Apa Itu Pengembangan Sistem Informasi (PSI) ?


Halo Sobat Lautan, semoga sehat selalu ya ;3

Setelah sebelumnya kita membahas tentang SBTI, Strategi Bisnis Teknologi Informasi, kali ini kita akan membahas tentang pengembangan sistem informasi. Sama seperti bahasan sebelumnya, kita akan membahasnya dalam 4 bahasan utama, pengertian, ruang lingkup, dan mereka-mereka yang sukses dengan passionnya sebagai system developer


Langsung saja, simak baik-baiknya.


Pengertian

Buat Sistem Bukan Asal Jadi, Tapi Bisa Di Pakai
Apa itu Pengembangan Sistem Informasi ?, 
Cukup mudah, sebuah kegiatan struktural dan terencana guna membangun sebuah sistem yang bermanfaat untuk organisasi maupun untuk kepentingan yang lebih umum lagi. 
Sebenarnya sistem informasi adalah, kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen (Wikipedia)

Jadi sistem informasi, selain memikirkan cara untuk merancang sistem, juga memikirkan calon pengguna untuk dapat memakai sistem tersebut. Tentu saja ini berkaitan erat dengan ilmu Interaksi Manusia dan Komputer. Diperlukan data-data yang valid dari user experience, untuk identifikasi requirement yang akan dijadikan sebagai bahan penelitian.

Sebagai contoh, BukaLapak, Ahmad Zacky, ia tidak lantas membuat E-Commerce begitu saja tanpa adanya observasi dari keperluan yang ada dimasyarakat umum. Anda bisa membaca History Of BukaLapak, disini <<

Tidak banyak yang bisa kupas dari bahasan pertama ini, lanjut ke bahasan kedua ya

Apa saja sih ruang lingkup PSI itu? 

Ruang Lingkup

Lautan mengklarifisasikan PSI kedalam 2 bagian besar, apa itu ?
Penguasaan teknologi multimedia dan penguasaan terhadap sistem jaringan komputer. Berikut ini penjelasan rincinya

Teknologi Multimedia

PSI itu berat ? Yang Berat Itu Meninggalkan Yang DiSuka Karena Sudah Takut Duluan
Bagi anda yang dulunya SMK jurusan multimedia, mungkin sudah akrab dengan yang satu ini. Tapi bagi yang belum 
Sebenarnya apa sih, Teknologi Multimedia itu?. Kita ambil dari kata MultiMedia, terdiri dari 2 kata, yaitu Multi dan Media.

Kata Multi yang berarti banyak dan kata media yang berarti alat yang digunakan untuk merepresentasikan atau menjelaskan sesuatu, media pengantar, seperti halnya bentuk masal dari komunikasi, (koran, majalah atau Tv). 
Jadi dapat diartikan bahwa multimedia, alat-alat yang mampu membawa banyak informasi bersifat interaktif kepada pengguna. 

Bagaimana alat tersebut dapat membawa informasi interaktif kepada pengguna ? Tentunya, hal itu merupakan pekerjaan rumah dari pengembang. 
Perlu diketahui, multimedia, terdiri dari 5 elemen utama, (ingat ya 5, bukan 4, kalau 4 itu Avatar), yaitu teks, audio, graphic, animation, dan video. 
Kita akan akrab dengan beberapa aplikasi editing, baik itu editing teks, audio, graphic, animation, maupun video

Tenang saja, kita tidak akan mempelajari semuanya secara detail atau terperinci, artinya kita akan mempelajarinya secara umum, membantu kita untuk mengembangkan sistem, dengan authoring toolsTools yang memudahkan kita untuk melakukan modifikasi terhadap semua elemen multimedia diatas. 
Contoh dari Authoring tools adalah aplikasi Flash Macromedia, Adobe Animate, Swish Max. Ya, mungkin anda mempelajari mulai dari sekarang (Macromedia). 

