan penjelasan pada informasi yang dibawa. Audio untuk membawakan informasi kedalam bentuk suara. Grafik untuk membawakan informasi kedalam bentuk yang lebih dinamis grafikal, Animation untuk memberikan nilai kehidupan dan bentuk nyata dari informasi yang diberikan, serta video untuk menampilkan informasi kedalam bentuk yang visual. 



Penjelasan 5 Elemen Multimedia

Setelah mengetahui bahwa teknologi mutimedia terdiri dari 5 elemen, sudah saatnya untuk mengetahui klarifikasi dari kelima elemen tersebut. 

1. Teks

Teks, adalah elemen pertama dan paling dasar yang dimiliki sebuah teknologi apabila inigin sebut sebagai multimedia. Teks sering digunakan sebagai petunjuk kepada calon penerima informasi, agar mudah dalam menjalankan sebuah sistem. 


Contoh Elemen Teks Pada Teknonlogi Multimedia
Didalam website, kita sering menjumpai implementasi teks sekitar hampir 90% untuk artikel, menu, petunjuk navigasi menu. 
Anda seorang blogger ? Pastinya anda akan mengenal bagian terpenting yakni sitemap, guna mempermudah pengunjung mencari artikel yang ia inginkan. 

2.  Grafik/Gambar

Lihatlah pada gambar contoh elemen teks diatas.
Berbasis 2 dimensi, fungsi gambar didalam teknologi multimedia, memperjelas apa yang seharusnya dilakukan oleh seseorang dalam sebuah sistem atau alat yang nantinya akan dia kenakan.
Dengan tersedianya elemen gambar, informasi yang disajikan diatas, menjadi lebih menarik dan mudah dipahami. Coba Lihat ulang gambar diatas, tentunya, anda akan lebih mudah memahami cara penggunaan daripada alat pemadam kebakaran bukan ?

3. Audio

Meskipun Bisu, Film Charlis Chaplin Tetap Jadi Primadona
Suara diproduksi oleh getaran, dan diterima dengan baik oleh indra pendengaran. Didalam teknologi multimedia, suara bisa saja datang dari bentuk percakapan, efek suara, dan juga alunan musik. Tentunya, elemen ini memberikan warna kehidupan kedalam sistem atau informasi yang hendak diciptakan atau bawakan. 

Lautan akan memberikan contoh sederhana, 

Apa rasanya jika kamu menonton The Incredibles 2,  tanpa adanya suara sama sekali ? Jamin, anda hanya diam begitu saja 
Meskipun kartun yang anda tonton, sedang menampilkan adegan yang sangat lucu. 
Hmmm.. Tapi,mengapa hal tersebut tidak untuk film Charles Chaplin ya?

4. Animation

Gambar bergerak, begitu kata orang-orang ketika ditanya pengertian dari animasi. Animasi adalah ilusi pergerakan yang dibuat dari tampilan gambar yang berurutan berbasis elemen statis. 
Begini cara mudah memahaminya, ada sebuah gambar, anggaplah itu gambar1 berisikan stickman sedang mengangkat tangannya, 
Digambar kedua, juga ada gambar stickman dengan bentuk yang sama, hanya saja tangannya sudah mulai agak diturunkan. 
Digambar ketiga juga terdapat gambar stickman dengan bentuk yang sama pula, dengan posisi tangan yang semakin turun. Semakin banyak gambar yang dibuat, semakin halus pergerakkan animasi yang dihasilkan. Konsep ini, banyak digunakan oleh seniman-seniman dalam membuat karya-karya inovatifnya, seperti FlipBook


5. Video

Jangan pernah sekali-sekali anda mengatakan video animasi. 
Karena pada dasarnya, video dan animasi adalah 2 hal yang berbeda. Video adalah teknologi menangkap merekam, memproses, mentransfer, mereka ulang pergerakkan daripada gambar. 
Perbedaan mencoloknya dengan animasi, adalah video lebih mengarah kepada gambar-gambar realistik

Jenis Teknologi Multimedia

1. Linear

Teknologi multimedia, dapat dikatakan linear, apabila memenuhi beberapa kriteria tertentu, Seperti, tidak interaktif, dan pengguna tidak memiliki kontrol lebih terhadap konten di bawakan kepada mereka. 
Lalu, apa yang terjadi ? Apakah multimedia jenis tidak menarik ? Faktanya tidak demikian. 
Malah banyak jenis-jenis informasi multimedia yang menarik meskipun bersifat linear

Contohnya seperti film, atau demo show

2. Non Linear

Lawan daripada linear. Teknologi multimedia dapat dikatakan non-linear apabila memenuhi beberapa persyaratan, yakni interaktif, pengguna memiliki kontrol lebih terhadap konten yang dibawakan kepada mereka. 
Mereka dapat mengendalikan hal tersebut, dengan adanya bantuan dari kontrol navigasi. Kita akan menemukan contoh implementasi teknologi multimedia jenis ini, di dalam aplikasi-aplikasi android, atau berbasis web, games, CD interaktif.

Authoring Tools


Bila anda sahabat Lautan, yang selalu mengikuti perkembangan artikel ini, pastinya anda akan menyadari, betapa seringnya kata Authoring tools, akhir-akhir ini. Sebenarnya, apa sih itu Authoring tools ?
Authoring tools adalah yang terdiri dari beberapa variasi media komponen yang saling terintgrasi kedalam struktur dan aliran. Metafora Authoring tools, meliputi 3 bagian besar, yakni ;

  • Movie Screen Metaphor
  • Slide Show Metaphor
  • Linked Screens
Movie Screen Metaphor

Termasuk kedalam jenis multimedia yang bersifat Linear. biasanya memiliki tools paradigm, seperti fitur cast, score, mapun penyediaan kolom scripting. Contoh Flash Macromedia

Slide Show Metaphor

Sama seperti movie screen, termasuk kedalam jenis multimedia linear. Contohnya terdapat pada aplikasi presentasi, microsoft powerpoint, prezi, Apple keynotes, dan lain-lain

Linked Screens

Ya, sangat mudah dipahami. Sebuah grup dengan scene yang saling terhubung kuat

Kegunaan Multimedia

Secara umum, multimedia dapat digunakan di 5 aspek kehidupan, yakni bisnis, pendidikan, hiburan, kebutuhan dalam rumah, kebutuhan publik. 

  • Business > Sales / Marketing Presentation, Trade Show Production, Staff Training Application, Company Kiosk
  • Education > Couseware, E-Learning, Information Searching
  • Entertaiment > Games, Movies, Video On Demand
  • Home > Televisi, SMS Services
  • Public Places > ATM, Information Kiosk, Smart Cards, Cinema

Post a Comment

0 Comments