Subscribe
for our all latest news and updates



Home » » Tips dan Trik Agar Windows 10 Anda Benar-Benar Optimal

Tips dan Trik Agar Windows 10 Anda Benar-Benar Optimal


Halo Sobat Lautan, semoga sehat selalu ya. 
Kali ini Lautan akan berbagi berbagai macam tips yang bisa kamu gunakan demi untuk mempercepat kinerja ataupun optimasi pada sistem operasi Windows 10 anda. 
Dan tentunya anda tak perlu lagi kesal dengan Windows anda. 

Ya, seperti yang kita ketahui bersama, Windows 10 adalah produk terakhir Microsoft, dan tidak akan lagi mengalami versi yang lain.Apabila ada yang mengatakan Windows 11, maka kemungkinan besar itu mustahil, kecuali ada pemberitahuan dari produsennya langsung. 
Windows 10 akan selalu di update, berbeda dengan versi windows-windows sebelumnya,  yang memang sekarang minim di update. Bahkan beberapa produk windows sudah resmi dibuang, Seperti Windows Vista. 

Ya, langsung saja ya, berikut ini adalah tips-tips optimasi Windows 10. 

Gunakan Battery Saver, Maksimal Durasi Kerja Anda

Caranya cukup mudah. Anda bisa mengaksesnya dengan tekan tombol secara bersamaan Logo Windows + I, pilih tepat pada bagian System, beralih pada Battery Saver, dan terakhir menuju Battery Saver Setting. 



Aktifkan fitur saver, dengan mengeser bagian bulat kotak kecil menjadi On. Anda juga bisa, mengatur dipersentase berapakah battery anda dikatakan lemah. 
Ya, perbedaannnya, dapat dilihat dari berapa lama battery bertahan, dan layar yang sedikit meredup.

Hack Waktu Booting Windows Anda

Pada dasarnya, anda tidak benar-benar meng-hack, hanya saja melakukan sedikit manipulasi pada peraturan default yang dimiliki oleh sistem Windows 10 anda. 
Perlu diketahui, semenjak Windows 10 dirilis, masih ada beberapa fitur dari sistem operasi sebelumnya, sebut saja Windows 8 dengan fiturnya mempercepat waktu booting windows. Caranya cukup mudah, tekan tombol shorcut kombinasi logo windows + R, lalu ketiikan regedit. Perintah ini sendiri bertujuan untuk beralih pada jendela Registry.


Lalu akses beberapa buka alamat registry, seperti dibawah ini;
HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Serialize

Apa jadinya bila anda tidak menemukannya ?. 
Buat key dengan cara klik kanan, dan beri nama Serialize. Tepat didalam key tersebut, buat DWORD Value, dengan cara klik kanan dan berikan nama StartupDelayInMySec. Berikan nilai 0 untuk valuenya. Perhatikan baik-baik gambar dibawah ini ya.





Re-Set Windows 10

Nah, ini pada langkah ini, disarankan bagi anda untuk melakukan back-up data terlebih dahulu. Re-set Windows 10, akan menjadikan laptop anda seperti rasa baru diinstall, artinya aplikasi atau program yang sudah kamu install akan terhapus. 
Re-Set Windows 10, banyak dilakukan para teknisi, apalagi ketika baru menginstall laptop, karena biasanya terdapat berbagai aplikasi yang sebenarnya tidak diperlukan, namun terinstall.



Caranya cukup mudah, cukup akses dengan perintah diawal, yakni Logo Windows + I, lalu pilih Update & Security. Pilih saja bagian Reset This Pc, karena jelas, kita akan mereset PC. Disana, akan disuguhkan berbagai macam interface ketika akan menginstall windows dan juga berbagai jenis bahasa yang digunakan untuk mengatur keyboard anda. 
Tunggu beberapa saat, PC akan melakukan proses reset

Ubah MenuShowDelay

MenuShowDelay memiliki nilai default 400mildetik. Kita dapat merubah kecepatanya dengan nilai yang lebih rendah lagi. Tunggu sebentar, sepertinya kalian bertanya-tanya, apasih itu MenuShowDelay. MenuShowDelay adalah durasi animasi menu yang terdapat pada Windows. Kita dapat mengaksesnya dengan alamat;


HKEY_CURRENT_USER\CONTROL Panel\Desktop



Aktifkan Disk Write Caching Windows 10

Apa itu Disk Write Caching. DWC adalah sebuah fitur untuk memanfaatkan RAM sebagai media cache atau penyimpanan sementara, sebelum akhirnya menuju disk, dan tentu saja berdampak pada kinerja windows 10, terutama pada performa hardisk yang anda miliki. Caranya cukup mudah, akses device manager. 
Anda bisa mengaksesnya dengan klik kanan, tepat di This PC setelah menekan tombol logo Windows + E. Lalu sisanya, ikuti alur gambar dibawah ini.



Ubah System Properties Advanced

Caranya cukup mudah. Akses dengan tekan tombol secara bersaman, Logo Windows + R, lalu ketikkan didalam kotak tersebut, SystemPropertiesAdvanced. 
Beralih pada tab Advanced, pilih setting bagian Performance, dan pilih Adjust for best performance.


Semoga bermanfaat untuk kita-kita ya :). Salam hangat buat kamu, dari Lautan

Thanks for reading & sharing LAUTAN-IT

Previous
« Prev Post

2 Comments:

  1. Boleh dicoba. Biar lebih wushwush lagi performance laptopnya. Thanks infonya.

    ReplyDelete

ISA Hacktiv8

ISA Hacktiv8
Selengkapnya Disini