Subscribe
for our all latest news and updates



Home » » Tentukan Warna Bahasa Pemrogramanmu Dari Sekarang !

Tentukan Warna Bahasa Pemrogramanmu Dari Sekarang !


Halo Sobat Lautan, semoga sehat selalu ya. 
Spesial karena, kali ini Lautan akan memberikan tips-tips sederhana dalam menentukan bahasa pemrograman apa yang harus kamu mau pilih dalam kehidupan sehari-hari untuk kamu kuasai, atau diteliti, tentu saja dengan berdasarkan realita kehidupan yang ada.

Ada beberapa aspek penting yang harus diperhatikan sebelum kamu akan memilih bahasa pemrograman yang nantinya, menjadi pendamping hidupmu, eheheh :v.

1. PilihLah Berdasarkan Rasa Suka Berdasarkan Keyakinan Bukan Kekaguman Tok

Wkwk.. Tips, yang luar biasa bukan ?. 
Ya, sama halnya ketika kita menyukai seseorang wanita, jangan hanya terpukau karena parasnya, putihnya, atau hanya karena jilbab yang ia kenakan, tapi cobalah untuk terpukau karena kamu yakin dengannya, bahwa ia bersamamu, menjadi lebih baik untuk satu sama lain. 

Agak nyambung ya? Disambungin aja.

Seperti bahasa pemrograman web. Pada dasarnya bahasa pemrograman web terdiri atas 4 elemen utama, yakni Tanah, Air, Api, Udara,  


HTML, CSS, JavaScript, dan PHP. Untuk 3 jenis bahasa pemrograman web yang pertama saja, bila anda kuasai, anda sudah bisa menjadi seorang web designer yang handal. 

Mari kita telaah bersama-sama. 

Dimulai dari HTML, bahasa pemrograman yang didalam dibutuhkan "hafalan" terhadap tag-tag yang akan digunakan untuk strukur dalam suatu website. Ada 5 elemen tag yang hampir selalu digunakan oleh programmer, yaitu tag html, head, title, div, dan span. Untuk CSS, ada 3 poin penting yang mesti dikuasai, yakni tag html yang diketahui, atribut dari tag yang hendak diubah, dan nilai perubahan yang diberikan pada atribut. Untuk Javascript, sedikit rumit, namun pada dasarnya cukup memahami konsep bahasa programnya pak Dennis Ritchie, yakni bahasa C


Ketiga elemen, html, css, javascript, akan menjadikan kamu seperti Avatar tanpa kekuatan api. Ketiga bahasa ini tergabung kedalam golongan high-level programming, dan juga client side programmingPastinya anda tidak akan asing lagi dengan istillah tersebut. 

Taukah kamu, terkhusus untuk bahasa pemrograman JavaScript, banyak digunakan untuk merusak suatu website, dengan cara deface web. 
Hal yang akan pelajari lengkap di Keamanan Jaringan Komputer, tepatnya di DVWA, Damn Vulnerable Web Application, Croos Site Scripting. 
Dari data yang diperoleh Lautan selama 2018, JavaScript, bahasanya bapak Brendan Eich Selalu hadir dalam daftar google untuk keyword pencarian bahasa pemrograman terfavorit, rekomendasi, bersamaan dengan PHP, Java, dan juga Python. Anda bisa buktikan sendiri

Lalu apa jadinya bila, kita mempelajari dan menguasai PHP, tentunya kita akan menjadi Avatar yang lebih kuat. PHP, termasuk juga HLP (High Le..),dengan jenisnya Server-Side Programming. 

Jujur saja, bahasa inilah yang Lautan pilih sebagai pendamping hidup.

2. Tidak Ada Salahnya Mengikuti Kebutuhan Industri Pasar.


Sebenarnya sih, ini tidak wajib dikuti, karena setiap bahasa pemrograman pasti digunakan oleh suatu perusahaan. Bahkan beberapa Universitas, mempelajari bahasa Prolog, bahasa pemrograman yang tergolong jadul, namun tetap eksis hingga sekarang. 

Ada banyak sekian website, yang memberikan listnya mengenai bahasa pemrograman yang banyak digunakan didunia. 
Tentunya, terdapat variabel yang berbeda satu sama lain. Seperti bahasa Java, diberi nama demikian karena kebiasaaa pencipta Java, James Gosling dan teman-temannya yang suka ngopi dikala kerja, ini contohnya. Bahasa Java, banyak digunakan untuk pemrograman berbasis android dan bahkan bisa digunakan untuk basis teknologi website application

Disebagian website, kita akan menemukan Java berada pada urutan pertama, namun tidak untuk beberapa website lain. Tentunya ini sedikit membingungkan bagi calon programmer amatir dalam menentukan pilihannya


Untuk kebutuhan programmer dipasar sendiri, kebanyakan mereka membutuhkan ahli dalam penggunaan framework. Baca : 30 Framework Bahasa Pemrograman. 
Dari pengalaman tim Lautan saat berkunjung ke Cafeimers, frameworklah yang banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar.
Cafeimers berfokus pada pengembangan sistem dengan perubahan API (Application Programming Interface) dengan framework CI, CodeIgniter.

3. Pilih Dan Kuasai Dari Dasar, Tentukan Waktu Luang Untuk Mempelajarinya


Untuk hal ini, sepertinya agak susah dilakukan, apalagi jika anda termasuk pemalas dan hancur dalam menata manajemen waktu. Lebih kepada pendekatan personal, menjurus tentang niat daripada belajar itu sendiri.

Thanks for reading & sharing LAUTAN-IT

Previous
« Prev Post

2 Comments:

  1. 3 aspek yang benar benar penting banget itu ka , padat dan jelas , makasih infonya ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, semoga bermanfaat, jangan lupa untuk berkunjung kembali ya, terima kasih :)

      Delete

ISA Hacktiv8

ISA Hacktiv8
Selengkapnya Disini