Ketahui Perbedaan Jurusan Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, dan Teknik Komputer - Lengkap


Halo Sobat Lautan, semoga sehat selalu ya.
Kali ini, kita akan membahas hal yang sering banget ditanyakan oleh lulusan SMA/MA/SMK atau yang sederajat, Masalah seputar perbedaan daripada jurusan komputer. 
Seperti kita ketahui bersama, ada banyak sekali jurusan yang bertemakan komputer, sebut saja prodi Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Teknik Komputer, Teknologi Informasi, dan lain-lain. Jujur saja, Lautan sendiri adalah anak SI, singkatan keren daripada Sistem Informasi. 

Tidak hanya mereka yang baru lulus dari SMA/Sederajat, hal ini sering juga ditanyakan oleh banyak mahasiswa, yang bisa dibilang "Masuk Dulu, Baru Pahami Jurusannya". 
Salah total, karena kalau ini menjadi pegangan, anda bisa saja menganggu orang lain yang sudah memiliki rencana matang dalam jurusan atau prodi tersebut. 

Tapi, jika sudah terlanjur karena berbagai alasan ? Maka lakukan saja yang terbaik.

Terinspirasi dari catatan bang Andre Pratama dalam blognya, ia menuliskan bahwa Ilmu Komputer dan Teknik Informatika, adalah 2 hal yang sama, namun hanya berbeda dalam sisi penamaan saja. "Ilmu Komputer" berasal dari kata "Computer Science", dan banyak digunakan untuk jurusan yang ada di Amerika. 
Sedangkan di Universitas Eropa, dinamakan "informatics" , lalu diadopsi kedalam negeri, hingga menjadi Teknik Informatika. Untuk urusan letak fakultas, biasanya Ilmu komputer ada pada Fakultas MIPA (Matermatika dan Ilmu Pengetahuan Alam), sedangkan teknik informatika berada dibawah naungan fakultas teknik.

Harvard University. America
Sorbonne University, France
Terkait gelar sarjana yang diberikan, sebenar kembali pada keputusan masing-masing Universitas. Untuk sarjana komputer, biasanya akan mendapatkan titel "S.Kom" sedangkan sarjana TI akan mendapatkan titel "S.T". Namun, ada beberapa daripada sarjana Komputer, mendapatka gelar berbeda seperti "S.Si", dan beberapa dari sarjana TI, bisa mendapatkan gelar "S.Kom". Sekali lagi, tergantung kebijkaan daripada kampus yang anda bernaung didalamnya. Dua jurusan inilah yang dapat disebut sebagai induk daripada jurusan-jurusan komputer yang lahir setelahnya, seperti sistem maupun teknik komputer. 

Berikut adalah perbedaan keempat jurusan tersebut.

1. Ilmu Komputer, lebih mengarah kearah sains, dan hampir setiap pembahasannya selalu mengarah kepada sistem algoritma, konsep dari sebuah aplikasi, teori jaringan komputer, teori komputer, teori sistem operasi komputer dan lain-lain. Tidak hanya soal teori, ilmu komputer juga akan membahas seputar praktek dengan berbagai bahasa pemrograman 

2. Teknik informatika, mahasiswa jurusan TI akan akrab dengan yang namanya praktikum atau implementasi daripada teori. 
Tetapi, perlu diingat baik-baik oleh anda, bahwa bagian dari teori jurusan ilmu komputer juga akan dibahas dalam jurusan ini.

3. Sistem Informasi. Nah, ini nih jurusan Lautan. Ilmu yang menggabungkan implementasi teknologi komputer, layaknya aplikasi mobile dan website, untuk dapat bersinergi dalam kebutuhan bisnis dan manajemen. 
Didalam SI, juga akan dipelajari berbagai macam bahasa pemrograman, sistem database, dan flowchart sistem manajemen. Teori-teori bisnis IT juga asupan didalam SI

4. Teknik Komputer, mungkin namanya sedikit asing. Agak mirip dengan Sistem Komputer, atau teknik eletkro. 
Bahkan dapat dikatakan mirip dengan kegiatannya anak-anak jurusan Eletronik Industri, atau Elin. Jurusan Teknik Komputer memiliki bahasan tersendiri, seperti membahas seputar permasalahan daripada pengunaan programming hardware yang mengarah langsung pada penggunaan mesin penggerak, microcontroller, chip, dan juga prosessor komputer

APA YANG AKAN ANDA LAKUKAN SETELAH LULUS IT NANTI ?

Post a Comment

0 Comments