Subscribe
for our all latest news and updates



Home » » Perkawinan Sukses PSI dengan SBTI

Perkawinan Sukses PSI dengan SBTI


Halo Sobat Lautan, semoga sehat selalu ya. Kali ini kita akan membahas tentang perpaduan sukses antara PSI dan SBTI. 
Lautan mengambil contoh dari empat perusahaan yang kini menjadi "Unicorn", mereka adalah BukaLapak, GoJek, Traveloka, dan juga TokoPedia.

Dalam perjalanan meraih suksesnya, perusahaan-perusahaan diatas tentu tidak akan tidak melibatkan 2 elemen dari SDM yang memadai, yaitu ahli dibidang pengembangan sistem dan juga ahli dalam manajemen bisnis. Baca sebelumnya di artikel Apa itu PSI dan Apa Itu SBTI, untuk dapat memahami artikel ini dengan baik.

Kita mulai review dari perusahaan yang pertama, yaitu BukaLapak.


BukaLapak


BukaLapak, didirikan oleh Ahmad Zaky, pada tahun 2010, sebagai divisi agensi dari Suitmedia, dan baru berstatus sebagai PT pada september 2011. Dalam proses berdirinya BukaLapak, Ahmad Zaky dibantu oleh temannnya Nugroho Herucahyono yang saat itu bertindak sebagai CTO (Chief Technology Officer). 

Membahas BukaLapak, 90% membahas tentang Ahmad Zacky, Ahmad Zacky. Ahmad Zaky telah akrab dengan dunia coding, semenjak sekolah dasar. "Makanannya" adalah buku-buku komputer dan pemrograman. 
Seolah membuktikan hasil belajarnya, saat beliau sekolah di SMA Negeri 1 Solo, ia mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) untuk bidang komputer dan memenangkannya.

Tidak berhenti sampai disitu, kecerdasannya berlanjut, saat ia duduk dibangku kuliah. Dalam bidang akademis, Zaky muda selalu mendapatkan IPK 4.00 di setiap semesternya. Ia juga aktif mengikuti berbagai kompetisi tingkat nasional bahkan internasional. Menjadi juara II di Indosat Wireless Innovation Contest tahun 2007, menjadi wakil ITB dalam ajang Harvard Model United Nations 2009.

Tidak hanya jago dalam urusan koding, beliau juga pintar dalam manajemen bisnis. Terbukti bahwa ia lah yang mendirikan Technoenterpreneur Club (TEC ITB). Zaky beserta Fajrin Rasyid (CFO BukaLapak) berhasil lolos dalam seleksi Internasional Selection Panel (ISP) Endeavor ke-63 di Dubai sebagai enterpreneur yang sukses. 


Suami Bikin BukaLapak, Istri Bikin HijUp
Istrinya, Diajeng Lestari, dipandu oleh Zaky, untuk mendirikan hijup.com pada tahun 2011, dan anaknya yang bernama Laiqa Anzani, namanya dipakai untuk nama majalah gaya hidup terkenal dikalangan hijabers.

Ahmad Zaky dapat dikatakan sebagai denan perpaduan sukses ilmu pengembangan sistem dan bisnis


GoJek


GoJek didirikan oleh Nadim Makarim, ia adalah lulusan dari Harvard Business School dan meraih gelar Master Of Business Administration
Dalam perjalanannya, ia sempat menjadi konsultan manajemen di McKinsey & Kompany, ia juga sempat menjadi pengusaha yang mendirikan Zalora Indonesia, sebagai Managing EditorIa juga sempat menjadi Chief Innovation Officer (CIO) di Kartuku, sebelum fokus pada GoJek. 

Untuk saat ini, GoJek telah memiliki patner driver lebih dari 1 milliar, 125.000 pedagang dan 30.000 jenis pelayanan yang tersebar di 50 kota di Indonesia. Untuk membuat branding dari nama GoJek, pelayanannya yang diberikan diberi inisial Go, seperti Go-Send, Go-Ride, Go-Food, Go-Mart, Go-Box, Go-Clean, Go-Glam, Go-Massage, Go-Busway, dan lain-lain. 

