Subscribe
for our all latest news and updates



Home » » Cara Mudah Installasi dan Konfigurasi Database CodeIgniter

Cara Mudah Installasi dan Konfigurasi Database CodeIgniter


Halo Sobat Lautan, semoga sehat selalu ya. Kali ini kita akan membahas lengkap tentang, "Cara Mudah Untuk Installasi CodeIgniter"

Sebelum mempelajari tentang cara installasi dari pada Framework PHP ini, ada kalanya kita mengetahui tentang apa itu CodeIgniter? Sebelumnya, pasti anda mengetahui mengenai kinerja dari sebuah Framework. 
Framework semua pekerjaan dan proses scripting menjadi lebih mudah dan terstruktur dengan function-function yang ada. 
Ada beberapa alasan kuat, mengapa kita membutuhkan sebuah framework, selain secara umum, mempercepat pekerjaan. 
Didalam sebuah framework, biasanya sudah menyediakan standard codingbest pratice, design pattern, dan juga common function


Dengan adanya, framework, kita dapat langsung beralih fokus pada business process, tanpa harus memikirkan masalah aplikasi dan koding yang terlalu rumit. 

Dalam pemrograman website yang melibatkan Framework CI ini, terdapat satu hal penting yang harus diketahui, bahwa CI berbasis kepada MVC, atau Model, View, Controller. 
Berikut adalah penjelasan dari masing-masing bagian MVC,
  1. Model adalah bagian yang bertanggung jawab untuk pengoperasian standar yang berhubungan dengan database, termasuklah didalamnya operasi database yang terkenal CRUD, Create, Read, Update, dan Delete
  2. View, sesuai dengan namanya, bagian ini mengatur semua bagian yang berhubungan dengan tampilan. 
  3. Controller. Bagian ini dapat disebut sebagai Bapak dari Model dan View, terdiri dari banyak fungsi-fungsi yang bersifat operasional dan logikal. Dan juga menangani dan mengontrolnya dua bagian sebelumnya dalam framework, yakni model dan view.
Berukuran sangat kecil, file CodeIgniter berukuran 2 MB, dan sudah termasuk dengan berbagai fungsi dokumentasinya. 
Dan sangat cocok mereka-mereka yang ingin implementasi website yang dibutuhkan atau dibuat dalam waktu yang sangat singkat pula. CodeIgniter pertama kali diciptakan oleh Rick Ellis, namun pada tahun 2014, sekitar 4 tahun yang lalu, Codeigniter sudah dimiliki penuh oleh British Columbia Institute of Technology (BCIT). 
CodeIgniter sendiri sudah mendapatkan pengakuan dari berbagai pihak, bahkan pencipta dari PHP, Rasmus Lerdorf, mengatakan 
Because it is faster, lighter and the least like a framework 
Tanpa berlama-lama lagi, berikut, adalah cara mudah untuk menginstall CodeIgniter. 

1. Langkah pertama adalah download dan install XAMPP. Sesuaikan XAMPP yang akan anda download dengan spesifikasi laptop atau komputer anda, terkadang beberapa XAMPP sering mengalami masalah kompabilitas. 
Lautan telah menyediakan link downloadnya disini <<<

2. Setelah Installasi dari aplikasi XAMPP selesai dilakukan, langkah selanjutnya adalah download file Codeigniter. Anda bisa mendapatkanya gratis di website resminya. 
Untuk percobaan kita menggunakan versi lama, 2.2.0



3. Apabila proses download, extract file download tersebut, berikan nama sesuai yang anda inginkan, letakkan didalam direktori root web server anda >> C:\xampp\htdocs..

4. Jangan lupa untuk menghidupkan layanan Apache dan MySQL pada Web Server XAMPP


5. Buka browser yang anda miliki, seperti Firefox atau Chrome, lalu ketikkan tepat diatas, address url dengan menyertakan localhost dan nama file CI yang telah diubah tadi.  Semisal localhost/toko


6. Sebenarnya langkah installasi CI, telah selesai. Mudah sekali bukan?. 
Ya, pasti mudahlah masa enggak pula, ya kan. Untuk menambah keseruan kita dalam belajar, kali ini kita akan membuat database yang bisa digunakan untuk toko online. 
Tekan tombol Ctrl + T, lalu ketikkan localhost/phpmyadmin


7. Klik pada bagian menu Database, dan isikan nama database yang ingin diinginkan semisal Toko Dede, Toko Ahmad, Toko Budi, dan lain-lain. Klik tombol Create


8.  Sama seperti database pada umumnya, Toko juga memerlukan tabel. Butalah tabel baru dengan sekaligus menentukan jumlah kolom yang akan digunakan. Klik Go


9.  Setelah tombol Go, diklik, kita akan diarahkan untuk mengisi nama data, dan tipe data apa yang nantinya kita akan gunakan. Sebenarnya, langkah ini tidak sulit, terutama bagi anda yang sudah terbiasa menggunakan MySQL, ataupun SQLyog 
Ubah gambar dibawah ini..


Menjadi seperti dibawah ini,,lalu simpan


10. Tabel produk, berhasil dibuat. Klik tabel produk tersebut, beralih menuju fungsi insert. Dan masukan data-data sesuai dengan gambar dibawah ini


11. Tekan Tombol Go. Dan lihatlah pada menu Browse. Tabel telah terisikan dengan 2 baris. (penulis menambahkan 1 baris lagi dengan untuk Kaos ProShop.


12. Langkah ini, butuh perhatian lebih. Tekan tombol Windows logo + E, dan carilah letak folder CodeIgniter yang telah anda extract. 


Masuk kedalam folder application, lalu ubahlah  file php Config menjadi, seperti dibawah ini


Simpan perubahan tersebut. 
Buka kembai folder config, lalu isikan root, untuk database username, dan toko untuk nama databasenya. (Menyesuaikan dengan selera dan konfigurasi yang anda lakukan dari awal)
Simpan.


13. Buka folder config lalu edit file maupun script yang ada didalam autoload.php. tepat pada bagian variabel 

$autoload['libraries'] = array();, ubah menjadi 

$autoload['libraries'] = array('database','session','form_validation'); 

Dan pada variabel 

$autoload['helper'] = array();, ubah menjadi 

$autoload['helper'] = array('url', 'html','form');

14. Beralih pada file config.php, berikan kunci enkripsi, tepat dibagian 

$config['encryption_key'] = ' ';

gunanya jelas untuk keamanan, Anda dapat menggunakan kode yang anda buat sendiri, atau menggunakan referensi dari randomkeygen.com. 
Dan ubahlah kondisi dari awalnya adalah FALSE menjadi TRUE, tepat pada bagian yang bertuliskan $config['sess_use_database'].

Dan $config['sess_table_name'] = 'ci_sessions'; menjadi $config['sess_table_name'] = 'toko_sessions';

(cara pergantian session diatas, menggunakan CodeIgnoter versi 2.1), untuk yang versi terbaru tidak demikian.

15. Selanjutnya, isikan Query dibawah ini tepat didalam database toko, laku klik Go. Anda dapat mengunakan fitur UserGuide


16. Anda telah berhasil melakukan installasi dan membuat database untuk toko online anda.

Thanks for reading & sharing LAUTAN-IT

Previous
« Prev Post

0 Comments:

Post a Comment

Ngiklan? Sini Aja

Ngiklan? Sini Aja
Hubungi Kontak Kami