Sejarah Televisi Sebelum Akhirnya DiSerang Acara Anak Alay


Halo Sobat Lautan, semoga sehat selau ya..
kali ini kita akan membahas tentang sejarah daripada televisi. Salah satu teknologi yang takkan lepas dari kita, apalagi disaat liburan.

Apa itu televisi

Kita dapat mengartikan televisi sebagai sarana / media yang berguna untuk menyampaikan informasi, dalam segala jenis bentuk, seperti teks, gambar, audio, video, grafis. Dengan kata lain, televisi termasuk kedalam teknologi multimedia, dan bisa disebut dengan authoring tools, meskipun lebih dekat kepada teknologi telekomunikasi seperti handphone dan radio. Televisi, secara harfiah terdiri dari 2 kata dari Yunani kuno, yakni Tele dan Visio. 

Tele berarti jauh, sedangkan visio, berarti penglihatan . Dapat ditarik kesimpulan, pengertian televisi secara istillah adalah melihat sesuatu yang jauh. Hmm.. mungkin, memudahkan kita untuk melihat situasi yang terjadi pada jarak yang sangat jauh.

Kisah DiAwal-Awal Penemuan


Televisi bukanlah teknologi yang langsung terbentuk begitu saja. 
Ceritanya dimulai saat tahun 1878, dimana saat itu alat yang Teleponoskop berhasil ditemukan. Dengan alat tersebut memungkinkan kita untuk mengirimkan gambar visual bergerak dari tenaga listrik. Teleponoskop bersatu padu dengan teknologi telepon saat itu, sehingga pengembangan teknologi menuju kata televisi, begitu lancar. 

Pada tahun 1883-1884, seorang mahasiswa bernama Paul Gothlieb dari Jerman Timur, (saat itu Jerman, masih terpisah, antara Jerman Barat dan Jerman Timur), berhasil menemukan alat yang mampu memindahkan gambar dari satu tempat ketempat lain, menggunakan media udara. Dari penemuan inilah, beliau disebut dengan Bapak Televisi Dunia, karena menjadi dasar untuk perkembangan televisi selanjutnya.

John Laige Baird
Ada nama lain, yang tak bisa di kesampingkan begitu saja, dalam penciptaan teknologi televisi ini. Ia adalah seorang insinyur asal Skotlandia, yakni John Laige Baird. 
Beliau memang dikenal sebagai anak yang punya hobi dibidang elektronik. Ia juga sempat mengenyam bangku perkuliahan di Universitas Glasgow, tetapi hanya dalam rentang 1 tahun saja, yakni antara tahun 1914-1915, sebelumnya akhir diberhentikan.

Lepas dari perkuliahan, John tetap berkarya, dan terbukti. Ia berhasil menciptakan sekaligus men-demontrasikan televisi mekanik dengan cara kerjanya yang mampu memindahi gambar dan menghasilkan sinyal video melalui cakram berputar dan berlubang.
Pada tahun 1924, John berhasil mengirimkan gambar berkedip di jarak 10 kaki dan tahun berikutnya berhasil dengan terobosan penangkapan gambar TV dengan cahaya dan bayangan. Tidak hanya sampai di situ, tahun 1927, dia mulai mencoba terobosan terbarunya, mengirimkan konten di saluran telepon panjang 438 mil antara London dan Glasgow. 

Tidak hanya pintar, beliau juga tidak pelit ilmu. Setahun berselang, John memberikan kuliah umum untuk bekas tempat ia mengambil ilmu dulu "University Of Glasgow", dengan tema utama, penjelasan mengenai bagaimana proses televisi bekerja. Tahun 1929, televisi warna dan BBC, televisi radio di Britania Raya, adalah contoh tetap berkembangnya kreativitas dan majunya perusahaan yang  dikelola oleh John

Sayang..

John meninggal dunia pada tahun, 1946, 14 Juni, di Bexhill-on-Sea, East Sussex, akibat penyakit stroke. Beliau menutup usianya diangka 58 tahun.


Gambar Dan Penjelasan Perkembangan Televisi Dari Masa Ke Masa


Televisi Tahun 1940an


Televisi saat ini, menjadi primadona banyak orang, apalagi setelah perang dunia ke II, berakhir, makin banyak hal-hal yang lebih enak untuk dicari informasinya dengan televisi, ketimbang hanya mendengarkannya melalui audio, seperti Radio

Televisi Tahun 1950an


Meskipun televisi warna telah ada, namun pada masa ini televisi hitam putihlah yang mendominasi. Mungkin karena harga dari televisi warna yang masih mahal, dan belum mumpuninya televisi tersebut

Televisi Tahun 1960an


Barulah, ditahun ini, minat publik mulai bergeser pada televisi berwarna

Televisi Tahun 1970an


Televisi makin berkembang dengan adanya dengan teknologi baru saat itu, yakni VCR (Video Cassette Recorder). Memungkinkan anda untuk merekam siaran televisi

Televisi Tahun 1980an


Tahun ini, adalah tahunnnya teknologi televisi dengan kabel, atau mudah disebut dengan Tv Kabel

