Subscribe
for our all latest news and updates



Home » » Rangking StartUp Di Indonesia, 5 Besar Dominasi Market Place

Rangking StartUp Di Indonesia, 5 Besar Dominasi Market Place


Halo Sobat Lautan, semoga sehat selalu ya. Kali ini kita akan membahas tentang rangking StartUp di Indonesia. Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, ada sekitar 4 StartUp dari Indonesia, yang sudah mendapatkan predikat sebagai Unicorn, perusahaan yang memiliki nilai valuasi lebih dari 1 milliar US dollar.

Namun dilansir dari Startupranking.com, 2 dari perusahaan Unicorn tersebut, tidak berada didalam rentang rangking 10 besar. GoJek menempati peringkat 15 StartUp terbaik di Indonesia dan yang lebih mengejutkan TokoPedia, tidak berada diurutan 100 besar dari rangking StartUp terbaik di Indonesia.
Untuk urutan lima besar, didominasi oleh perusahaan besar MarketPlace, BukaLapak, BlibiZalora Indonesia, Blanja.com
Menarik, BukaLapak berhasil mengalahkan StartUp seperti Traveloka, yang sudah menjadi sponsor utama Liga GoJekTraveloka, dengan SR Score yang stabil diangka 88.004.


Souce : Alexa.com
Dari situs yang sama pula menunjukkan bahwa, BukaLapak, asuhan dari Ahmad Zacky ini, berhasil menempati peringkat 44 dunia, naik 129 peringkat dari sebelumnya 173 dan peringkat pertama di Indonesia,(penilaian Alexa)
Tidak hanya itu, BukaLapak juga memiliki fans MedSos yang membludak. Dari Sosial Media Facebook misalnya, BukaLapak memiliki 2.187.162 fans, dan 135,514 follower di twitter. Sebenarnya, jumlah ini masih kalah jauh dari peringkat StartUp nomor kedua terbaik di Indonesia, Blibli, dengan jumlah fans di Facebook yang mencapai 7.696.339 dan 474.810 follower di twitter


Source : startupranking.com
Lantas apa yang menjadikan BukaLapak, menjadi nomor 1 di Indonesia,? 

Tentu saja, faktor jumlah fans, follower, bukanlah satu-satunya indikasi yang dapat dijadikan sebagai penilaian utama dari suatu StartUp, peringkat website serta Startegi Marketing yang baik juga dapat menentukan peringkat StartUp dalam industri perusahaan besar.
Anda dapat membaca lebih lanjut mengenai BukaLapak pada artikel kami sebelumnya, yakni Perkawinan Sukses PSI dengan SBTI dan juga The History Of BukaLapak.

Tidak mau kalah dengan suami tercinta, HijUp yang dimiliki oleh Diajeng Lestari. berhasil menempati peringkat 65 Start Up terbaik di Indonesia. HijUp adalah e-commerce fashion islam pertama didunia yang didirikan pada tahun 2011. 
Dan semenjak didirikan, HijUp berhasil menjadi penghubung  antara agen desainer dan calon pembeli di seluruh dunia dengan baik, dan mampu meningkatkan keuntungan daripada desainer menjadi lebih effisien

Berikut ini adalah peringkat 1 sampai 5, dari StartUp terbaik di Indonesia.



Menilik lebih jauh tentang peringkat StartUp di negara ini, peringkat 6 sampai dengan 10, tidak ada dominasi StartUp dari jenis MarketPlace, StartUp yang muncul lebih beragam. Peringkat ke-6 misalnya, ada BolaLob. 

Ya, pastinya sudah akrab ditelinga para pecinta sepakbola. BolaLob adalah sebuh media komunitas yang membahas secara tuntas semua yang berhubungan dengan futsal, dan menyediakan beberapa informasi penting seputar sepak bola luar negeri, seperi LIga Spanyol, Liga Inggris, dan Liga Italia. 
Ditangani oleh Audry Sianturi sebagai Community Manager dan Gabriel Angryanto sebagai Content Manager, BolaLob menjelma menjadi portal berita sepak bola yang paling banyak di kunjungin, mengalahkan Panditfootball.


