Subscribe
for our all latest news and updates



Home » » Hindari Not Responding Pada Laptop Sedari Dini

Hindari Not Responding Pada Laptop Sedari Dini


Halo Sobat Lautan, kembali hadir bersama kami, dengan artikel terbaru. 
Kali ini, Lautan akan membahas tuntas tentang cara biar laptop atau komputer anda agar tidak mengalami yang namanya not respond. Sebelum melakukan penganganan masalah, ada baiknya kita melakukan beberapa deteksi  sebab-sebabnya terlebih dahulu. 
Tidak mungkin laptop anda jadi nge-Lag atau not respond, atau lebih parah nge-hank mungkin, jika bukan ada beberapa masalah. 
Berikut adalah beberapa penyebab-penyebab umum dari laptop atau komputer yang sering mengalami not respond sekaligus cara mudah untuk mengatasinya

1. Banyaknya Aplikasi Yang Terinstall Namun Tidak Terpakai

Sebenarnya, ini lebih manajemen aplikasi daripada pengguna itu sendiri. Sebelum anda menginstall aplikasi, tentukan prioritas, dan juga lama pemakaian aplikasi tersebut. 
Karena, beberapa aplikasi hanya akan digunakan untuk beberapa pekerjaan yang bersifat musiman atau sementara. 
Apabila telah sampai pada batas waktunya, anda bisa meng-uninstall aplikasi tersebut.
Lautan akan berikan contoh kasus. Lihat gambar desktop dibawah ini


Gambar diatas merepresentasikan beberapa kesalahan terkait adanya aplikasi yang diinstall namun tidak digunakan. Seperti aplikasi Macromedia Flash 8, multimedia authoring toolsJujur saja, aplikasi tersebut tidak lagi Lautan gunakan. Sama halnya seperti aplikasi editing video layaknya Adode Premiere, edit foto, Ilustrator, desain arsitektur dan tata letak dimensi, SkecthUp, IDE bahasa pemrograman berorientasi objek, Java yaitu NetBeans

Secara keseluruhan, Lautan hanya memerlukan htmlpad 2016, CodeBlock, Notepad ++, Virtual Box, TeamViewer, GravitDesigner, CorelDraw, Ease BackUp Data dan juga browser. 

Lihat saja pemborosan pada 2 aplikasi Abode Premiere, Ilustrator, aplikasi yang memang terkenal berat untuk laptop. Folder aplikasi premiere yang sudah dinstall saja, ukurannya mencapai 1.63 Gb. Anda dapat melihat ukuran memori dari suatu folder, dengan cara klik kanan, lalu pilih properties.

2. Tampilan Desktop Yang Berlebihan



Bagi anda pengguna laptop dimasa lalu, mungkin akrab dengan penggunaan sidebar gadget, dan juga skinpack. Ya tampilannya memang keren (norak lebih tepat), tapi hal itulah yang memperberat kinerja laptop. Karena, sistem dipaksa bekerja lebih dari biasanya, untuk me-load efek tampilan yang kita inginkan. Solusinya ? 
Cukup tampilkan desktop laptop anda dengan tampilan yang standar saja, plus, apabila ketika selesai proses install aplikasi, buatlah agar tidak membuatnya shorcut nya secara otomatis.

3. Multitasking Yang Berlebihan 

Lautan akan lakukan "sedikit" percobaan, seberapa besar pengaruh dari multitasking terhadap kinerja prosessor atau CPU yang dimiliki oleh Laptop atau komputer. 
Kali ini, percobaan dilakukan dengan ThinkPad Lenovo X240
Lautan akan coba mengawali eksperimen kali ini, dengan membuka setidaknya 19 aplikasi berbeda, lihat saja pada gambar dibawah ini.



Sisanya adalah aplikasi berat lainnya seperti Premiere, Ilustrator, CodeBlock, Gravity, dan lain-lain. Lautan membuka 3 jenis browser, yakni browser Firefox, Chrome, dan juga UC Browser. Dengan browser Firefox membuka setidaknya 50 tab, juga pada browser Chrome




Lalu, apa yang terjadi ? 
Anda bisa melihatnya, dengan mengakses fitur Task Manager, fitur yang sifatnya sudah default untuk semua sistem daripada Windows. Lihat baik-baik gambar dibawah ini



Apa yang akan terjadi bila angka pada CPU, mencapai 100% ? dan memory juga 100%. Apabila angka pada CPU telah mencapai 100%, bisa jadi aplikasi yang sedang anda buka, akan not responding, dan apabila kedua poin ini, sama-sama 100%, Blank Out. 
Solusi yang tepat untuk ini, adalah memperhatikan kapasitas spesifikasi kemampuan laptop yang dimiliki. Eksperimen diatas, hanya sekedar menunjukkan pengaruh banyaknya aplikasi yang terbuka pada kinerja CPU atau prosessor laptop. Jadi,bukan untuk di tiru ya ;)

4. Banyaknya Aplikasi Yang Berjalan Dibawah Kesadaran Kita

Agak susah dipahami dan ngeri juga ya. 
Sebenarnya saat Laptop dihidupkan, ada beberapa aplikasi yang tanpa disadari berjalan otomatis. Bagaimana cara mengatasinya ? Mudah saja. 
Tekan tombol Logo Windows + R, lalu ketikkan msconfig. beralih pada bagian StartUp, lalu disable-kan aplikasi yang tidak diperlukan (Sistem Operasi Windows XP, 7 dan versi-versi lama, untuk Windows 10, bisa didapatkan di Task Manager.

5. Virus dan Malware

Ya, tak bisa dipungkiri lagi.
Inilah yang sering kali dijadikan biang kerok pada setiap permasalahan pada laptop. Bagaimana cara mengatasinya ? Tentu saja, dengan menginstall antivirus yang kompatibel dengan laptop yang ada punya, Beberapa virus, juga bisa datang dari flashdisk yang terkena virus shorcut, Anda bisa membaca cara membasmi virus shorcut dengan mengikuti cara-cara yang ada di link ini <<. Anda bisa menemukan beberapa tips lainnya, di sitemap

6. Memori RAM Yang Kurang Memadai / Rusak

Untuk hal ini sih, selain bisa diatas dengan upgrade RAM, bisa juga dengan penggunaan memory virtual, Bagaimana cara membuat virtual memory ? ahahah,..Anda beruntug sekali karena sebelumnya, Lautan telah membuatnya disini <<

Nah, itulah beberapa penyebab dan tips n triknya, Semoga bermanfaat :)

Thanks for reading & sharing LAUTAN-IT

Previous
« Prev Post

0 Comments:

Post a Comment

ISA Hacktiv8

ISA Hacktiv8
Selengkapnya Disini