Televisi Tahun 1990an


Diperiode ini, Tv-Tv mulai menggunakan teknologi CRT (Carthode-Ray Tubes). Selain itu juga ada televisi Rear Projection CRT, yang dapat memungkinkan Tv dibuat dalam ukuran yang lebih besar, dengan gabungan proyektor dan layar dalam satu kotak dan ditaruh ke bagian belakang layar. Tidak hanya, itu televisi plasma juga telah diperkenal mulai tahun 1997. Ada juga TV Rear-Projection LCoS, Tb dengan kosep cahaya yang dikirimkan melalui rangkaian polarizer. 
Tahun 1990an, TV LCD diperkenal dengan teknologi ramah dan hemat energi, dengan kualitas yang lebih baik dari Tv sebelumnya. 
Tahun 1998, HDTV di perkenalkan dengan tambahan kualitas pada gambar dan suara yang lebih jernih

Televisi Tahun 2000an


Jaman Generasi Z, mulai melanda bumi. Kebutuhan akan informasi yang disajikan dalam bentuk terbaikpun, harus dapat terpenuhi. Disinilah TV LED muncul. Berbasis DLP HDTV yang mampu menggunakan cermin dari aluminium untuk pemantulan cahaya dan penghasilan gambar yang lebih baik. Tv ini bahkan lebih murah dari Tv Plasma dan LCD. Setelahnya, ada TV-tv terbaru seperti Tv 3D, Tv4D. Semakin tahun, semua teknologi akan terus berkembang, termasuk juga dengan Televisi

Televisi dan Kaitannya Dengan Bangsa Indonesia


Televisi, awal mulai diperkenalkan di Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1962, bertepatan dengan Hari Proklamasi Republik Indonesia ke -17. 
Siaran pertama televisi diindonesia, berlangsung cukup lama dari jam 07:30 hingga 11.02 WIB. Mungkin anda bisa bertanya langsung, kepada kakek nenek anda, tentang peristiwa bersejarah tersebut

Seperti yang kita ketahui bersama, Stasiun Televisi Resmi Indonesia yang pertama kali adalah TVRI (Televisi Republik Indonesia). Dan perlu diketahui, berdirinya TVRI pada awal mula kepimpinan Soekarno, tanggal 24 Agustus 1962, semata-semata untuk meliput event olahraga Asia, Asian Games ke IV, yang digelar di Stadion Utama Senayan, Jakarta. 

Dimasa kepimpinan Soeharto, siaran televisi di Indonesia dimonopoli oleh stasiun milik pemerintah sendiri. Untuk stasiun televisi swasta, baru akan bisa mengudara, itupun sebagai stasiun televisi lokal, satu tahun berselang, setelah mendapatkan lisensi. Yang ini dilakukan, karena televisi dapat dijadikan sebagai sarana laju perkembangan pemikiran kritis, maupun opini-opini publik

Ya, contoh saja lagu di Salah satu stasiun televisi, yang mungkin kita akan hafal begitu mendengarnya..


Salah satu acara yang dulu, atau bahkan sekarang selalu ada di setiap stasiun televisi adalah SINETRON. Acara yang paling the bestlah apalgi buat emak-emak.

Istriku Lupa Aku Suaminya, Malah Ingat Pacarnya Tukang Gali Kubur :v
Mbohlah.. Anak Kalian Uruslah Sesuka Hati Kalian
Gua Aja Malas Baca Catatan Kuliah, Mau Baca Catatan Ini Pula -_-
Ya Akhirnya Gua Sadar 
Sujud Syukur Gua Acara Ini Tamat
Muncul Televisi dan Dominasi Tv Swasta di Indonesia

RCTI atau dulu dikenal sebagai Rajawali TV, adalah stasiun televisi swasta tertua di Indonesia. Lahir pada tanggal 24 Agustus 1989.

Berikut adalah beberapa daftar kemunculan televisi swasta di Indonesia ;

  1. RCTI (Rajawali Citra Televisi, 24 Agustus 1989)
  2. SCTV (Surya Citra Televisi. 26 Agustus 1989)
  3. TPI (Televisi Pendidikan Indonesia, sekarang menjadi MNC TV)
  4. ANTV (Andalas Televisi, 1 Maret 1993)
  5. Indosiar (11 Januari 1995)
  6. Metro Tv
  7. Trans Tv
  8. Global Tv
  9. Lativi (Sekarang menjadi Tv One)
  10. Net Tv
Acara Alay Di Tv

Cari Aja DiGoogle Acara Tidak Bermutu. Pasti Ada Acara Ini. Baca Aja Di hipwee, sudah ditegur KPI juga -_-, lihat aja beritanya disini
Apa sih kriteria acara Alay ? 

Acara identik dengan yang namanya joget-joget tidak karuan, bercanda dengan menghina orang, membuka aib, dan drama yang dibuat-buat, layaknya sinetron.
Percayalah, jika anda orang-orang yang intelektual, anda lebih memilih menghindari acara-acara semacam ini. Masih ingat dengan video Deddy Corbuzier ? Mari kita lihat ulang. Video ini juga menjadi tanda berakhirnya artikel ini. Semoga bermanfaat ;D


Post a Comment

0 Comments