Sejarah Berdirinya Wikipedia Lengkap Dengan Serba Serbinya


Halo Sobat Lautan, semoga sehat selalu ya.
Kali ini, kita akan membahas tentang Wikipedia. Sebuah situs yang sering kali mengalami tindakan perusakan artikel. Salah satu contohnya, adalah nasib yang dialami kiper asal Jerman ini. Loris Karius, blunder fatalnya saat di final UCL 2018 kemarin, mengakibatkan banyaknya cemoohan dari berbagai khalayak. 

Salah satunya, ya, profil dari pemain ini di Wikipedia

Lautan tidak akan membahas lebih mengenai Karius, karena sejatinya pun, Lautan adalah kopites ;v. Hal menarik yang dibahas disini adalah Wikipedia. 

Sejarah Wikipedia





Wikipedia, dicetuskan pertama kali oleh Rick Gates pada tahun 1993, namun konsep wikipedia berbasis web, justru baru pertama kali dikemukakan setelah 4 tahun setelahnya. Tepat pada tahun 2001, yakni tanggal 15 Januari, Jimmy Wales dan Larry Sanger, resmi memformalkannya. 
Adapun permasalahan terkait nama ciptaan, Wikipedia sebenarnya adalah proyek terdahulu dengan nama Nupedia, didanai baik oleh Bornis.com. 
Sekitar tahun 2000, Larry menghubungi Jimmy untuk mengenal lebih dalam mengenai proyek tersebut. Larry akhirnya tampil sebagai pemimpin diseluruh proyek tersebut. 
Dengan sama-sama mengusungkan teknologi wiki, maka dikembangkanlah sebuah ensiklopedia kolaboratif dan gratis, yang bernama Wikipedia. 
Dalam kurun waktu yang terbilang, sangat singkat, sekitar 3 tahun, Wikipedia akhirya menghasilkan sekitar 20.000 informasi sedangkan proyek terdahulu mereka hanya 24 informasi ataupun artikel. 

Larry Sanger Mundur Dari Jabatannya Di Wikipedia
Ada kisah unik, dari perjalanan Larry Sanger dalam Wikipedia. 
Beliau memutuskan diri untuk keluar dari proyek Wikipedia pada tahun 2002. 
Setahun setelah peresmian Wikipedia. 
Ada apa ? 

Alasannya tak lain dan tak bukan, mengenai pandangan kelemahan daripada Wikipedia. 

Larry memandang bahwa Wikipedia tidak memiliki kredibiltas terkait atas keakuratan informasi. Mungkin itulah sebabnya, kita tidak dianjurkan mengambil bacaan dari Wikipedia, apalagi untuk bahan skripsi atau bahan penelitian. Hanya sekedar bahan bacaan saja. 
Pihak Wikipedia bahkan sampai bolak balik harus memblokir IP, atas tindakan perusakan artikel.

Di tinggal oleh Partner, Jimmy mencoba untuk tetap tegar. Jmmy mengelola dengan cepat Wikipedia dan langsung mendapatkan sambutan hangat dari komunitas online. 
US$ 100 ribu, adalah nominal yang digunakan Jimmy untuk mendanai proyek Wikipedia. Wikipedia pun hadir sebagai lembaga non-profit atas desakan komunitas onlie. 
Hal itu ditandai dengan perpindahan domain dari Wikipedia.com menjadi Wikipedia.org
April 2013, Wikipedia telah memiliki sekitar 26 juta artikel dalam 285 bahasa, ditulis oleh 39 juta user terdaftar dan beberapa anonimus dari berbagai belahan didunia. 
Ya, pastinya jumlah tesebut akan terus bertambah seiring berjalannya waktu.


Sempat Ada Genderang Perang Antara Jimmy dan Larry
Bila anda pernah menonton film facebook, berjudul The Social Network, yang dibintangi oleh Jesse Ellenberg (sebagai Mark Zuckerberg) dan Andrew Garfield (sebagai Eduardo Saverin), maka anda akan melihat pertikaian keduanya secara jelas.
Tidak jauh beda dengan kisah yang ada di film facebook, Wikipedia sempat menjadi sorotan setelah pendirinya, Jimmy, menghapus nama Larry sebagai pendiri pendamping Wikipedia, tepat pada tahun 2005. 
Padahal kebijakan Wikipedia sendiri, adalah tidak memperbolehkan pengguna mengedit halaman biografi mereka sendiri.
Ini adalah kecerobohan sosial untuk menulis tentang diri sendiri, itu tampak bahwa Jimmy coba menulis ulang sejarah, kata Larry
Tak tinggal diam, Sanger juga menulis artikel di web pribadinya, untuk menjelaskan bahwa ia juga terlibat dalam proses pembangunan Wikipedia. 
Tahun 2007, Larry pun membuat tandingan Wikipedia dengan nama Citizendium. 
Sayang, Larry hanya bertahan 3 tahun sebagai pemimpin redaksi disana.


Pernyataan Larry Saat Membangun Citizendium
Wikipedia, Wikipedia. Memang sudah sejak lama diakui kelemahannya. 
Bahkan tahun 2007, departemen sejarah Middlebury College, Amerika Serikat, dengan tegas melarang mahasiswa untuk mengutip dari Wikipedia untuk karya ilmiah. 
Kendati demikian, selalu ada Wikipediawan sejati yang akan selalu memperbaiki artikel yang berada disana. 

Cara Kerja Wikipedia

Seperti yang telah diketahui bersama, Wikipedia adalah lembaga non-profit yang banyak mempekerjakan relawan. Setiap artikel yang ditulis didalam dalam sistem stub. 
Sebuah tanda yang menandakan bahwa artikel tersebut masih dapat disunting oleh siapa saja. Semisal tentang 

Lautan-IT adalah blalabalaalala

Esok hari, akan ada seseorang yang berusaha melengkapi artikel tersebut. 
Wikipedia, juga memperkenalkan SOFIXIT, bila artikel yang dilihat berasa kurang maka, silahkan perbaiki. Konsep utama dari Wikipedia adalah Wikipedia dapat disunting oleh siapa saja. 
Karena ini adalah lembaga non-profit, tidak menutup kemungkinan perkiraan, bahwa Wikipedia juga menggunakan web-bot automation untuk memperbaiki artikel yang telah dirusak.



Semoga menginspirasi ;D.

Post a Comment

0 Comments