Berbagai Solusi Tepat Atasi Laptop Yang Tidak Bisa Konek Wifi


Halo sobat Lautan, kali ini ini kita akan membahas tentang berbagai cara untuk mengatasi laptop yang tidak bisa konek dengan Wifi
Dalam pembahasan kali ini, kita akan membahas setidak 10 solusi untuk laptop yang tidak bisa konek dengan Wifi. Langsung saja kita simak dengan baik penjelasan dibawah ini.

Penyebab dari daripada Laptop yang tidak bisa konek ke Wifi bisa jadi karena beberapa hal, diantaranya, masalah driver Wifi Laptop yang bermasalah atau malah Acces Point yang memang bermasalah. 
Untuk itu, lakukan sedikit percobaan sederhana apabila anda mengalami masalah dengan koneksi internet. Seperti uji coba koneksi ke Wifi lain, atau uji coba koneksi device menuju Wifi yang bermasalah tadi.

Simak dengan baik ulasan dibawah ini..

Tombol Wireless Network Wifi, mode off dan diaktifkan, untuk dapat mengaktifkannya kembali, tekan tombol tersebut.



Flight mode yang aktif. Sama seperti halnya Smartphone, apabila mode ini diaktifkan, anda tidak akan bisa mengakses internet


Anda juga dapat mengatasi Laptop yang tidak bisa konek dengan centang kotak Connect Automatically saat sedang menghubungkannya dengan Wifi atau Hotspot. 
Apabila anda merasa bahwa permasalahan itu dari segi Driver Wifi. Anda dapat melakukan beberapa langkah mudah dibawah ini. 

Tekan tombol Logo Windows + e ( Windows Explorer). Klik kanan pada icon This PC, lalu pilih bagian Manage
Anda dapat mempelajari tombol-tombol shorcut guna mempercepat pekerjaan anda, di sini Tombol-tombol Shorcut Yang Wajib Anak IT Tau 


Akan muncul pop up Windows Computer Management, pilih bagian Device Manager, tepat dibagian kiri dari pada Computer Management. 
Lihat menu yang terdapat pada Device Manager dibagian tengah, arah kursor pada bagian Network Adapter. Lalu pilih bagian Wifi Driver anda, pilih Disable lalu Enble kan kembali.


Jika masih mengalami masalah yang sama, bisa jadi permasalahan yang dihadapi adalah kompabilitas Driver. Disarankan untuk mengunduh driver wifi terbaru dan sesuai dengan spesifikasi laptop atau komputer yang anda miliki. 
Untuk memudahkan pencarian, gunakan ID produk yang terdapat pada laptop atau komputer anda. 
Permasalahan lainnya, bisa jadi anda lupa untuk mengganti Properties Wifi Status dari yang tadinya menggunakan ip statis menjadi ip dhcpAda baiknya juga anda untuk mempelajari lebih lengkap perbedaan diantara keduanya. Perbedaan IP static dengan IP DHCP

Cara menggantinya pun cukup mudah. Tekan icon wifi yang terdapat pada taskbar, klik kanan lalu pilih Open Network and Sharing Centre.

Pilih bagian Change adapter settings, tepat dibawah Control Home Panel. 


Double Click pada Wi-fi anda, pilih bagian properties. Akan muncul pop up Windows Wi-Fi Properties. Dibagian tersebut, pilih saja Internet Protocol Version 4. Double Click, lalu ubah status IPnya menjadi DHCP. Lakukan seperti gambar dibawah ini.


Masih banyak solusi lain yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan laptop yang tidak konek WiFi. Seperti menggunakan perintah sederhana, yaitu netsh winsock reset. Kita dapat melakukan perintah tersebut tepat di jendela Command Prompt atau CMD.


Kita dapat mengaksesnya, dengan menekan tombol Logo Windows, dan ketikkan cmd. Jalankan CMD sebagai administrator
Lalu masukan perintah netsh winsock reset didalamnya


Enter, lalu restart laptop atau komputer anda, tunggu hingga proses selesai. setelah proses restart pertama selesai, lakukan proses restart untuk kedua kalinya. 
Anda dapat mencobanya ulang dengan menggunakan 2 perintah, yakni netsh winsock reset catalog [enter], lalu ketikkan perintah netsh int ip reset c:\resetlog.txt

Perintah pertama berfungsi untuk reset peraturan internet dari Windows, yang kedua kedua berfungsi untuk mengunci peraturan internet tersebut.
Kita dapat melakukan beberapa kreasi dengan beberapa perintah CMD ini, seperti halnya dengan menggunakan perintah sederhana ipconfig /flushdns. 


Perintah ini berfungsi membersihkan dns kebentuk semula. 
Apabila langkah-langkah sudah dicoba, namun browser anda masih tidak dapat mengakses internet, dapat ketahui bahwa bahwa titik permasalahan tersebut bisa jadi berada pada browser yang anda miliki. Alias fitur proxy yang aktif. 
Di bawah ini ada beberapa cara mematikan proxy di 2 browser terkenal saat ini, yakni Firefox (Mozilla) dan Google Chrome

Firefox

  • Pilih bagian Tools daripada firefox
  • Lanjutkan dengan memiliih menu options
  • Advanced lalu network, beralih pada menu setting, dan hilangkan proxy 
Google Chrome

  • Pilih tepat dibagian atas kanan Google Chrome, beralih pada menu settings
  • Klik Show Advanced Settings, dan hapus centang pada Use proxy server for..
Setelah melakukan beberapa uji coba dan masih menemukan kegagalan, bisa jadi masalah yang dihadapi lebih kompleks lagi. Seperti permasalahan pada perangkat-perangkat Wi-Fi. Ini adala beberapa tips yang didapatkan dari Bukalapak blog, mengenai laptop yang tidak bisa konek Wifi

1. Pastikan Router dalam keadaan menyala.

Hal ini mungkin saja bisa terjadi, seperti masalah sepele, layaknya kabel yang terlepas dari stop kontak. Untuk itu, kita perlu mengetahui letak router.

2. Pastikan Tidak Ada Masalah Pada Server

Ketika anda mengakses suatu halaman website, dan halaman website tersebut tidak dapat diakses walau berkali-kali. Bisa jadi itu bukan masalah dari anda melainkan masalah dari server website tersebut. Cobalah untuk mengakses halaman website yang lain

3. Mengetahui Jarak Jangkauan Dari Sinyal Wifi

Sepele, namun memang benar adanya.

4. Reset Koneksi WiFI

Anda dapat melakukannya secara manual dengan masuk kedalam menu Network settings > Manage known network > pilih SSID >> Forget

5. Permasalahan Pada Penyedia Layanan Internet

Post a Comment

0 Comments