Dengan penguasaan teknik multimedia yang baik, sebuah pesan dapat diterima dan mudah dipahami oleh user. 
Ya, mudah di "mengertilah", bila berwujud aplikasi maka mudah dimengerti

Pesan Yang Bermakna, Juga Termasuk Implementasi Dari Teknik Multimedia

Jaringan

Jaringan 4G 
Pembahasan kali ini, bisa jadi adalah "surganya anak TKJ"


Bila sistem yang dibuat telah jadi, tentunya kita menginginkan sistem tersebut terintegrasi dengan banyak organisasi atau target yang lebih luas lagi. Untuk sekarang ini, media yang paling dapat diandalkan untuk menghubungkan semua kalangan dari berbagai penjuru dunia adalah internet. 




Tentunya, untuk membangun sebuah sistem kompleks seperti itu, kita harus memahami konsep internet dalam skala yang lebih kecil, intranet atau ekstranet. 

Pengetahuan terhadap spesifikasi dan kemampuan dari alat-alat yang dibutuhkan dalam membuat suatu jaringan sangat diperlukan dibagian ini



Apa saja sih alat-alat yang diperlukan untuk membuat jaringan ? Anda bisa membacanya disini, Materi TKJKebetulan Lautan, alumni TKJ.




Untuk membangun sebuah sistem jaringan yang kompleks, diperlukan sebuah rancangan awal, artinya desain jaringan. Beberapa aplikasi menyediakan kemampuan untuk desain jaringan seperti Cisco Packet Tracer dan Visio 




Mereka Yang Sukses Sebagai Pengembang Sistem

Ahmad Zacky (Founder n CEO BukaLapak)

Source detik.com
Siapa sih yang tidak akan tertawa melihat iklan BukaLapak di Tv. Dikemas dengan cara yang unik dan interaktif, mudah dingat oleh anak-anak muda. 
BukaLapak mampu menjadi E-Commerce terbesar, bahkan sudah mendapatkan predikat sebagai Unicorn. Adalah Ahmad Zacky pria asal bandung, lulusan dari ITB, sosok dibalik moncernya BukaLapak saat ini. Bisa dikatakan Ahmad Zacky adalah perpaduan sukses antara SBTI dengan PSI. Ya, sebelumnya dia adalah programmer

Michael Reynold Tagore

Source Brilio.net
Namanya mungkin tidak setenar Ahmad Zacky, namun karyanya akan membuatmu terpengarah dan mengatakan WOOOOW. 
Laki-laki kelahiran Surabaya, 24 Mei 1979, adalah sosok yang memiliki peran sentral dalam pembuatan film Hollywood. 

Sebut saja, dalam film Alvin and the Chipmunks: The Road Chip (2015) sebagai shader/texture, Maze Runner: The Scorch Trials (2015) sebagai shader/ texture, Dawn of the Planet of the Apes (2014) sebagai Textures Department, The Hobbit: The Battle of the Five Armies (2014) sebagai Texture Artist, Iron Man 3 (2013) sebagai Digital Effects Crew, The Hobbit: The Desolation of Smaug (2013) sebagai Texture Artist, The Wolverine (2013) sebagai Model/Texture, dan Happy Feet Two (2011) sebagai Surfacing Artist.

Luar biasa bukan ?, tentu saja beliau lebih dari sekedar tau apa itu multimedia.

Khoirul Anwar

Source blog.gamatechno.com
4G, teknologi jaringan yang sekarang anda gunakan tersebut, adalah buah pemikiran daripada Khoirul Anwar. Pria ini, punya gelar lengkap Dr.Eng.Khoirul Anwar, S.T, M.Eng. Ia menuntaskan studi doktoralnya di Nara Institute of Science and Technology, jepang pada tahun 2008. Sering disebut sebagai penemu, Khoirul Anwar, menolak untuk mengakuinya. Ia mengakui "hanya" mengerjakan konsep dasar dengan Fast Fourier Transform (FFT) berpasangan, yang dipakai dalam 4G uplink. 
Dengan teknik inilah ini mendapatkan banyak penghargaan, salah satunya dari IEEE Radio and Wireless Symposium (RWS), di California tahun 2006
Apapun yang kita inginkan, bila dijalankan serius, jangan yang dinginkan, yang lebih dari sekedar diinginkan juga akan dapat
Iya serius, serius ingin denganmu....eaaa 

Post a Comment

0 Comments