Tidak berhenti sampai disitu, untuk anda penggemar sepak bola, pasti mengetahui bahwa, Gojek menjadi sponsor utama dari Liga Indonesia, yang namanya menjadi Liga 1, GoJek Travleloka


Bersama dengan Traveloka, GoJek jadi sponsor utama Liga 1
Nadim Makarim, bisa dikatakan sukses dalam pengembangan sistem melalui ilmu bisnis yang dimilikinya. Tentunya ia memerlukan orang-orang yang ahli dalam sistem.
Dari cerita pengalaman teman Lautan, mereka para driver bisa mendapatkan sekitar rerata 200 ribu atau bahkan lebih dalam sehari. 
Tertarik menjadi driver GoJek ?? Daftar aja di webnya langsung.


Traveloka


Traveloka, aplikasi yang akrab untuk kamu terutama bagi yang merasa anak perantauan. Ya, aplikasi yang memungkinkan kamu untuk memesan tiket pesawat dan hotel hanya dari layar smartphone, menghindari proses yang ribet dan antrian yang panjang. 
Perusahaan ini didirikan 3 orang, pada tahun 2012, oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma dan Albert Zhang.

Terkhusus untuk Derianto Kusuma dan Ferry Unardi, mereka adalah 2 orang yang bisa dibilang mewakili ilmu PSI dan SBTI. 
Derianto Kusuma, lulusan dari Universitas Stanford, dan bekerja sebelumnya sebagai Software Engineer senior Linkedln di Silicon Valley, dan Ferry Unardi lulusan dari Sekolah Bisnis Universitas Harvard yang sebelumnya bekerja untuk Microsoft.
Ups, tidak hanya memiliki satu orang yang ahli dalam bidang sistem, mereka memiliki Ainun Najib, penggagas daripada Kawalpemilu.org

Kamu bisa membaca sekilas tentang perjalanan ketiganya dalam mendirikan Traveloka, melalui gambar dibawah ini.


Source : TeamKepo

TokoPedia


Akhirnya sampai juga pada bahasan yang terakhir. TokoPedia, sama seperti BuKaLapak, TokoPedia memilki visi mulia yaitu "Membangun Indonesia Lebih Baik Lewat Internet" Program utamanya adalah mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara online. 

Diresmikan pada tanggal 17 Agustus 2009, oleh William Tanuwijaya dan Leotinus Alpha Edison, pendiri daripada PT.Tokopedia. 
Lahir di kota Pematang Siantar, Sumatra Utara pada tanggal 18 November 1981, William sudah terkenal mandiri dari dulu. Ia diterima di Universitas Bina Nusantara (BINUS) Jakarta. Selama kuliah ia rajin mencari pekerjaan sampingan untuk membiayai kuliahnya. Ketika masuk, disemester 2, ia bekerja di Warnet dari jam 9 malam sampai jam 9 pagi.

Ingin Tau Pekerjaan Sampingan Yang Cocok Untukmu ?
Coba Baca Disini

Setelah lulus, ia bekerja dikantoran yang bergerak dibidang pengembangan Software Komputer. 
Lama kelamaan, rasa bosan itu melanda jua, dan terbesit dalam pikirannya untuk mendirikan perusahaan sendiri, yaitu TokoPedia. Perlu diketahui William berlatar belakang Teknik Informatika, di BINUS. 

Lalu bagaimana dengan Leo ?, Pria kelahiran Pontianak, ini menjadi partner yang setia bagi William. Memiliki visi yang sama, yaitu membangun indonesia maju dengan StartUp. Dia mengakui untuk membangun bisnis web, bukanlah hal yang mudah, banyak hal yang harus dihadapi, dari tingkat keamanan, hingga proses kekompakkan dalam tim. 

Source : inspiratorfreak.com
Ingin tau cerita unik tentang berdiriya TokoPedia yang sempat diremehkan, baca disini

Perlu diketahui, keempat perusahaan diatas mendapatkan pengakuan sebagai Unicorn, karena memiliki nilai valuasi lebih dari 1 Milliar US Dollar

Source Tertera
Sebagai penutup, mungkin anda tertarik untuk mendirikan StartUp anda sendiri. Anda bisa mengikuti Event The NextDev 2018.. baca selengkapnya disini


Untuk pendaftaraan wilayah Jogja masih buka loh, buruan daftaaar.

Thanks for reading & sharing LAUTAN-IT

Previous
« Prev Post

0 Comments:

Post a Comment

Ngiklan? Sini Aja

Ngiklan? Sini Aja
Hubungi Kontak Kami