Subscribe
for our all latest news and updates



Home » » Pengertian Database, DBMS, Jenis, Beserta Contohnya Lengkap

Pengertian Database, DBMS, Jenis, Beserta Contohnya Lengkap


Halo Sobat Lautan semoga sehat selalu ya :).
Kali ini, kita akan membahas tentang database. Ya, pelajaran mengenai database sangatlah akrab untuk semua bidang ilmu, termasuk juga pendidikan, meskipun, mungkin hanya akan mempelajari tentang statistika atau metode pengambilan data.
Apalagi dengan hal-hal yang berbau matematika dan teknologi, sepertinya halnya kuliah di prodi Teknik Informatika, Sistem Informasi, Ilkom, dan lain yang sejenis.

Sebenarnya Apasih itu Database itu?
Nah, kita akan membahasnya lengkap disini.

Database adalah sistem yang tak bisa lepas dari kehidupan kita sehari-hari. 
Sering digunakan untuk sistem pembayaran yang ada di Supermarket, pembayaran dengan kartu kredit, pesan tiket pesawat dari agen travel, perpustakaan lokal, insuransi, pengunaan daripada internet, peminjaman video, universitas, dan banyak laiinya.  

Bahkan Pesawat Tak Lepas Dari Database
Database adalah sistem yang memuat berbagai macam data dalam jumlah besar yang telah disusun secara terstruktur, sehingga akan memudahkan proses pengembalian data. Pada umumnya, database mempunyai pendekatan berbasis file, atau sering juga disebut dengan file based system
Sebuah koleksi dari aplikasi-aplikasi program yang menyediakan layanan end-user seperti laporan produksi, dan setiap programnya mendefinisikan dan memanajerial kan datanya sendiri. Namun, dalam pelaksanaannya, database dengan menggunakan file based system, memiliki beberapa batasan, diantaranya

  • Separasi dan isolasi data
  • Rentan dupilikasi data
  • Data dependent
  • Format yang tidak mendukung
  • Query yang masih perlu diperbaiki
Definisi terakhir dari terminologi database adalah hubungan logikal, artinya ketika ingin mendefenisikan keperluan daripada sebuah organisasi, maka kita perlu mengidentifikasi entitas, atribut, dan relationship yang ada. Apakah maksud dari ketiganya ?

  • Entitas adalah gambaran atau objek yang berbeda, dan memiliki ciri khas tersendiri
  • Atribut adalah properti yang dimiliki dan menjelaskan beberapa aspek tentang objek atau entitas
  • Relationship, hubungan antara entitas
Dalam database, kita akan sering menemukan pertanyaan untuk menentukan mana yang entitas, atribut, dan hubungan antara entitas.Tidak mudah, namun bukan berarti susah.
Kita bisa atau dapat memahaminya dengan mudah, dengan bantuan diagram ER ( Entitas Relationshipdibawah ini.

Thomas Connoly > Carolyn Begg Database System A Pratical Approach to Design Implementation, and Management
  • Entitas : Branch, Staff, PropertyForRent, Client, PrivateOwner, dan Lease
  • Atribut :  Dari setiap entitas : branchNo, staffNo, propertyNo, clientNo, ownerNo, dan leaseNo
  • Relationship : Has, Offers, Overseas, Views, Owns, LeasedBy, dan Holds
Membahas tentang database, tidak akan ada habisnya. Masih banyak hal yang harus kita pelajari, seperti penentuan primary key, alternate key, foreign key dan lain-lain. 
Bahkan untuk pembahasan mengenai relationship bisa menghabiskan sekitar 1 semester perkuliahan di kampus (meskipun tiap kampus berbeda). Kita akan lanjut pada bahasan yang kedua, yakni DBMS

DBMS, kependekkan daripada Database Management System, sebuah sistem yang mampu berfungsi untuk menghubungkan antara pengguna agar dapat dengan kemampuan mendefenisikan, membuat, memperbaiki, serta mengontrol akses dari database.
Implementasi dari DBMS sangat lekat akan 2 hal, yakni DDL dan DML


DDL, Data Definition Language, mengizinkan pengguna untuk spesifikasi tipe data, struktur, dan data konstrain yang terdapat didalam data yang telah tersimpan didalam database. Sedangkan, DML, Data Manipulation Language, sebuah sistem yang dapat memungkinkan anda untuk insert, update, delete, dan retrieve data didalam database dengan bahasa tertentu. Bahasa tertentu itu disebut dengan Query Language
Perintah yang paling populer dalam Query Language adalah SQL, kependekkan dari Structured Query Language
DML memungkinkan pengguna untuk menciptakan beberapa sistem yang mendukung keberhasilan akses database, contoh seperti ; keamanan, integritas. sistem kontrol terkini, aksebilitas katalog.

