Lulusan TKJ Mau Kemana? Ini Dia Jawabannya


Halo Sobat Lautan, semoga sehat selalu ya.
Kali ini, kita akan membahas, pertanyaan yang sering diajukan oleh anak TKJ, khususnya yang berada pada kelas 3 SMK. "Habis Lulus Ini, Aku Mau Kemana ?".

Sekarang, mari kita persempit area jawaban ini kedalam 2 hal, yakni Kuliah atau Kerja.
Ketahuilah, jurusan TKJ, sangat fleksibel. Untuk jurusan program studi yang masih berada dikuliah, jurusan yang paling cocok dengan gaya TKJ, adalah Teknik Informatika. 
Apakah hanya 1 ?,  tidak juga, Mari kita bahas

Kuliah 


Kuliah adalah jawaban yang paling banyak dipilih oleh lulusan dari TKJ. Dan rata-rata dari mereka, ingin kuliah karena ingin memperbanyak ilmu yang mereka dapatkan semasa SMK dan memperbesar peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. 
Namun, karena luasnya ilmu daripada TKJ, sering kali membuat bingung diri anda dalam menentukan pilihan dimasa depan.

Berikut adalah daftar-daftar yang bisa digunakan, sebagai acuan program studi

1. Teknik Informatika

Tidak perlu diasingkan lagi, teknik informatika adalah jawaban pertama sekaligus yang paling populer, dikalangan anak TKJ. Sebenarnya kita telah membahasnya secara singkat pada artikel Ketahui Perbedaan Jurusan Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, dan Teknik Komputer - Lengkap

Teknik Informatika merupakan disiplin ilmu dan teknik yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan data dengan memanfaatkan se-optimal mungkin teknologi komputer melalui proses logika. 
Ada banyak hal yang akan dipelajari didalam program studi ini. 
Salah satunya adalah, matematika Kalkulus, algoritma pemrograman, database, network analysis. Tidak hanya itu, anda juga akan mempelajari beberapa keilmuan tentang bisnis.

2. Ilmu Komputer

Saran Lautan, jangan pernah menyingkatnya menjadi ilkom, karena Ya, nanti di kira Ilmu Komunikasi. Sama halnya dengan teknik informatika, hanya saja, Ilmu Komputer, lebih mengarah pada sains. Tentang bagaimana algoritma proses yang terjadi didalam komputer, rekayasa perangkat lunak, yang fokus areanya dipersempit dalam satu kata "Komputer".

3. Teknologi Informasi 

Apa sih bedanya, Teknik Informatika dengan Teknologi Informasi ?
Menurut ahli, Haaq dan Keen, teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi. Masih menjadi tanda tanya ya :D ?
Ya, di UGM (Universitas Gajah Mada), kita akan menemukan program studi ini


4. Teknik Telekomunikasi 

Terdiri dari dua kata, Tele yang artinya jauh, dan komunikasi yang artinya penyampaian informasi. Dari keempat program studi yang dibahas, inilah jurusan paling cocok nomor 2, untuk anak TKJ. Karena, Teknik Komputer Jaringan, ilmu yang mengajarkan penggunaan teknik dengan komputer agar dapat bersinergi membangun jaringan yang kompleks, seperti menjadi pengantar dari program studi ini. 
Bedanya. Teknik Telekomunikasi akan mempelajari tentang semua transmisi data, jaringan komputer, radio, teknologi radar, dan semua teori dibalik itu. Sejauh pengalaman yang dimiliki Lautan, program studi ini, berada di Universitas Telkom Bandung


5. Sistem Komputer / Teknik Komputer

Mempelajari tentang desain, rancangan konstruksi komputer dan sistem berbasis komputer. Dan dalam pelaksanaannya, dapat dikatakan program studi ini, adalah hasil perpaduan antara teknik eletro dan teknik informatika.

6. Sistem Informasi 

Ya, berada diurutan terakhir, program ini "tidak cocok", untuk anda anak TKJ. Pelaksanaan daripada sistem informasi, adalah mempelajari dasar-dasar teknik informatika, algoritma pemrograman, dan gabungan dengan manajemen bisnis. Lautan, sarankan ini adalah jurusan terakhir yang anda pilih. Meskipun, jujur saja, inilah jurusan Lautan  pertimbangkan sesudah memilih teknik informatika. Alasannya ? 
Karena sistem informasi, lebih mengandalkan sisi software ketimbang hardware

Kerja


Satu hal yang harus ditekankan disini, adalah Kerja, bukanlah pilihan yang buruk. 
Satu-satunya yang buruk adalah, ketika diri anda tidak yakin dengan pilihan anda sendiri, hanya karena memikirkan kata orang. Itu..Jiaaah jadi Mario Teguh :D

1. Buka Kursus / Toko Perbaikan Komputer


Ya, pada akhirnya, kita tidak akan jauh-jauh dari kata pengusaha. 
Persiapkan modal tekad dan budget, serta konsistensi dalam mengajar. Jadikan diri anda berwawasan luas, berteman dengan memperluas jaringan bisnis, belajar dari berbagai sumber yang didapatkan, baik dari itu buku-buku komputer, ataupun internet

2. Blogger 

Ya, lebih mirip kepada writer, Namun ada kalanya, anda harus mencari kembali studi kasus "dengan sengaja" dari laptop atau komputer yang anda miliki, untuk kemudian dipublish kepada khalayak umum, bagaimana cara penangananya. Jujur saja, artikel yang paling laku dari Lautan adalah artikel yang berkenaan dengan tutorial. Anda bisa memasang di blog anda, iklan Adsense. Bayangkan saja, kalau anda lebih dari 5 blog, 5 akun adsense ?

3. Desainer

Cakupan dari kata desainer diatas, sangat luas ya. Yang paling dekat adalah menjadi desainer untuk animasi, grafis, website ataupun desain administrasi jaringan. Semua tergantung pada keahlian anda. Loh di TKJ kan gak belajar itu ?. 
Masih ingat dengan pelajaran tambahan ?, tentang Photoshop, CorelDraw dan lain-lain

4. Lamar Pekerjaan 

Ada banyak pekerjaan diluar sana, yang masih memerlukan tenaga lulusan SMK. 
Mungkin anda dapat menghubungi kembali tempat anda PKL dulu. :D

Semoga informasi ini bermanfaat

Post a Comment

0 Comments