Subscribe
for our all latest news and updates



Home » » Ini Sejarah Smartphone Hingga "Smartphone For Stupid People" Muncul

Ini Sejarah Smartphone Hingga "Smartphone For Stupid People" Muncul


Halo Sobat Lautan, semoga sehat selalu. 
Apalagi untuk kamu. Iya kamu ;D

Kali ini, kita akan membahas tentang smartphone pertama kali didunia. 
Seperti yang kita ketahui sebelumnya, John Cooper adalah Bapak Ponsel DiDunia. Namun apakah ponsel sama dengan smartphone? Pastinya berbeda jauh ya, Bila ponsel pertama kali didunia bebentuk seperti batu bata, dan lumayan bila dilemparkan ke mantan, maka tidak dengan Smartphone. IBM adalah pemeran utama dalam terciptanya, teknologi ponsel pintar ini. 

IBM memberikan nama unik pada produk keluaran tahun 1992 tersebut dengan nama Simon. Bukan Salmon. Mulai dipasarkan pada tahun 1993, dengan beberapa fitur yang terbilang canggih saat itu. Faks, Jam Dunia, Kalender, Surel, Buku Telepon. Bentuknya sendiri sangat unik. Handphone bisa diibelah :v. Jadi, seperti terasa memiliki 2 handphone dalam 1 genggaman.


Merk dari SIMON ini menginspirasi banyak produsen smartphone saat itu. 
Tak terkecuali perusahaan Smartphone terkenal asal finlandia, Nokia. Ya, Meskipun saat ini nama Nokia tengah tenggelam pasca OS Symbian yang tidak lagi diproduksi, dan kegagalan dengan sistem Windows pada produk Lumia mereka. 

Baru-baru ini mereka mencoba bangkit dengan produk Nokia 2, Nokia 6, dengan platform OS baru, Android, ciptaannya Andy Rubin

Produk smartphone Nokia pertama diberi nama Nokia 9000. Agak mirip dengan PDA (Personal Digital Asisstant). Setelahnya muncul lagi Nokia 9210, dengan dilengkapi fitur komunikator dilengkapi WiFI dan kamera . Tak mau kalah, nama Ericsson juga ikut melejit dengan produknya Ericsson R280.

Lalu bagaimana dengan fakta, bahwa Smartphone itu pastI OSnya Android


Ya, untuk hal ini, mungkin Xiaomi, Vivo bisa berbangga . 
Smartphone Android pertama didunia berasal dari negara yang tak jauh dari mereka perusahaan asal Taiwan, HTC, bekerja sama langsung dengan Google. 
Nama produknya sendiri adalah HTC Dream, dan resmi diluncurkan pada tahun 2008. HTC Dream tampil dengan desain yang keren, keyboard QWERTY, dan dilengkapi dengan trackpad. Layar berukuran 3.2 inch dengan resolusi 320 x 480 pixel, chipset Qualcomm MSM720A, kecepatan prosesor berkecepatan 528 MHz, RAM sebesar 192 MB, serta kamera dengan resolusi 3.2 MP. Ruang penyimpanannya sendiri sebesar 256 MB dan daya baterai 1150 mAh. Sangat-sangat canggih bukan.

Sama halnya seperrti Smartphone, tempat ia bernaung, Android, bahkan kini terus melejit dengan berbagai versinya, mulai dari Android Astro, hingga sekarang Android P. Ya, Diketahui, bahwa Andy Rubin suka makannnya. Logo dari SOny dan namanya selalu identik dengan makanan. Faktor terbesar suksesmya Android, karena diakusisi langsung oleh Google

Sumber : Ufitech.com
Untuk yang terakhir P, berari Pai. Anda jadi lapar ? Kalau Lautan haus :D

Tidak lengkap rasanya, bila berbicara Blackberry, identik dengan BBM. Dibuat pada tahun 2002 dan diberi nama Blackberry 850. Inovasi terbentuk Blackberry ini mendorong produsen asal Amerika untuk mengeluarkan Handspirng. Smartphone berbasis Vior PDA dan juga jaringan GSM. Pada masa tahun 2000an sebelum tahun 2014. Nokia menjadi produk smartphone paling laris. Tahun 2005 misalnya, Nokia mengeluarkan telepon seluler untuk seri N dengan jaringan 3G. Tahun 2007, keluar sebagai pesaing, Apple dengan iPhone.

Anda bertanya-tanya ? aplikasi apa saja sih yang ada di HTC-Dream ? 




Ya, mungkin saat itu masih banyak orang-orang yang memiliki orientasi bermutu dalam hidupnya, sehingga tidak sempat untuk membuat aplikasi Tik Tok, Musically dan sejenisnya :D. 

Aplikasi yang ada pada HTC Dream saat itu, hanyalah Gmail, Google Maps, Search, Google Talk, Youtube dan beberapa aplikasi default biasa macam kalender, kontak, alarm

Untuk sekarang, mungkin kita sedang mengalami "invasi" dari produk-produk bangsa sesama kulit putih, China, Taiwan, Tiongkok. 
Tapi Lautan rasa pemeran utama dalam smartphone diera kita, sepertinya masih Samsung dan iPhone.

Thanks for reading & sharing LAUTAN-IT

Previous
« Prev Post

0 Comments:

Post a Comment

ISA Hacktiv8

ISA Hacktiv8
Selengkapnya Disini