Subscribe
for our all latest news and updates



Home » » IGTV Bisakah Di Pasang Adsense ? Lihat Peta Kompetisinya Dengan Youtube

IGTV Bisakah Di Pasang Adsense ? Lihat Peta Kompetisinya Dengan Youtube


Halo Sobat Lautan, semoga sehat selalu ya :)
Kali ini, kita akan membahas aplikasi yang mungkin sudah akrab dengan kehidupan kita serta sudah diakusisi langsung oleh Mark Zuckerberg.
Lebih tepatnya di akusisi Facebook, bukan WhatsApp, tetapi Instagram.

Masih hangat, baru-baru ini instagram mencoba mengeluarkan fitur terbaru mereka dengan nama IGTV. Sebenarnya, ini seperti nonton Tv dari Instagram. Ya, begitulah bila kita mencari-cari arti mudahnya. Tetapi yang jelas, fitur IGTV adalah sebuah platform baru, yang dapat digunakan untuk menonton Tv dengan format vertikal berdurasi panjang. 

Lalu apa respon khalayak umum tentang IGTV ini. ?

Dengan sekejap hastag IGTV menjadi trending topic di twitter, baik itu di Indonesia maupun luar negeri. Dan rata-rata dari netizen memberikan pujian dengan hadirnya fitur terbaru dari instagram tersebut. Tak terkecuali dengan mantan pesepakbola professional terkenal, dari Mang Ujang United, Rio Ferdinand. 
Bahkan, juga klub dengan sarat akan sejarah kegemilangan inggris di Eropa di masa lalu telah mengunggah video perdana dengan IGTV dan diumumkan melalui akun twitter resmi Liverpool




Namun, kehadiran dari IGTV ini, memberikan kekhawatiran tersendiri bagi Youtube. Sebuah platform yang memang diperuntukkan untuk berbagi video. 
Sehari setelah dirilisnya fitur IGTV, Youtube langsung merilis 3 fitur terbaru mereka untuk bersaing dengan IGTV. 3 fitur dari youtube tersebut adalah ;

1. Memungkinkan Youtuber untuk menjual merchandise, 
2. Keanggotaan yang berbayar, dan 
3. Premieres

Di yakini oleh Youtube, ..
Ketiga fitur baru tersebut dapat membantu pendapatan Youtuber, selain dari iklan. Ini juga menjadi langkah untuk menghapuskan stigma bahwa Youtuber hanya bisa mengandalkan iklan sebagai pendapatan utamanya. 
Ini juga menjadi strategi Youtube, memelihara konten kreator mereka, mengingat mereka sempat dikecam oleh banyak Youtuber, terkhusus dari pemula, dengan sebutan "Mencekik Kreator". Sebabnya, tidak lain adalah peraturan terbaru tentang monetize Youtube diawal Januari tahun ini.


Bila Youtube memancangkan nama Adsense sebagai sistem monetize mereka, maka IGTV masih dalam tahap perkembangan menuju monetisasi video. 
Diungkapkan langsung dari CEO Kevin Systrom, 
bahwa hal itu bisa saja terjadi seiring perkembangan daripada IGTV.
Pernyataan itu seolah-olah diperkuat lagi dengan datangnya keterangan dari Ashley Yuki, Instagram Product Manager.
Kami tidak memulai dari sana (monetisasi video). Karena kami hanya ingin memberikan pengguna sebuah pengalaman baru yang menarik.
Sangat disayangkan, bila sistem itu ada, pastinya banyak konten kreator dari Youtube yang berpindah haluan menuju IGTV. Tetapi, seolah mengerti dengan kebutuhan konten kreator, IGTV dapat digunakan sebagai sarana video bersponsor. 
Dilansir dari Engadget, Elly Awesome, Youtuber ini mengatakan bahwa tidak masalah IGTV belum menyediakan monetisasi video, justru IGTV bisa dijadikan sarana product placement dalam video, termasuk review produk berbayar.  
Dia melihat IGTV mampu melakukan apa yang pernah dilakukan oleh Vine dulu lakukan. Masih ingat dengan Vine ?


Ketahuilah, IGTV memiliki karakteristik tersendiri, yakni ;
  1. Bisa dipakai langsung, dengan menekan tombol simbol baru, disamping Direct Message
  2. Bisa diakses dengan 2 cara, yang pertama dengan tekan tombol pada aplikasi instagram langsung, dan yang kedua dengan download aplikasi IGTV terpisah
  3. IGTV dapat digunakan sampai satu jam
  4. Memungkinkan pergantian channel, dan memungkinkan untuk kirim komentar
  5. Memungkinkan anda untuk jadi Video Creator.

Thanks for reading & sharing LAUTAN-IT

Previous
« Prev Post

2 Comments:

  1. info yang bermanfaat gan, pantas saya melihat youtuber reza arap jg pindah juga ke igtv dan jarang upload di youtube. :) .. nice artikel..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwwk :v.. Iya gan,Lautan rasa jika IGTV sudah ada sistem monetisasi, bakal kalah youtube. Terima kasih telah berkunjung ;)

      Delete

ISA Hacktiv8

ISA Hacktiv8
Selengkapnya Disini