DML memiliki lima komponen yang musti anda ketahui baik, yakni hardware, software, data, procedure, dan people. 

Hardware

Hardware dapat didefenisikan layaknya PC, mainframe, atau kumpulan jaringan komputer
DBMS umumnya membutuhkan spesifikasi minimal dari memori utama dan os, agar dapat berjalan dengan baik

Software

Bagian dari DBMS, dan umumnya dituliskan dalam bahasa pemrograman generasi ketiga (3GL), seperti C, C++, Java, Visual Basic, Cobol, Fortran, Ada, ataupun Pascal.

Data

Bagian dari penting daripada DBMS. Mudahnya, bila data kosong, apa yang akan dikelola?
Selain itu, data adalah jembatan antara komponen mesin dan manusia.  
Database terbuat dari pasangan data operasional dan meta data

Procedures

Instruksi dan peraturan untuk menuliskan desain dan penggunaan daripada database. Contoh prosedur seperti dibawah ini ;

  • Masuk kedalam sistem DBMS
  • Mengunakan bagian DBMS
  • Mulai dan Berhenti dengan DBMS
  • Membuat Salinan BackUp dari database
  • Mengendalikan kegagalan hardware dan software
  • Merubah struktur tabel, dan lainnya
People

Bagaimana data akan dikelola bila yang mengatur dan merawat sistemnya saja tidak ada ?

Terakhir adalah Contoh-Contoh Dari Database

MySQL Database


Basis data yang paling banyak digunakan hingga saat ini, dan banyak digunakan untuk keperluan aplikasi berbasis web, seperti website dinamis dan e-commerce. 
Disponsori oleh perusahaan asal Swedia, MySQL untuk sebagai opsi pengelolaan data yang effisien, terpercaya dan handal. Implementasi dari MySQL, sering dipadukan dengan bahasa pemrograman PHP, dan merupakan salah satu komponen penting dari web service solution stack LAMP (Linux, Apache, MySQL, and PHP),
Sistem pengembangan terbuka, dimana Linux berperan sebagai sistem operasi, Apache sebagai Web Server, MySQL sebagai database dan PHP sebagai bahasa skrip.

Oracle Database


Dimiliki oleh Oracle Corporation, menyediakan berbagai tools yang kompatibel untuk perusahaan berskala kecil, menengah hingga besar. Dimulai pada tahun 1977, dan dikembangkan oleh SDL (Software Development Laboratories), oleh Larry Ellison dan dua temannya, Bob Miner dan Ed Oates. 
Nama Oracle sendiri di ambil dari nama kode dari sebuah proyek yang didanai oleh CIA ketika Larry bekerja dipekerjaan sebelumnya di Ampex

Microsoft SQL Server Database


Ya, dibuat oleh Microsoft, Microsoft SQL Server Database adalah basis data relasional yang bersifat komersil, dan peruntukkan untuk pengelolaan database untuk kelas perusahaan dan juga alat intelijen bisnis terpadu (integrated business intelligence (BII) tools). 
Awal mula sejarah Microsoft SQL Server dimulai ketika perusahaan Microsoft dan Sybase mengembangkan Sybase SQL Server untuk berkompetisi dengan database ciptaan IBM dan Oracle. Tahun 1989, Sybase SQL Server kemudian menjadi hak miliki dari Microsoft, lalu dimodifikasi dan diberi dengan nama yang berbeda hingga sekarang.

MariaDB Database


Dapatkan dikatakan sebagai fork dari MySQL oleh Michael Widenius dan semua kode daripada MariaDB, dirilis dibawah lisensi GPL, LGPL, atau BSD. Kepopuleran dari database ini, juga tidak lepas dari "bantuan" akusisi penggunaan Red Hat Enterprise Linux  (RHEL), dan juga Fedora untuk versi Fedora19

Thanks for reading & sharing LAUTAN-IT

Previous
« Prev Post

0 Comments:

Post a Comment

Ngiklan? Sini Aja

Ngiklan? Sini Aja
Hubungi Kontak Kami