Souce : Alexa.com
Data jumpa fans di MedSos, menunjukkan BolaLob memiliki sekitar setidaknya 4.355,155 fans Facebook dan 100.447 Follower di twitter. Berikut ini adalah nilai SR dari BolaLob



Pesaing lain yang memiliki "niche" yang sama, sebut saja seperti, Gilabola.com, mampu dan berhasil menempati peringkat 11, dengan jumlah fans Facebook mencapai 1.225.399 dan follower twitter, sekitar 9.949. 
Yang mungkin menjadi pertanyaan besar bagi mereka para pecinta sepakbola, olahraga laki ini, peringkat berapakah Panditfootball ?. 



Untuk peringkat 7-10, ditempati oleh mereka-mereka, yaitu EleveniaAlodokter.com, Zenius Education, dan Mojok.co. Mungkin anda sudah mengenal Elevenia, Alodokter.com, Zenius Education, bahkan pernah menggunakan layanan mereka. Namun Mojok,co ?

Nama yang unik ini, sekarang menjadi primadona bagi kaula muda mencari bahan bacaan yang segar, fresh, ringan, namun tetap bermutu. penggambaran web dari Mojok.co pun secara tidak telah menggambarkan, bahwa Mojok.co adalah media yang santai namun tetap bermutu, dan tetap enak dibaca. Lihat saja dibagian tittle bar dari website Mojok.co,
" Sedikit Nakal Banyak Akal"



Mojok.co adalah media selow yang mewadahi tulisan para penulis yang punya energi serta kreativitas berlebih. Sebuah alternatif dengan konten segar dan menghibur. Menyediakan sekitar 5-6 artikel perhari, dengan 19 rubrik yang terdiri dari Esai, Kilas, Movi, Mop, Curhat, Cipox, Infus, Status, Versus, Pojokan, Otomojok, Konter, List, Gimana, Nafkah, Balbalan Tangkas, Rerasan, dan Liputan.

Berikut adalah daftar lengkap peringkat StartUp, dari 1-10


Berbicara tentang StartUp, tidak lengkap rasanya bila tidak membahas StartUp yang akrab dengan anak kost. Berada di peringkat 49, bertengger MamiKos, aplikasi yang akrab untuk mereka calon anak kost. 
Dengan aplikasi ini, kita dapat mencari informasi kost-kost-an di wilayah Jogja, Jakarta, Depok, Surabaya dan berbagai kota besar lainnya, MamiKos, tampil dengan fitur-fitur yang memudahkan penggunanya.

  1. Sajian Maps dengan info yang lebih detail, pengunjung bisa memilih dan berkunjung pada peta yang disertai dengan patokan harganya masing-masing. 
  2. Terdapat fitur Kampus, memudahkan pengguna untuk mencari kost yang dekat dengan kampus tertentu
  3. Fitur Area, memudahkan pengguna untuk bisa langsung memiliki area tempat tinggal mereka
  4. Dan masih banyak lagi,




Dari kota sendiri, Yogjakarta, terdapat nama Jogjastreamers


Salah satu dari situs penyedia jasa multimedia live streaming untuk stasiun-stasiun di Kota Yogyakarta dan sekitarnya. Jogjastreamers sendiri didriikan pada tahun 2007 sebagai salah satu divisi dari Internet Service Provider dari PT.Jembatan Citra Nusantara. 
StartUp asli dari kota Istimewa ini, berhasil menempati peringkat 92 Start Up terbaik, dengan SR Score mencapai 65.064.

Tertarik untuk bikin StartUp, Coba ikuti Lomba bikin StartUp disini >> Let's Join To NextDev 2018, yang menang bisa pergi jalan ke Silicon Valley lo.

Thanks for reading & sharing LAUTAN-IT

Previous
« Prev Post

0 Comments:

Post a Comment

Ngiklan? Sini Aja

Ngiklan? Sini Aja
Hubungi Kontak Kami