Pindahin Data Android Ke PC Tanpa Bluetooth dan Kabel Data


Halo Sobat Lautan, kali ini kita akan membahas sedikit yang mudah-mudah bermanfaat untuk kita-kita semuanya. Lautan jamin, trik ini sangat dibutuhkan, apalagi ketika anda dalam keadaan yang genting, seperti hendak mencetak dokumen (plus kejar deadline) yang ada di Android Smartphone anda, ditempat-tempat umum seperti fotocopy-an.



Sebenarnya, kita dapat mengakalinya dengan beberapa trik sederhana. 
Seperti membawa kabel data untuk kemudian digunakan sebagai penyaluran data. Kita juga dapat menggunakan media nirkabel seperti bluetooth. 
Namun, apa yang terjadi bila kita lupa membawa kabel data, dan bluetooth yang belum di install pada komputer umum tersebut. Tentunya, akan sangat merepotkan bila harus balik pulang kerumah dengan kecepatan tinggi, hanya sekedar membawa kabel data.



Kalau bisa apes, terkadang beberapa kabel data dari smartphone tidak kompatibel, dan butuh waktu lama dalam proses I/O. Cara yang kedua yang sering dilakukan oleh orang-orang kebanyakan, adalah dengan menggunakan bluetooth
Nasib, apabila lagi tidak beruntung, beberapa tempat fotocopy tidak menyediakan komputer dengan fitur bluetooth-nya, so, masa sih kita harus install driver bluetooth dulu. Diperparah, ada tidak membawa flashdrive OTG, Card Reader, atau yang sejenisnya.
Bingung kan harus ngapain ?



Hal-hal menguji kesabaran diatas, dapat dihindari dengan trik sederhana, menggunakan aplikasi android, bernama FTP Server, sebelum membahas tentang cara penggunaan, ada baiknya kita mengulas sedikit tentang aplikasi ini.



Aplikasi dapat memungkinkan anda untuk proses Read/Write folder apa saja, termasuk SD Card, dan anda juga dapat memback up foto-foto ganteng anda kedalam PC hanya dalam sekejap. Memiliki banyak fitur yang berguna dan bermanfaat, diantaranya support network interface, termasuklah didalamnya WiFi, Ethernet, Mobile Network, USB. 
Langsung berikut ini adalah langkah-langkah penggunaan ;

1. Install terlebih dahulu aplikasi anda. So, pasti lah ya, langkah ini tidak boleh terlewatkan.
2. Buka aplikasi tersebut. FTP Server, memiliki tampilan yang minimalis, layak aplikasi VPN, hanya menyediakan tombol on dan off.



3. Tekan tombol merah tersebut, dan seketika tombol akan berubah menjadi warna hijau. Dengan langsung memberikan keterangan dengan IP address dari FTP-Server.



4. Setelah itu, beralih menuju, komputer anda, dengan mengetikkan logo windows + E, dan ketikkan alamat ip tersebut lengkap di network.



5. Enter, dan taraa, anda dapat menemukan file yang ingin anda cetak.



Perlu diketahui sebelumnya, Lautan melakukan percobaan ini di Laptop pribadi, dan dengan menggunakan sambungan internet yang sama, artinya Hotspot
Cara ini juga bisa diterapkan ditempat-tempat umum, dengan syarat komputer memiliki WiFi adapter untuk menangkap sinyal WiFi yang ada

Post a Comment

0 Comments